Review Game FPS Online First Blood Indonesia

Bermacam game online FPS Indonesia pernah saya mainkan, diantaranya ada CSO (Counter Strike Online Indonesia), Point Blank, AVA (Alliance of Valliance Arms), Special Force 2, Final Bullet, dan terakhir Black Squad. Namun ada sebuah game FPS Online baru yang cukup unik, yaitu First Blood. Saya sendiri belum mengetahui Publisher game mana yang menerbitkan game ini, apakah publisher baru?, ntah kenapa pada saat klik Top Up saya dibawa ke website VTC Online. Wah, jangan-jangan publisher game First Blood ini dari VTC ya? Seperti yang sudah kita ketahui bahwa VTC Online memiliki beberapa game yang cukup populer pada masanya, salah satu game yang saya ketahui adalah Mercenary Ops/ MOPS yang kini sudah tutup layanan Onlinenya, padahal game MOPS ini cukup bagus dan seru sekali saya mainkan bersama teman-teman pada waktu itu, namun sayang karena semakin sepinya peminat, game ini harus tutup di umurnya yang baru menginjak 1 setengah tahun. Kembali lagi ke Game First Blood, game ini sudah rilis pada tanggal 4 Maret 2016 lalu sob.

Singkat kata, saya mencari info kesana kemari tentang game FPS Online First Blood ini, dan ketemulah sebuah video gameplay dari Youtube, dan betapa terkejutnya saya ketika melihat grafis dari game First Blood ini. Satu kalimat pertama yang saya ucapkan waktu itu adalah "Waduh kok grafisnya gini? Kayak game FPS jadul", seketika saya langsung tidak tertarik sob hehe. Hari berganti demi hari hingga pada akhirnya saya melihat satu tampilan iklan AdSense game First Blood di blog saya (Ketahui apa itu AdSense DISINI), iklan tersebut sering sekali muncul, jangan-jangan game First Bloodnya sudah rilis nih?. Sebelumnya saya tidak tahu menahu sob kapan kira-kira game First Blood ini rilis, karena gara-gara melihat video gameplay, grafis gamenya yang jelek membuat saya tidak jadi antusias hehe. Ok, saya nemu video promonya nih, cukup keren lho.


Hal yang semakin membuat saya penasaran adalah bahwa game ini dapat dimainkan langsung dari browser, meskipun dapat juga dimainkan melalui PC. Wew, serius nih bisa dimainkan dari browser? Oh iya, iklan game First Blood tersebut juga mengklaim bahwa game First Blood merupakan game FPS paling ringan didunia. Ok semakin membuat penasaran nih, akhirnya saya coba mendownload gamenya yang versi PC, kayak apa sih sebenernya game ini? Bagi sobat yang penasaran dan ingin mencoba juga, bisa mendownloadnya di www.firstblood.co.id. Atau bisa langsung memainkannya di browser dengan mengunjungi link ini, lalu klik PLAY NOW untuk dapat langsung bermain.

1. Cara Menginstal Game FPS Online First Blood versi PC

Setelah sobat membuka websitenya, klik Download Full Client 160 MB pada pojok sebelah kanan website, tunggu proses download sampai selesai, atau bisa juga dengan Download Mini Client jika sobat ingin mendownloadnya memakai aplikasi downloader Game First Blood. Bedanya apa Full Client dan Mini Client? Intinya itu sama, karena sama-sama download game, tapi bedanya jika mendownload yang Full Client sobat akan diberikan satu file utuh, dan tinggal instal saja di komputer, sedangkan untuk Mini Client, kita diharuskan mendownload dulu software downloader gamenya, baru setelah downloader diinstal dan dijalankan, maka secara otomatis downloader tersebut langsung akan mendownload keseluruhan gamenya. Humm, saya rasa lebih aman memakai Mini Client aja sob, soalnya jika sewaktu-waktu koneksi inetnya putus bisa diresume kembali.


