Review Power Bank Xiaomi Berkapasitas 10000 mAh

Hai sobat, setelah kemaren sempat membuat lapak jualan gak jelas, maka kali ini saya akan kembali ke alam dengan membuat sebuah artikel review hehe. Pada kesempatan kali ini saya akan mereview tentang sebuah Power Bank dari Xiaomi yang berkapasitas 10.000 mAh. Sudah lama sekali saya ingin memiliki sebuah Power Bank, seperti yang sobat sudah ketahui bahwa Power Bank sangat penting kita pergunakan disaat-saat genting, semisal ketika kita sedang bepergian jauh. Tentunya ada saat dimana kita kehabisan batere dan tidak mendapatkan akses listrik untuk mengisi batere kita menggunakan charger, entah mengisi batere smartphone, kamera pocket, dll. Maka dari itu disinilah pentingnya sebuah Power Bank disaat kita berada di dalam keadaan darurat.

Bermacam merek Powerbank sangat banyak sekali kita jumpai di pasaran dengan berbagai ukuran kapasitas penyimpanan batere, mulai dari Power Bank yang hanya memiliki kapasitas kecil, sampai Powerbank dengan kapasitas besar. Semakin besar penyimpanan dayanya, maka penggunaannya akan lebih lama, bisa dipakai berkali-kali untuk mengisi batere dari sebuah perangkat gadget. Akhirnya saya berkesempatan memiliki sebuah Power Bank dari Xiaomi, sesuai rekomendasi dari kakak saya yang juga memakai Power Bank dari merek Xiaomi ini dengan kapasitas yang sama pula. Ada alasan mengapa saya baru memiliki Power Bank, hanya karena saya takut mendapatkan Power Bank abal-abal.

Kakak saya pernah sekali mendapatkan Power Bank palsu Xiaomi, baru dipakai sebentar saja, daya Power Bank nya sudah habis, bahkan baru dipakai beberapa hari saja Power Bank palsu tersebut sudah rusak, untungnya kakak bisa komplain dan mendapatkan gantinya, namun tak disangka-sangka, ternyata Power Bank penggantinya juga palsu, dan bermasalah juga, sama dengan Power Bank yang lama. Nah, berdasarkan pengalaman dari kakak saya itulah yang membuat saya takut salah membeli Power Bank. Namun beberapa waktu lalu, ternyata kakak membeli Power Bank Xiaomi lagi, dan kali ini dia sangat yakin kalau Power Bank Xiaomi yang dia beli adalah asli karena terdapat sebuah stiker keaslian berwarna keemasan yang tidak dia jumpai di Power Bank palsu, karena saya penasaran, saya mencari beberapa artikel di Google tentang perbedaan antara Power Bank Xiaomi yang asli dan yang palsu. tenyata memang benar apa yang kakak saya katakan dan yakini kalau Power Bank yang dibelinya adalah pure asli, bukan yang palsu. Keaslian Power  Bank Xiaomi bisa sobat ketahui dari:
1. Stiker berwarna keemasan yang ada pada box kemasan Power Bank Xiaomi
2. Pada bagian sisi dalam USB port Power Bank Xiaomi terdapat tulisan "MI" yang sangat kecil.
3. Warna plastik putih yang ada pada port USB Xiaomi asli seperti putih kusam (tidak bening dan jernih ataupun mengkilap)
4. Jika Power Bank Xiaomi dibuka/ dibongkar, dalemannya memiliki struktur komponen elektronik yang rapi dan bersih
Setelah cukup yakin, akhirnya saya meminta kakak saya untuk membelikan Power Bank yang sama dengan miliknya di www.mataharimall.com. Akhirnya dalam jangka waktu tiga hari paket Power Bank nya sudah sampai dirumah, dan saya berkesempatan mencoba untuk melakukan review singkat tentang Power Bank Xiaomi berkapasitas 10.000 mAh setelah memakainya selama kurang lebih 2 minggu pemakaian.

