Pohon Kersen atau Talok si Rimbun dan Penyejuk Rumah yang Banyak Manfaat


Hai sobat pembaca, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Tanaman/ Pohon Kersen atau di daerah lain disebut dengan Talok. Kenapa saya membahas soal tanaman ini? Sebab sob, tanaman ini keren menurut saya. Yei keren dari mananya? Mau tau nih kerennya dari mana? Yuk simak artikel saya ini. Hihihihi

Jika sobat disini memiliki hunian baru atau rumah yang terlihat gersang dan tidak hijau, tanaman Kersen ini bisa menjadi alternatif buat merimbunkan rumah sobat- sobat pembaca lho. Rumah sobat nantinya akan terlihat sejuk dan adem dengan tumbuhnya tanaman ini disekitar halaman rumah anda. Daaan tanaman ini sangat cepat tumbuhnya, tidak membutuhkan waktu lama hingga bertahun tahun untuk merasakan manfaat teduhnya rumah sobat. Hehe

Selain itu bisa dimanfaatkan sebagai tempat teduhan parkiran mobil ataupun motor sobat. Banyak rumah, toko, warung, maupun perkantoran yang memakai tanaman Kersen ini sebagai tempat ngadem untuk menghindarkan si manusia itu sendiri dan kendaraannya dari sengatan matahari yang teriknya minta ampun.  

Warung makan prasmanan langganan saya, memakai Tanaman Kersen sebagai teduhan buat parkirannya. 


Tidak kalah juga, bengkel motor pun menggunakan jasa dari Tanaman Kersen ini


Toko Bangunan yang memiliki Pohon Kersen yang sangat Lebat (letak Pohon Kersennya di sebelah kanan)


Tanaman Kersen/ Talok sendiri memiliki nama Ilmiah Muntingia calabura L. Tanaman ini bisa tumbuh hingga mencapai tinggi kurang lebih 12 meter, namun pada umumnya kebanyakan hanya 3 meter sampai 6 meter saja. Tanaman Kersen ini memiliki buah kecil berwarna merah dan sangat manis, sewaktu saya kecil sering memakan buah dari Kersen ini, sampai sampai rebutan nyari buahnya yang udah mateng bersama teman-teman SD dulu. 

Buah dari Kersen yang jatuh sendirinya ke tanah karena sudah masak


Meskipun sudah jatuh ke tanah namun kelihatannya buahnya masih bagus, dan masih dapat dimakan, belum rusak, biasanya yang makan malah burung-burung.


Lebih dekat lagi dengan buahnya

Daun dari Tanaman Kersen ini ketika masih diumur yang sangat muda/ baru tumbuh memiliki daun yang lebih besar dan lebar, namun ketika sudah menjadi pohon yang lebat, daun Kersen malah terlihat semakin tipis dan kecil.


si Kersen sewaktu umurnya masih muda (dalam masa pertumbuhan)


Dan ini ketika si Kersen sudah menjadi Pohon yang lebat, terlihat kan sob bedanya, jadi memanjang namun kecil dan langsing. 



Di taman belakang rumah saya pun tumbuh Kersen lho, padahal saya sama sekali tidak pernah menyebar bibit ataupun sengaja menanam kersen di taman belakang rumah, umm dugaan saya sih bibitnya dibawa oleh burung - burung yang mampir dan singgah di taman, Saking banyaknya Kersen yang tumbuh, sampe sampe taman belakang rumah saya jadi rimbun banget, lebat karena adanya Kersen ini, namun tumbuhnya masih ngawur dan gak beraturan. Mungkin lain waktu saya akan memilih dan memilah Kersen mana yang harus saya pertahankan ditaman belakang rumah, Kersen yang lain akan saya cabut dan saya tanam dihalaman depan rumah saja, yang saya sayangkan Kersen ini kenapa tidak tumbuh dihalaman depan rumah saya ya? Hehe, kapan- kapan saya mau rikues sama mas burung buat tebar benih dihalaman depan rumah. 

Beberapa waktu lalu saya sempat memindahkan satu tanaman Kersen yang ada ditaman belakang rumah dan saya tanam di halaman depan rumah, eh kok malah mati Kersennya. Curiganya saya sih karena tanah depan kurang begitu subur, sebab tanahnya tanah pasir bekas sewaktu bangun rumah dulu. Umh, pantes aja Halaman depan rumah gak ada satupun Kersen yang tumbuh . . . T.T

Kersen yang tumbuh secara liar di Taman belakang rumah hihi. 
Comments
2 Comments

2 comments:

  1. Alhamdulillah, selain herbal yang disebutkan di artikel ini, ada jg daun insulin (daun yakon) juga bantu untuk turunkan kadar gula darah.

    Apalagi jika daun insulin (daun yakon) dikombinasi dengan herbal sambiloto dan meniran, semua dalam satu kapsul jadi kapsul yakon plus...

    untuk info jelasnya... Klik aja >>

    http://berkhasiat.web.id/jualan/diabetes-herbal-kapsul-yakon-plus/

    Atau langsung pesan ke Ryan 0813-80-262524 (SMS/WhatsApp/Telegram/Line

    ReplyDelete
  2. Kalo cara saya, cari dan cabut bibit kersen tapi hati hati jangan sampai akarnya terputus, setelah itu tanem didalem pot. kalo sudah mulai besar, baru dipindahkan didepan rumah dengan tanah potnya. biasanya akan mudah beradaptasi si kersennya.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sob, dilarang komentar konten pornografi, sara, penipuan, kata kotor, sumpah serapah, dan judi. Terima Kasih