Cara Menonaktifkan Script Anti Copy Paste Pada Bagian Tertentu Artikel Blog

Beberapa waktu lalu saya mencari tutorial di Google tentang bagaimana cara membuat fitur artikel tertentu pada blog yang tidak bisa kita copy karena menggunakan script anti Copy Paste, menjadi bisa di copy hanya pada bagian kata atau kalimat yang kita sisipkan "Quote". Namun setelah saya telusuri, tidak ada yang membahas apa yang saya cari. Akhirnya saya nyerah deh, dan gak melanjutkan pencarian. Baru pada malam hari ini akhirnya saya menemukan tutorialnya ketika saya mencari artikel tentang Bagaimana cara memodifikasi tampilan Quote. Ternyata dengan kata kunci tersebut, ehhh malah ketemu apa yang saya cari-cari selama ini, dasar aneh yah si mbah google. hihihi. Sambil Menyelam minum aer, sambil diterapkan pada blog, saya juga akan sharing tutorialnya ke sobat blogger. hehhe
Gambar diatas adalah script CSS yang saya sisipkan "Quote". Jadi, setiap kata atau kalimat yang saya sisipkan Quote bisa di Copy Paste oleh sobat dan orang lain, namun untuk kalimat yang berada di luar quote tidak bisa di copy paste, dikarenakan adanya fitur Anti copy paste yang diterapkan pada blog. Kesimpulannya, fitur anti copy paste ini tidak berfungsi untuk artikel yang berada di dalam Quote.

  1. Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah masuk ke menu Template Blogger, kemudian pilih Edit HTML.
  2. Cari kode ]]></b:skin> atau </style> dengan menggunakan fitur pencarian CTRL+F.
  3. Copy kode CSS dibawah ini dan Pastekan diatas kode ]]></b:skin> atau </style>
  4. .post blockquote,.post pre,.post code{
    -webkit-touch-callout:text;
    -webkit-user-select:text;
    -khtml-user-select:text;
    -ms-user-select:text;
    -moz-user-select:text;
    }

  5. Simpan Template


  6. Nah, dengan begini, selain artikel sobat terhindar dari tindakan plagiarisme, sobat juga bisa menentukan kalimat mana di dalam artikel yang boleh di copy dan mana yang tidak boleh di copy oleh orang lain. Oiya, untuk tutorial bagaimana cara memasukkan script CSS Anti Copy Paste pada artikel blog, sobat bisa mengunjungi link dibawah ini.
    Baca JugaCara Melindungi Artikel Blog Dari Tindakan Plagiat Atau Copy Paste
    Jika sobat ada komentar, ataupun pertanyaan, sobat bisa isi kolom komentar dibawah artikel ini. Saya mohon maaf jika ada kata yang sulit dipahami, sebab saya sendiri juga bingung mengolah kata -kata yang baik dan cocok untuk membuat artikel ini hihihi, mohon dimaklumi ya sob. Ok, sekian dari saya, terima kasih sudah berkunjung dimarih ya sob. Sampai jumpa lagi di artikel tutorial ngeblog lainnya. 

    Update: Untuk menonaktifkan anti copy paste pada tulisan artikel tertentu, sobat bisa memakai "blockquote" yang ada pada editor postingan, atau bisa juga dengan menerapkan kode ini <code>isidengankalimatsobat</code>pada editor HTML postingan sobat.
Comments
6 Comments

6 comments:

Silahkan berkomentar sob, dilarang komentar konten pornografi, sara, penipuan, kata kotor, sumpah serapah, dan judi. Terima Kasih