Tips Mengobati Selangkangan yang Lecet karena Keringat Udara Lembab Dan Jamur

Udara yang lembab dan panas sering membuat anggota tubuh kita menjadi teriritasi, bahkan bisa menyebabkan luka maupun lecet karena pergesekan antar permukaan kulit yang lembab dan basah, biasanya hal ini terjadi di selangkangan kita. Hal ini pernah saya alami beberapa waktu yang lalu, karena udara yang saking panasnya membuat selangkangan saya berkeringat, terasa lembab sekali, dikarenakan kaki selalu bergerak kesana kemari, membuat kulit selangkangan dan kulit paha bergesekan, sehingga mengakibatkan luka lecet yang cukup perih dan mengganggu. Jika tidak di asntisipasi maka luka lecet tersebut akan semakin parah. 

Hal ini juga tentunya dapat disebabkan oleh jamur, tempat yang lembab dan basah seperti selangkangan menjadi tempat hunian favorit bagi jamur. Berikut beberapa kiat dan tips yang dapat saya infokan kepada sobat pembaca untuk mengatasi dan mengobati luka di selangkangan akibat gesekan kulit.

1. Lepas Celana Dalam
Tidak dipungkiri, bahwa celana dalam juga sangat berpengaruh pada kondisi kulit selangkangan lecet akibat gesekan, selain luka lecet tersebut dapat disebabkan oleh gesekan antar kulit, penggunaan celanan dalam yang ketat dapat membuat kulit ikut lecet. Saya sarankan sobat untuk tidak memakai celana dalam agar selangkangan sobat dapat mendapatkan angin maupun udara yang dapat membuat kelembabab kulit menjadi hilang.

2. Memakai Celanan Dalam Terbalik
Apabila sobat tidak terbiasa untuk tidak memakai celana dalam, maka ada satu solusi yang dapat mencegah terjadinya luka lecet pada selangkangan, yaitu dengan memakai celana dalam dengan posisi terbalik, depan jadi belakang, yang belakang jadi didepan. Mengapa demikian? Jika sobat perhatikan, desain celana dalam antara bagian depan dan belakang itu berbeda. Karena pada bagian belakang lebih lebar, maka tidak akan menyakiti kulit paha dan selangkangan. Namun jika sobat memakai cara ini, akan menimbulkan kesan tidak nyaman, karena tidak biasa.

3. Pakai Bedak Tabur
Karena kondisi kulit selangkangan dan kulit paha yang lecet akibat basah dan lembab, maka dengan menaburkan bedak ke kulit tersebut dapat menghilangkan lembab dan keringat. Taburkan bedak secukupnya dan merata ke permukaan kulit yang lecet dan basah/ lembab. Lakukan berulang kali jika kondisi kulit mulai lembab kembali.

4. Hindari Beraktifitas yang Berlebihan
Semakin sering sobat beraktifitas seperti berjalan, maka akan semakin parah luka lecet yang ada di selangkangan sobat. Usahakan jangan dulu beraktifitas yang menimbulkan keringat.

5. Jangan Menggaruk Jika Terasa Gatal
Memang tidak dipungkiri jika luka lecet yang timbul akibat pergesekan kulit selangkangan dan kulit paha juga dapat menimbulkan gatal, saya sarankan jangan menggaruknya karena jika semakin digaruk maka luka lecetnya akan semakin melebar dan semakin parah. Untuk hal ini sobat harus benar-benar bisa menahan diri.

6. Gunakan Kipas Angin
Hal ini dapat sobat lakukan jika sedang dalam waktu luang seperti pada saat sedang istirahat di rumah, lepaskan celana dan celana dalam, biarkan diri sobat setengah telanjang, lalu nyalakan kipas angin lalu arahkan ke selangkangan sobat. Dengan melakukan ini, akan menghilangkan keringat dan lembab yang ada di selangkangan.

7. Gunakan Salep atau Krim Anti Jamur
Untuk menggunakan ini sobat perlu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter, ataupun apotik. Jelaskan ke dokter atau apoteker tentang gejala dan rasa yang dialami agar dokter atau apoteker tersebut dapat memberikan salep atau krim yang sesuai dengan kondisi luka yang sobat alami. Salah satu salep ampuh yang dapat sobat gunakan adalah salep Pi Kang Shuang, salep buatan china ini terbukti ampuh mengobati lecet pada selangkangan. Salep ini dapat dibeli di apotik-apotik terdekat di kota sobat.


Demikian beberapa tips dan kiat untuk mengobati dan mengantisipasi luka di selangkangan akibat gesekan antar kulit dan udara lembab, maupun keringat. Semoga tips ini dapat mengatasi masalah yang sobat alami. Terima kasih sudah berkunjung di blog ini, sampai jumpa di artikel lainnya.
Comments
6 Comments

6 comments:

  1. Aku pernah ini. Hingga iritasi.
    Juga pernah benjol karena kelenjar getah bening di selangkangan membesar. Ini pemicunya bisul di paha yang sampe infeksi.

    Dan paling nyaman adalah lepas celana dalam. Trus kalau aktivitas keluar gitu kasih kapas di bagian luka/benjolannya. Mengurangi gesekan.

    Maka dari itu aku mulai beli celana dalam yang lembut dan nggak mengiritasi kulit. Setelah aku telusuri, lecet/gatal karena celana dalam yang aku beli bahannya kurang bagus. Alias murah hehehe... Sekarang mau beli mikir kesehatan deh. Beli agak mahal sedikit nggak apa-apa. Daripada sakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiiihh mbak, makasih bnyk sudah meninggalkan cerita pengalaman berharganya disini, terimakasih bnyk jg krn sdh mampir.

      Gara gara celana dalam memang mbak penyebabnya, sekarang sy sdh gak pernah pake celana dalam lagi mbak, dan gak pernah ngalamain luka lecet lagi.

      Tapi ada efeknya mba klo gak pake celana dalam, berhubung saya cowok, punya kelamin yg menonjol, jadi klo gak pake celana dalam burung saya berayun ayun mbak, dan itu kadang bikin was was klo ada yg memang merhatiin, wkwkwkw . . .

      Btw ngeri jg y mbak, gr gr gatal selangkangan bs bikin bisul.

      Delete
  2. Salep pi kang itu dijual bebas ya, udah ada bpom? Dulu pake albotyl ternyata sekarang dilarang

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sob, dilarang komentar konten pornografi, sara, penipuan, kata kotor, sumpah serapah, dan judi. Terima Kasih