Jika proses download sudah selesai, sekarang saatnya menginstal game ini, klik saja file .exe installernya, lalu tunggu sebentar sampai proses instalasi selesai. Setelah selesai diinstal, lakukan klik double pada shortcut game First Blood untuk memulai gamenya. Tampilannya akan seperti gambar di bawah ini sob:


Disini sobat diminta untuk melakukan Log In ID Game First Blood. Apabila sobat belum memiliki ID First Blood, klik pada tombol "SEGERA REGISTRASI" untuk melakukan pendaftaran. Pada kolom "Account" isikan dengan nama sobat, kemudian isikan kolom "Password dan Repassword" dengan kata kunci yang mudah diingat sobat.


Setelah semua sudah diisikan, langsung saja klik tombol "START", dengan begini sobat sudah bisa membuat ID Game dari First Blood ini. Sebenarnya ada langkah pendaftaran yang lebih mudah apabila sobat memiliki akun Facebook, nah jika sobat ingin mendaftar dengan menggunakan akun Facebook, langsung saja klik tombol "Facebook", maka sobat akan disuruh untuk melakukan Log In ID Facebook.

2. Tampilan Lobby/ Channel Room

Sebelum lebih jauh membahas tentang Gameplay, Item, Character, dan lain-lainnya, terlebih dahulu kita akan membahas tentang tampilan Lobby/ Channel Room game ini. Kesan pertama saat melihat lobby game First Blood ini adalah "Terlihat rumit", ya wajar saja karena game ini baru pertama kali saya mainkan, jadi perlu dipelajari dulu dan dihafalin semua fitur-fiturnya. Berikut tampilan lobby dan beberapa keterangan yang bisa saya deskripsikan pada gambar di bawah ini:


1. Pada bagian ini terdapat informasi mengenai profil kita, ada nama ID, dan progress level kita. Jika kita klik, maka akan muncul segala informasi character kita.

2. Merupakan tampilan character CT/ Counter Teroris dan Teroris, klik gambar tersebut untuk melihat tampilan karakternya.

3. Tampilan karakter secara keseluruhan (Seluruh tubuh kelihatan), di sini juga sobat dapat melihat perubahan item apabila melakukan equip/ mengganti kelengkapan seperti senjata primary, secondary, dan item pendukung lainnya seperti granat dan lain-lain.

4. Di bagian ini terdapat 3 menu, menu yang pertama adalah "Terbuka/ Unlocked" jika sobat klik menu ini akan menampilkan beberapa item, dan senjata yang berhasil kita buka dan dapatkan karena berhasil naik pangkat. Menu yang kedua yaitu "Hot Events" yang menampilkan even-even yang sedang diadakan game ini. Menu yang terakhir "Kumpulkan Reward", di menu ini terdapat hadiah/ reward yang berhasil kita dapatkan dari kenaikan level dan bermain game dalam waktu tertentu, termasuk seberapa banyak kita menyelesaikan beberapa permainan, dan membunuh musuh, apabila menu reward ini muncul, segera lakukan klaim agar dapat memperoleh rewardnya, menu akan otomatis menghilang setelah kita mengklaim hadiah.

5. Pengumuman, jika kita klik maka akan menampilkan info berita yang ada pada website First Blood. Absen, menampilkan sebuah tanggalan/ kalender, disini kita juga dapat mengisikan absen setiap kali melakukan log in.

6. Disini sobat bisa melihat peralatan, item, dan armor yang kita kenakan.

7. Menampilkan senjata primary, dan secondary yang akan kita pakai. Terdapat 4 slot untuk mengganti senjata, wow di game-game FPS yang pernah saya mainkan biasanya cuma ada 3 slot penggantian senjata.

8. Teman. Menampilkan daftar teman kita yang sedang online.

9. Clan. Menampilkan daftar teman yang online dalam satu clan.

10. Pesan. Kita dapat berkirim pesan pribadi melalui menu ini.

11. Battle. Klik disini untuk melihat channel room yang sedang berjalan/ playing.

12. Ranking League. Menampilkan peringkat/ ranking dari player yang mengikuti pertandingan.

13. Undian. Koleksi sebanyak mungkin kristal untuk bisa mendapatkan berbagai macam senjata, item, dll dengan mengikuti undiannya disini. Jadi jika kita memiliki koleksi kristal, kita dapat menggunakan kristal tersebut untuk mencoba peruntungan disini, kalo kita beruntung kita bisa mendapatkan hadiah yang sangat bagus sob.

