Cara Mudah Merepaint Atau Mengecat Ulang Warna Shock Breaker Sepeda Motor

Hai sobat bikers, pada artikel kali ini saya akan sharing tentang bagaimana cara merepaint atau mengecat ulang warna shock breaker sepeda motor. Beberapa waktu lalu saya baru dapet shock breaker baru dari Kayaba Zeto Series buat mengganti shock breaker lama YSS Top Up yang udah uzur dan sepertinya oli shock nya udah bocor, buat dipake sehari-hari udah gak enak sob, apalagi buat boncengan dan melaju dijalan yang kagak rata, dijamin deh bokong bakalan pegel. 
Cara Mudah Merepaint Atau Mengecat Ulang Warna Shock Breaker Sepeda Motor
Tetapi berhubung per shock breaker Kayaba Zeto tidak ada yang warna kuning, akhirnya saya berpikir bagaimana cara untuk memberi warna pada shock tersebut, shock YSS lama saya sebelumnya juga saya warnai kuning menggunakan stiker skotlet, tetapi untuk pengaplikasian skotletnya susah banget sobat biker, perlu ketelitian dan waktu yang cukup lama untuk menempelkan stikernya ke shock YSS lama saya waktu itu, disamping lama dan susah, ternyata mengganti warna shock dengan memakai skotlet tidak dapat bertahan lama sob, setelah pemakaian beberapa bulan saja, skotlet nya udah mengelupas karena oli dan kotoran yang menempel pada shock.
Akhirnya setelah pikir panjang lagi, kenapa gak coba di repaint ulang aja atau di cat? Nah sob, masalah kembali menyelimuti diri saya. Sekarang saya bingung bagaimana cara ngecat nya? Harus pake cat apa? Wah pasti per pegasnya harus dicopot juga (sayang euy shock baru kalo harus dibongkar padahal belom pernah dipake hehe). Sempet saya mencari tutorial cara melepas per pegas pada shock breaker, tapi tetep saja saya ga berani membongkar shock yang baru saya beli. 

Waduuuuhh, jadi mangkin pyusying tujuh kelingling neeeh, zzzz. Oya sob, sebelum saya lanjutin artikelnya saya mau kasih tau kenapa saya pengen merepaint ulang warna shock breaker saya dengan warna kuning, sebabnya nih sob, saya demen banget sama produk motor Yamaha keluaran tahun 2013 yang "motogp edition" entuh. Dari dominan warnanya yang Putih dan biru kemudian ditopang dengan shock breaker yang berwarna kuning, sungguh aduhai dan cakep banget dipandang mata sob.  
Ini dia sob motor keluaran Yamaha yang motogp edition tahun 2013, cakep gak sob? hehe. menurut ane sih luar biasaaa!!! maksimal gantengnya. wkwkkw
Dah ah lanjut lagi yuk bahas artikelnya, lanjuuuttt. Aduuh sampe manah ya tadi sob? jadi lupa gini saya. oiyaaaa, sampe pada saya kebingungan mencari solusi dan cara cat per pegas shock breakernya, hihihi. Sempet juga saya nyari tutorialnya di mbah google, tetapi ternyata tidak ada satupun artikel yang membahas tentang tips atau cara yang mudah merepaint ulang cat shock breaker, ada si satu artikel yang membahas tentang cara merubah tampilan atau warna pada shockbreaker, tapi caranya itu menggunakan cara yang saya terapkan juga di shock YSS lama saya, yaitu menggunakan cutting sticker atau skotlet.
Dengan kebingungan yang kian hari kian melanda, waw jadi galau gini nih saya. zzzz. Akhirnya nih, akhirnyaaaa saya modal nekat aja, pengen ngecat sendiri ntah gmana nanti caranya yang penting saya beli cat dan alat-alat cat nya dulu baru dipikirkan kelanjutannya hehehe. Beneran nih sob saya niatkan untuk pergi ke toko bangunan membeli cat besi merek Avian Paint. Cat udah dapet nih, tinggal kuasnya aja, anehnya di toko bangunannya gak ngejual kuas ukuran kecil, kuas yang ukurannya seperti kuas buat ngelukis pake cat air yang dipake anak-anak buat melukis pemandangan hehe. Ngelirik etalase kanan, kiri, atas, dan bawah gak nemu juga kuas yang saya cari, yang ada kuas ukuran besar dan untuk kuas yang ukurannya paling kecil itu lebarnya sekitar 1 cm (aduuh masih kegedean buat ngecat shocknya). Karena gak nemu-nemu juga kuasnya, saya cuma beli Cat Besi dan Isolasi kertas aja deh. Untuk kuas lukisnya ntar saya cari ditoko alat tulis aja, pasti ada. 