review power bank merek xiaomi

1. Kemasan Box

Beberapa waktu lalu saya sempat membaca sebuah artikel yang mereview tentang Power Bank Xiaomi juga, namun berbeda kapasitasnya dengan yang saya miliki. Di sana dijelaskan bahwa Power Bank Xiaomi memiliki dua jenis kemasan, yaitu ada yang kemasan plastik transparan solid keras berbentuk kotak, dan ada juga kemasan Karton kertas kotak berwarna putih (seperti milik saya). Perbedaannya hanya pada kemasannya, namun paket di dalamnya sama saja. Berhubung saya hanya memiliki kemasan Box kertas, maka saya hanya akan membahas kemasan Power Bank Xiaomi yang memakai box kertas/ karton.

Bentuknya yang kotak dan berwarna putih bersih membuat kemasan box Xiaomi ini terlihat sederhana dan simpel, tidak banyak memainkan warna pada kemasannya, yang terllihat hanya warna tulisan nya yang memakai warna semi abu-abu agak silver. Jika kita sentuh kemasannya akan terasa halus.


Pada samping sisinya kita akan melihat sebuah Barcode nomor seri Power Bank Xiaomi yang kita miliki, dan juga sebuah stiker keaslian berlogo "MI" dengan warna coklat keemasan. Bagi sobat yang ingin mengetahui apakah produk Power Bank Xiaomi yang dimiliki adalah asli atau palsu, sobat bisa cek stiker tersebut pada box kemasan Power Bank nya, jika sama seperti milik saya diatas berarti Power Bank Xiaomi sobat asli.


Di sisi yang lain terdapat keterangan mengenai spesifikasi Power Bank Xiaomi 10.000 mAh, sayang bahasanya memakai tulisan mandarin. Namun keterangannya ada yang memakai huruf biasa, namun sisanya tetap mandarin. Untuk spesifikasi lebih lengkapnya, mungkin sobat bisa mmbaca di buku manualnya (Semoga gak make bahasa cina juga yah hehe).

2. Paket Kelengkapan Power Bank Xiaomi 10.000 mAh

Setelah membuka kemasan box kartonnya sobat akan melihat lagi sebuah karton pengaman berwarna putih yang saya rasa berfungsi untuk meredam goncangan. Sebuah kabel port USB. Sebuah Unit Power Bank. Dan buku manual yang ternyata berbahasa cina.



Andaikan saja manual book dari Power Bank Xiaomi ini memakai bahasa indonesia ataupun bahasa inggris, mungkin bisa saya jadikan bahan tambahan untuk artikel review ini, namun sayang karena bahasanya mandarin, jadi saya tidak dapat membacanya hehe


3. Desain dan Penampakan Unit Power Bank Xiaomi 10.000 mAh

Jika kita melihat penampakannya dari atas, maka kita akan melihat desain Power Bank Xiaomi 10.000 mAh ini seperti sebuah kotak persegi panjang, dengan sudut melengkung di kedua sisi yang panjang. Warna unitnya sendiri berbeda dengan warna boxnya, jika warna boxnya memakai warna putih flat, sedangkan unit Power Bank nya sendiri berwarna silver agak metalik, dan memiliki permukaan yang cukup licin jika kita mengenggamnya. Terdapat logo "MI" pada bagian atasnya. Perlu sobat ketahui bahwa casing dari Power Bank Xiaomi 10.000 mAh ini terbuat dari alumunium yang dalam proses pembuatannya menggunakan mesin CNC (CNC adalah mesin yang dapat membentuk sebuah balok besi. alumunium, dan lain-lain menjadi bentuk yang sesuai dengan gambar penampakan desain 3D, dijalankan dengan komputer)


Seringkali saya merasa khawatir takut terjatuh pada saat membawa unit Power Bank Xiaomi ini, mungkin salah satu solusinya adalah dengan membeli cover pelindung/ karet kondom buatan Xiaomi sendiri guna mengantisipasi jika suatu saat Power Bank nya terjatuh, atau bahkan terselip saat menggenggamnya. Saat mengenggam Power Bank ini sebenernya cukup nyaman sob, cuma ya itu karena permukaannya yang licin membuat saya was-was, hehe.