14. Game Mall. Nah disini kita bisa membeli segala macam kebutuhan buat bermain game semisal Item, Senjata, Karakter, dll.

15. Clan. Menampilkan informasi clan kita.

16. Ranking. Menampilkan ranking/ peringkat seluruh player di seluruh Indonesia.

17. Selain kita bisa melihat seluruh equipment/ perlengkapan persenjataan kita pada poin 7, disini kita juga bisa lebih leluasa mengatur segala inventory perlengkapan, karakter, persenjataan dll.

18. Top Up. Klik pada bagian ini untuk melakukan isi ulang uang virtual dari game ini.

19. Channel game, lokasi permainan.

20. Join Channel. Jika sobat ingin bermain langsung tanpa pilah pilih room, klik saja disini.

21. Refresh. Tekan/ klik untuk menyegarkan/ merefresh kembali channel game ini.

3. Character

Sekarang kita akan membahas karakter dari game FPS First Blood ini. Karakter dalam suatu game merupakan poin penting yang akan mempengaruhi tingkat kekerenan seorang player, karakter yang keren tentunya akan menarik perhatian player lain yang melihatnya. Secara default game First Blood memiliki 2 karakter standar yaitu CT atau Counter Teroris dan Teroris. Ternyata karakter standarnya memiliki nama sob, yaitu "Bieber" selaku teroris, dan "Lauren" selaku Counter Teroris. Waduh-waduh nama teronya kok gitu sih wkwkwkw.
Selain karakter standar, kita juga bisa membeli karakter di Game Mall sob. Karakter yang ada di Game Mall ternyata lebih keren-keren dan cantik-cantik lho dari karakter standar. Jika sobat penasaran, sobat bisa melihat gambar koleksi semua karakter game First Blood di bawah ini:






Wow, banyak sekali ya sob pilihan karakternya, mulai dari yang ganteng, cantik, keren, seksi, sampai yang jelek dan menjijikkan pun ada. Wah komplit plit. Total ada 17 pilihan karakter yang bisa sobat pilih. Kalau saya mah kalo gak pilih yang cantik ya yang paling kerenlah pokoknya hhehe. Sobat pilih yang mana? Oiya berikut beberapa nama karakter cowok, cewek, dan monster yang ada di Game FPS First Blood ini:


Karakter Cowok ada:
- Red Devils
- Winter Soldier
- Luke Hobss
- Swat
- Harper
- Delta
- Leighly
- SAS

Sedangkan Karakter yang cewek yaitu:
- Misa
- Cami
- Bella
- Donna
- Eagle
- Cindy
- Ghost

Karakter Monster cuma 2:
- King Kong, sama
- Nano


4. Weapon/ Senjata

Sekarang mari kita bahas segala persenjataan dari game ini, ternyata cukup banyak sekali lo sob senjatanya, mulai dari rifle, sub machine gun/ SMG, Machine Gun/ MG, Shotgun, Sniper Rifle, Pistol, dan lain-lain. Yuk sekarang kita lihat senjata apa saja yang ada di game ini:


AR/ Assault Rifle





SMG/ Sub Machine Gun



MG/ Machine Gun



HG/ Hand Gun




SG/ Shot Gun



SR/ Sniper Rifle



Melee



Throw/ Grenade


Setelah sobat perhatikan deretan daftar diatas, senjata/ weapon yang paling banyak adalah AR/ Assault Rifle, memang senjata jenis ini paling favorit di game-game FPS manapun. Dari daftar-daftar senjata diatas, adakah yang menarik bagi sobat?


