Cara Mengetahui Struktur Kode HTML Dari Template Blog Sendiri Maupun Orang Lain

Mengetahui struktur kode pada template blog merupakan hal yang paling vital dalam dunia blogging, dengan mengetahui struktur kode HTML template blog tersebut, kita dapat dengan mudah melakukan berbagai macam modifikasi, baik menambahkan kode Javascript, CSS, JQuery, mengubah tampilan warna, dan lain-lain. Sebenarnya banyak cara yang dapat kita pakai guna mengetahui struktur kode HTML Blog kita maupun struktur kode HTML blog orang lain, diantaranya adalah dengan menggunakan fitur "Developer Tools" pada browser Google Chrome sobat.

Kemudian cara yang lain yaitu dengan menggunakan "Structured Data Testing Tool". Tool ini merupakan alat yang disediakan oleh Google, sobat bisa mengaksesnya di "Google Developer" atau dapat mengunjungi link ini langsung Structured Data Testing Tool. Untuk pengecekan dengan menggunakan Google Developer: Structured Data Testing Tool, sobat hanya memerlukan link url halaman utama blog yang diketikkan pada kolom yang telah disediakan. Structured Data Testing Tool ini juga dapat digunakan sebagai alat untuk memeriksa apakah kondisi blog dalam keadaan baik atau tidak, biasanya jika blog tidak memiliki satu kesalahan maka hasil test akan menampilkan laporan bahwa blog sobat aman dan tidak bermasalah.

Namun jika blog sobat bermasalah, maka akan muncul deteksi laporan "Error" pada hasil testing. Maka disini sobat perlu memperbaiki beberapa kode susunan HTML yang error tersebut. Sobat tidak perlu bingung, karena Structured Data Testing Tool tersebut langsung memandu sobat untuk mengatasi masalah kode yang Error tersebut. Tool ini tentunya sangat membantu sobat dalam merawat dan menjaga blog agar tetap sehat dan tetap memiliki performa yang baik. Berikut penampakan dari Structured Data Testing Tool:
Sobat tinggal memasukkan link URL blog sobat pada kolom "Ambil URL", lalu klik "Jalankan Pengujian", seketika tool ini langsung menampilkan hasil testing dari blog sobat. Hasil testing dibagi menjadi 2 kolom, pada sebelah kiri merupakan penampakan dari struktue kode HTML template blog sobat, dan pada kolom sebelah kanan merupakan hasil dari pemeriksaan blog sobat apakah blog dalam keadaan sehat atau malah memiliki beberapa masalah atau error. Berikut gambar penampakan hasil testing dari blog saya:
Klik kanan pada gambar diatas lalu Open in new tab untuk memperbesar tampilan gambar di tab browser baru. Terlihat bahwa hasil test dari blog saya (Pada kolom sebelah kanan) tidak memiliki kesalahan dan Error. Dan tentunya sobat juga bisa melihat susunan HTML yang ada pada template blog sobat. Selain itu, Tool ini juga dapat mengecek kondisi blog orang lain, caranya sama. Sobat tinggal ambil/ Copy link URL blog orang lain tersebut, lalu pastekan di kolom "Ambil URL". Sebenarnya untuk apa sih mengetahui struktur kode dari blog orang lain?

Dengan mengetahui struktur kode blog orang lain kita dapat memperoleh informasi tentang kode CSS, JQuery, dan Javascript apa saja yang terpasang di template blog orang lain tersebut. Sehingga memudahkan kita untuk meniru kodenya juga, dan diterapkan di blog kita. Namun untuk menirunya sobat tidak bisa langsung melakukan Copy dan Paste data yang diambil dari Structured Data Testing Tool, sobat cuma dapat mengambil contoh kodenya, lalu cari kode tersebut di Google. Tentunya hasil pencarian di Google akan menampilkan berbagai macam tutorial tentang bagaimana cara membuat kode yang sama persis dengan blog orang lain tersebut.

Itulah cara saya untuk mengetahui struktur kode dan performa dari blog saya sendiri dan orang lain, semoga artikel ini dapat membantu untuk mengoptimalkan kinerja dari blog sobat. Terima kasih sudah berkunjung di blog ini. Jika ada pertanyaan seputar artikel ini, mohon sampaikan di kolom komentar. Sampai jumpa di artikel lainnya.
Comments
2 Comments

2 comments:

Silahkan berkomentar sob, dilarang komentar konten pornografi, sara, penipuan, kata kotor, sumpah serapah, dan judi. Terima Kasih