Pada bagian atasnya terdapat tombol power yang dapat digunakan untuk me_reset Power Bank jika terdapat tegangan yang tidak stabil, Port USB kecil dan besar, dan empat Lampu Indikator sisa daya yang akan menyala kedip jika sedang di isi maupun pada saat mengisi daya. Apabila sobat menilik kedalam port USB yang paling besar, sobat akan melihat logo "MI" yang menandakan jika Power Bank ini adalah asli dari Xiaomi.


Jika sobat perhatikan gambar diatas terdapat tiga lampu indikator yang menyala ketika Power Bank ini di charge/ cas menggunakan adaptor/ charger bawaan dari Smartphone Xiaomi Redmi 1S saya. Untuk mengetahui apakah pengisian daya pada Power Bank sudah selesai, sobat tinggal lihat keempat lampu indikatornya saja, jika pengisian daya sudah full, maka keempat lampu indikator akan menyala, tanpa kedipan.


Pada bagian bawah unit Power bank Xiaomi ini terdapat keterangan spesifikasi yang bertuliskan huruf mandarin/ cina berwarna abu-abu silver, tulisan ini sama dengan kemasan box kartonnya. Sayangnya bagian tersebut kurang solid, beberapa kali saya menjumpai pada bagian tersebut sedikit kendor, seperti terlihat pada gambar diatas, untuk mengembalikan ke posisi semula cukup ditekan saja, namun akan kembali kendor jika Power Bank digunakan kembali. Mungkin jika membuka bagian ini akan terlihat komponen di dalamnya seperti batere, dan sirkuitnya.

4. Spesifikasi Power Bank Xiaomi 10.000 mAh


- Batere
Power Bank Xiaomi 3.6V 10.000 mAh ini menggunakan sel batere dari LG dan Panasonic, dengan teknologi sel polimer 735Wh/L membuat Power Bank ini terlihat kecil dan simpel, dan di klaim dapat mengisi daya MI Note sebanyak 2 kali pengisian, IPhone 6 sebanyak 3 kali pengisian. Power Bank ini dapat diisi dayanya kembali menggunakan charger bawaan dari Smartphone, lamanya pengisian berbeda-beda setiap charger, tergantung daya voltase charger yang digunakan.

Saya sendiri telah melakukan pengujian terhadap Power Bank Xiaomi ini, dalam keadaan kapasitas daya yang Full (4 lampu indikator menyala) mampu mengisi daya batere smartphone Xiaomi Redmi 1S saya sebanyak hampir 4 kali pengisian dengan kondisi batere smartphone "Critical/ kritis= sisa batere dibawah 5% " dalam setiap pengisian ulangnya). Batere Xiaomi Redmi 1S saya sendiri memiliki kapasitas batere 2.000 mAh.

- Chip
Power Bank Xiaomi 10.000 mAh ini dilengkapi dengan chip buatan perusahaan terkemuka, diantaranya Texas Instrumen dan Momolithic Power System. Chip tersebut diklaim dapat mengontrol pengisian daya dan pelepasan daya sehingga Power Bank ini lebih efisien energi. Beberapa fungsi lain dari chip ini sendiri adalah:

1. Dapat bertahan dengan kondisi suhu yang berubah-ubah setiap waktu. Di dalam Power Bank Xiaomi ini terdapat sistem yang mengontrol temperatur panas yang sering berubah-ubah. sehingga menjamin batere Li ion lebih optimal dalam beroperasi.

2. Menjaga sirkuit motherboard dan batere dari korsleting

3. Jika terdapat tegangan yang tidak stabil, sobat bisa menekan tombol powernya untuk melakukan reset terhadap Power Bank ini.