5. Gameplay dan Kualitas Grafis

Ini dia yang ditunggu-tunggu, pasti sobat penasaran kan kayak apa sih gameplay, kualitas grafis, dan fitur yang ada di game FPS First Blood ini? Perlu sobat ketahui, bahwa ukuran file installer dari game ini cuma sebesar 160 MB, wah sangat kecil sekali dibandingkan game-game FPS Online lainnya yang pernah saya mainkan, bisa beberapa kali lipat kecilnya hehe. Pada waktu itu ketika saya baru mengetahui jika ukuran file gamenya sangat kecil, saya sudah bisa membayangkan kalau kualitas grafis gamenya pasti gak begitu bagus. Wah kayaknya sobat disini semakin penasaran yah, yuk langsung saja kita lihat beberapa screenshoot yang saya ambil ketika memainkan game ini.


Kalau dilihat dari mapnya kayaknya Familiar nih. Yup, benar. Map ini mirip dengan map yang ada di game Counter Strike "Dust2". Jika sobat perhatikan pada bagian pojok atas sebelah kiri merupakan radar/ map. Sementara pada pojok kiri bawah ada status Healthy/ nyawa kita yang tersisa, dan dipojok bawah sebelah kanan ada sisa peluru dan senjata yang kita pergunakan. Pada bagian atas tengah terdapat informasi ronde dan jumlah kemenangan yang diperoleh team CT dan Tero. Untuk lebih jelasnya sobat bisa lihat video gameplay First Blood ini yang di upload di Youtube.


Bagaimana menurut sobat setelah melihat gameplaynya secara langsung di Youtube? Ternyata memang benar sesuai dugaan, soal kualitas grafis dari game ini tidak begitu bagus, mirip game-game android kata sebagian gamer, tetapi pas dimainkan memang sangat ringan sekali sob, tanpa lag jika koneksi internetnya bagus si. Awal-awal si memang cukup emmbingungkan ya untuk gerakan maju mundurnya, apalagi saat mengubah arah menggunakan mouse, kadang terlalu over gerkanya sehingga membuat pusing mata, weits mata kok pusing, kepala kali yang pusing uww.  Mungkin kalau sudah terbiasa memainkan game ini akan lebih mudah menggerakkan karakternya, yah namanya juga game baru, butuh penyesuaian donk. Banyak yang bilang kalau game ini meniru dari game CS, yup memang benar sob. Hampir semua map yang ada di game ini diambil dari Counter Strike, dan pergerakan karakter yang kita mainkan juga mirip-mirip dikit.


6. Map dan Mode Permainan

Setelah sebelumnya kita membahas tentang Gameplay, sekarang waktunya kita bahas tentang mode permainan dan map apa saja yang ada di game FPS First Blood. Seperti yang sudah saya katakan diatas, bahwa game ini sebagian besar mengambil map dari Game Counter Strike, dan ada juga yang bilang ngambil dari Game FPS Online terdahulu Cross Fire. Emang benar? Nah makanya biar tidak penasaran, kita buktikan saja langsung di poin ini, saya sih tidak begitu hafal nama-nama dan gambaran map game yang ada di CS, jadi mohon maaf ya sob, kali ini sobat saja yang menilai sendiri apakah benar game First Blood ini mengambil map dari CS dan Cross Fire?


Terdapat 7 pilihan mode permainan yang dapat sobat mainkan, diantaranya Big Head, Zombie Mode, Team Deathmatch, Bomb Mission, Teammatch Special, King Guns, dan Deathmatch. Ketujuh mode permainan tersebut memiliki map game yang berbeda-beda dan ada yang sama sesuai dengan mode permainannya. Sekarang kita akan membahas bermacam map yang dipakai disetiap pilihan mode permainan.

- Big Head,  didalam mode ini terdapat 5 map yang dapat sobat mainkan, diantaranya Assault, Park, Street Battle, East Town, dan Dessert 2.


- Zombie Mode, didalam mode ini terdapat 8 map yang dapat sobat mainkan, diantaranya Dessert of Death, Mutan Area, Zero Gravity Area, Wind Tunnel, Biochemical Lab, Playground, Research Lab, dan Christmas Playground. Wow banyak juga ya mapnya.