Dalam perjalanan pulang ke rumah, saya mampir ke toko alat tulis, dan benar saja, disana ada kuas lukis yang saya cari-cari dari tadi. Ok, perlengkapan untuk eksekusi shock breakernya sudah siap. Jadi untuk mengecat/ merepaint shock breaker sobat, kira-kira sobat butuh Cat besi, Isolasi Kertas, Kuas Lukis, Koran Bekas. Dah, itu aja sob. 
Kuasnya kelebihan nih belinya hihihi
Karena bermodalkan nekat, tentunya saya agak ragu-ragu apakah nanti hasil cat nya akan bagus dan rapi ya??? Tapiiii, ah udahlah lakuin aja, kalo gak dicoba kan gak tau hasilnya, iya gak sob? 
Shock yang siap di eksekusi sob, hiksss. Gak tega ngeliatnya. 
Eits, sabar dulu sob jangan dulu di repaint yah, sebelumnya kita harus membersihkan dulu shock nya dari kotoran minyak maupun debu yang menempel pada sela-sela dan permukaan shock breaker (berlaku untuk shock yang sudah dipakai, bukan baru), mencucinya bisa menggunakan detergen. Selanjutnya adalah membungkus daleman shocknya agar terhindar dari cipratan cat saat kita mengecat per pegasnya, kita bisa pakai koran atau kertas bekas buat menutupi daleman shock breakernya, untuk melindungi daleman shock breaker dengan kertas ataupun koran lumayan agak sulit nih sob buat masukin kertasnya kedalem, sebelumnya kertas harus di potong kira-kira sesuai dengan ukuran as/ daleman shocknya, kemudian cara masukinnya lewat celah celah per pegasnya, ingat sob, kertasnya harus menutupi permukaan daleman shock dengan menyeluruh, jangan sampe ada bagian yang masih terbuka, oya dan juga menutup dalemannya harus rapet ya sob, tidak boleh renggang dan menyentuh per pegasnya, nanti kertas korannya bisa terkena cat juga, dan akan lengket dengan per, sehingga membuat hasil cat nya jelek dan gak rapi.
Selimutin yang rapi ya guys, kertasnya jangan sampai nempel dengan per pegas nya.
Selain menutup bagian dalem shock, pada bagian pangkal atas dan bawah shock juga harus ditutup ya sob, nutupnya juga harus rapi, sobat bisa menggunakan isolasi kertas untuk menutupinya.
Akhirnyaaaaaaa di eksekusi juga sob, Bismillah semoga hasilnya gak mengecewakan hati . . zzzz
Lakukan pengecatan dengan sabar ya sob, jangan terburu-buru nanti hasilnya berantakan, kata orang jawa "Alon-alon Tur Kelakon". Oya pada bagian sisi dalem per pegas yang rapet tidak saya cat sob, sebab kuasnya tidak bisa menjangkau daerah tersebut. hanya bagian luarnya aja hehehe. Tenang aja sob, kalo udah dipasang di motor gak akan kelihatan kok bagian yang tidak kita cat. Mungkin sobat akan bertanya, kira-kira cat nya harus berapa lapis gan? 


Umm, sebaiknya sih cukup dua lapis aja sob jika warna asli shock kita putih, tetapi jika warna shock nya bukan putih (contoh: item, merah, ijo, dll), kemungkinan bisa lebih banyak lapisannya, beruntunglah yang memiliki per pegas shock warna putih hihi, tapi sebenernya bisa disiasatin kok, selain memberikan lapisan cat yang lebih banyak, kalian juga bisa menimpa cat aseli per shocknya dengan cat warna putih terlebih dahulu, tetapi cara ini akan lebih memakan waktu dan tentunya biaya yang lebih banyak, karena kita membutuhkan dua warna cat. 
Kedua Kayaba Zeto warna Kuning sudah selesai dipoles, berhubung pada waktu saya ngecat ini malam hari, untuk mengeringkannya saya letakkan kipas angin di sebelahnya, saya tinggal semaleman. Eh paginya, saya coba sentuh-sentuh ternyata cat nya masih agak basah sob, akhirnya saya jemur seharian di panas terik matahari, sorenya baru saya cek lagi, dan kelihatannya masih ada bagian yang masih belum kering. Berhubung saya kagak sabar, akhirnya langsung aja deh saya pasangkan ke motor. hehehe.



Gimana sob, mudah bukan ngecatnya? Malah banyakan asiknya lo, daripada susahnya hihi. Paling  yang susah cuma masukin kertas korannya ke dalem per pegasnya wkwkwkw. Memang sih, masalah masuk memasukin itu rada susah jika yang mau dimasukin itu kagak mau, heh maskudnya? eh maksudnya?. Hihihi. Bener donk?? Masa iya mau masukin cincin tunangan ke jari cewek yang kagak suka sama kita?, ya jelas aja dia gak mau lah sob. wkwkw. Hubungane opo karo ngepeeerrr??? Preeet.
Akhir kata dari penulis, jangan ragu untuk memulai sesuatu hal yang baru, di coba dulu sob, baru kita akan tahu hasilnya, kan siapa yang tau hasilnya kalo belom dicoba, hihi. Ini kata-kata dari Koh siapaaaa gitu, saya lupa namanya. Bener juga kan sob, sebagai contoh keragu-raguan saya saat ingin merepaint shock breaker, sampe berhari-hari dalam keraguan, akhirnya . . . coba deh nekat aja. hehehe. 

Oya motor kesayangan saya ikut nampang juga dimari ya sob Yamaha Jupiter Z Burung Hantu Keluaran Tahun 2006. Warna dan striping motor saya juga hasil dari coba-coba juga lho dan akhirnya berbuah manis seperti shock breakernya. Lebye
Cara Mudah Merepaint Atau Mengecat Ulang Warna Shock Breaker Sepeda Motor

jupiter z burhan full repaint body make pylox

Jupiter Z burhan 2006 Full Modifikasi Striping Balap

yamaha jupiter z modifikasi road race dan striping racing motogp

Oiya sampe lupa kalo ada sedikit video tutorialnya, hihihihi
Comments
2 Comments

2 comments:

Silahkan berkomentar sob, dilarang komentar konten pornografi, sara, penipuan, kata kotor, sumpah serapah, dan judi. Terima Kasih