- Port USB
Dilengkapi dengan 1 miniport USB dan 1 port USB standar

- Lampu Indikator
Terdapat 4 buah lampu indikator yang akan menyala saat pengisian daya ke Power Bank dan pengisian daya dari Power Bank ke gadget/ smartphone.

5. Kelebihan dan Kekurangan Power Bank Xiaomi 10.000 mAh


Setiap produk pasti terdapat sisi kelebihan dan kekurangan, pada poin ini saya akan coba membahas kelebihan dan kekurangan dari Power Bank Xiaomi 10.000 mAh sesuai dengan pengalaman saya memakai Power Bank ini selama kurang lebih 2 minggu.

 Kelebihan
- Packaging/ pengemasan box sangat simpel dan sederhana
- Desain Power Bank nya sendiri saya rasa cukup lumayan minimalis, dan lekukan casingnya nyaman untuk digenggam karena sudutnya yang melengkung.
- Pengisian daya ke smartphone cukup cepat.
- Dapat mengisi batere smartphone dengan kapasitas 2000 mAh sebanyak nyaris 4 kali pengisian.

Kekurangan
- Keterangan spesifikasi produk pada kemasan box dan manual book kurang informatif karena menggunakan bahasa mandarin
- Permukaan pada casing Power Bank ini cukup licin saat di genggam, sehingga sering menimbulkan ke khawatiran ketika membawanya, mungkin masalah ini bisa diakali dengan memakaikan cover pelindung berbahan karet agar saat di dalam genggaman menjadi keset.

Umm mungkin itu saja kali ya tentang kelebihan dan kekurangan dari Power Bank Xiaomi 10.000 mAh ini. Mungkin sobat yang lain bisa menambahkan, nanti saya akan update pada poin ini.


6. Kesimpulan

Dengan harga Power Bank Xiaomi 10.000 mAh yang relatif murah sekitar 190rb an, dan kapasitas penyimpanan daya yang cukup lumayan sebesar 10.000 mAh membuat Power Bank ini menjadi rekomendasi bagi para low budgetter yang ingin memiliki Power Bank murah tetapi berkualitas tinggi dari Xiaomi.

Demikian artikel saya yang mereview tentang Power Bank Xiaomi 10.000 mAh, semoga dapat memberikan gambaran bagi sobat yang ingin membeli Power Bank ini, jika ada salah kata dalam penulisan, saya memohon maaf dan mohon dikoreksi yah. Ingat ya sob, hati-hati dalam membeli, jangan salah memilih Power Bank palsu/ abal-abal. Terima kasih sudah berkunjung dan mampir di blog ini, sampai jumpa di artikel lainnya.
Comments
6 Comments

6 comments:

  1. misi mas mau nanya,ini di matahari mall sellernya namanya siapa ya?saya lagi nyari PB xiaomi juga,tp mau nyari yg rekomendasi sellernya bagus itu bingung hehe

    ReplyDelete
  2. Mau tanya dong. Saya baru beli pb xiaomi 10000. Saya sudah cek di web dan pb asli. Tapi saat pengisian daya ke samsung j2 sangat lama. Kira2 dalam 1/2 jam hanya bertambah 5% saja. Sangat lama. Lalu lampu indikator tetap menyala walaupun kabel usb dilepas semua. Apa anda tau masalah powerbank saya ini? Mohon sharing 😭😭

    ReplyDelete
  3. mas mau tanya, power bank xiaomi ini punya fitur yang bisa mencegah baterai rusak atau melembung apa ngga mas ? mohon di perjelas yo mas.

    ReplyDelete
  4. Saya barusan beli pb Xiaomi di BL. Ngakunya sih asli, tapi pas saya cek di mi.com/verify gak valid. Sekarang sy lgi ngajuin komplen.....

    ReplyDelete
  5. Gan ngecas pb xiomi nya pake adaptor apa?
    Beli baru hanya pb sama kabelnya aja, adaptor gk ada

    ReplyDelete
  6. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sob, dilarang komentar konten pornografi, sara, penipuan, kata kotor, sumpah serapah, dan judi. Terima Kasih