Memanfaatkan Kayu Bekas untuk Pembuatan Meja dan Rak Komputer Minimalis Z

Halo guys, ketemu lagi di blog huzenify, kali ini saya akan memperlihatkan meja dan rak komputer buatan sendiri yang bentuknya lain dari biasanya, sebenernya sih ngebuat ini cuma iseng iseng aja, karena gada kerjaan lain diwaktu yang luang. 

Pembuatannya pun simpel simple, dan hanya memanfaatkan kayu-kayu yang gak terpakai, daripada menuh-menuhin gudang mending dibikin sesuatu yang berguna. Kayu tersebut merupakan kayu kayu bekas Usaha kayu saya yang gulung tikar karena hasilnya tidak sesuai yang diharapkan, terdiri dari kayu pinus dan kayu mahoni. Kalian tau kan guys seperti apa jenis kayu mahoni dan kayu pinus itu? Oke bagi yang belum tau bisa cari infonya di Google yah, nah bagi yang udah tahu yuk dilanjut bacanya.


Keduanya merupakan 2 jenis kayu yang memiliki grade/ kualitas yang berbeda, kayu pinus yang saya miliki ini merupakan kayu pinus grade rendah karena kualitas kayunya yang masih basah dan tidak simetris, biasanya kayu pinus ini hanya digunakan untuk pembangunan, digunakan untuk mengecor/ mencetak semen. Dan harganya pun ga semahal kayu mahoni, sekitar Rp. 12.000an per lembarnya dengan panjang kurang lebih 2 meter dan lebar kurang sekitar 15cm.

Sementara kayu mahoni merupakan kayu yang memiliki grade/ kualitas lebih bagus, mahoni merupakan kayu yang murah dan paling favorit untuk dibuat menjadi kusen, pintu, maupun jendela, dan lemari ataupun barang-barang lainnya. Kayu mahoni yang saya miliki ini memiliki panjang yang sama dengan kayu pinus, namun memiliki lebar dan tebal yang berbeda. Mahoni saya lebih tebal dan lebar, tebal sekitar 2cm dengan lebar 18cm.

Yah jadi mbahas kayu nih, hehehe. Yuk lanjut ke proses pembuatannya. Untuk pembuatan bagian alas meja sebenernya sangat mudah, tinggal dibikin saja seperti meja konvensional lainnya, namun yang membedakannya nanti ada pada kedua kaki kaki yang menopang meja tersebut, kaki tersebut dibentuk miring. Untuk alas meja sendiri saya menggunakan kayu pinus bekas, sementara kaki meja menggunakan kayu mahoni.


Oya untuk kakinya saya memakai 4 lembar papan mahoni dengan panjang dipotong sesuai dengan selera, kemudian digergaji miring pada kedua ujung papan mahoni yang akan dijadikan sebagai kaki meja. Kaki meja sebelah kanan dan kiri saya pasang masing masing 2 papan, agar daya tahan terhadap bebannya lebih kuat. Langsung saja lihat penampakan gambarnya yah guys.

Pemasangannya seperti pada gambar


Dilihat dari depan, menggunakan 2 kayu papan mahoni agar lebih kuat menobang berat.

Terlihat rongga/ celah untuk saya manfaatkan sebagai persembunyian kabel-kabel


Penampakan setelah selesai di cat, oya untuk sisi sebelah kiri dan kanan alas meja saya memberikan kover dari kayu mahoni, agar kaki meja yang ada bautnya gak terlihat.

membuat meja komputer sendiri


Oya guys sampe hampir lupa, untuk raknya sebenernya mirip dengan rak-rak konvensional, cuma saya bikin miring sekatnya seperti bentuk huruf Z.



Ok  guys sekian dulu, sampe ketemu lagi di artikel berikutnya.

UPDATE:
ada kiriman komentar dari mbak Nadya, tp entah kenapa komennya ga muncul disini. Beliau menyarankan kalo "info ukuran meja dan lemarinya juga dicantumin ya".

Saya akan cb menjawab saran beliau, untuk ukuran meja mmiliki panjang 113cm, lebar 50cm, dan tinggi kakinya 75cm. Ini adalah ukuran yang saya dapatkan sesuai dengan kebutuhan saya, mungkin akan berbeda dengan kebutuhan mbak, jd soal ukuran gak begitu masalah mau berapa aja.
Comments
3 Comments

3 comments:

  1. wah... keren mas,,,, ini meja komputer mas ya???
    apa kuat itu mas untuk tempat meja komputer,,, pengen dha tiru meja komputer mas itu ...
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah maap baru bales mas Danny, hehe iya mas meja nya buat komputer, dijamin kuat kok hehehe. Monggo mas.

      Delete

Silahkan berkomentar sob, dilarang komentar konten pornografi, sara, penipuan, kata kotor, sumpah serapah, dan judi. Terima Kasih