- Team Deathmatch, didalam mode ini terdapat 8 map yang dapat sobat mainkan, diantaranya Park, Snow Castle, Street Battle, Cargo Ship, Zero Gravity, Deep Blue Chamber, East Town, dan Maya Ruins.


- Bomb Mission, didalam mode ini terdapat 8 map yang dapat sobat mainkan, diantaranya Assault, Dessert 2, Nuclear Base, Train Station, Camouflage, East Town, Hanging Bridge, dan Carnival Town.


- Teammatch Special, didalam mode ini terdapat 9 map yang dapat sobat mainkan, diantaranya Grand Canyon, Park, Snow Castle, Street Battle, Cargo Ship, Zero Gravity, Deep Blue Chamber, East Town, dan Maya Ruin.

- King Guns, didalam mode ini terdapat 7 map yang dapat sobat mainkan, diantaranya Dessert 2, Nuclear Base, Train Station, Camouflage, East Town, Hanging Bridge, dan Carnival Town.

- Deathmatch, didalam mode ini terdapat 8 map yang dapat sobat mainkan, diantaranya Italy, Dessert 2, Nuclear Base, Train Station, Camouflage, East Town, Hanging Bridge, dan Carnival Town.


Nah demikian seluruh map yang dapat sobat mainkan di Game First Blood ini, secara keseluruhan, total ada 25 map saat ini, kemungkinan akan bertambah lagi jika ada update terbaru dari game ini. Bagaimana, apakah benar di game ini banyak map yang mirip dengan Counter Strike dan Cross Fire?


7. Kekurangan dan Kelebihan

Yang namanya review pasti ada pembahasan tentang kekurangan dan kelebihan dari sesuatu hal yang direview, ok saatnya saya tuliskan beberapa kekurangan dan kelebihan dari game FPS Online First Blood ini.

Kekurangan:
- Banyak MAP yang meniru dari game FPS Online lain
- Pergerakan Player tidak begitu Smooth, agak kaku.
- Kualitas grafis yang jadul
- Jika dimainkan lewat browser terasa sangat lag, dibandingkan saat dimainkan di Installer PC

Kelebihan:
- Memang benar-benar game FPS Online PC teringan
- File Instalasi yang kecil
- Dapat dimainkan melalui browser
- Support di semua spek PC. PC jadul sekalipun bisa memainkan game ini
- Banyak pilihan karakter
- Banyak senjata yang dapat dimiliki secara permanen
- Senjata cash yang variatif


8. Kesimpulan

Akhirnya tiba pada kesimpulan hasil review yang saya lakukan beberapa hari ini terhadap game FPS Online First Blood. Bagi sobat yang ingin merasakan sensasi bermain game FPS Online melalui browser, game ini patut dicoba. Selain itu, bagi sobat yang hanya memiliki PC jadul, tidak perlu khawatir, karena game First Blood ini sangat-sangat ringan sekali. Saya sendiri memainkan game ini di laptop istri saya yang terbilang minim spesifikasi, alias laptop yang tidak memiliki spesifikasi yang tinggi. Meskipun kualitas grafisnya terbilang jadul, namun saya rasa wajar saja karena file instalasi game ini cuma sebesar 160 MB. Pokoknya game ini layak untuk dicoba.

Ok, demikian review saya tentang game FPS Online First Blood Indonesia. Semoga dapat memberikan informasi dan gambaran seputar game ini sebelum sobat memulai mendownloadnya. Terima kasih sudah mampir di blog saya, sampai jumpa di artikel review lainnya. ^_^
Comments
2 Comments

2 comments:

  1. gakuat maen fps sering mual banget.. maen farcry baru sebentar mual.. maen cs juga gtu,, tapi klo maen game rts atau moba malah kuat..

    service ac bsd

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sob, dilarang komentar konten pornografi, sara, penipuan, kata kotor, sumpah serapah, dan judi. Terima Kasih