Yamaha YZF R1M Ditarik Dari Tangan Konsumen Akibat Kegagalan System Gearbox

Waduh, kok bisa begitu ya sob. Yuk mari kita simak kabar berita dari MCN ini. Yamaha ternyata akan menarik kembali produk motor YZF R1 dan R1M untuk diganti komponen Gearbox nya, karena adanya beberapa kegagalan sistem gearbox pada model terbaru dari Yamaha ini. Pemberitaan dari Yamaha ini berpengaruh pada motor yang sudah beredar di Amerika Utara dan Kanada beberapa minggu yang lalu, namun ternyata baru-baru ini Inggris juga ikut kena imbasnya. Ini adalah kali kedua Yamaha melakukan penarikan produk mereka, setelah sebelumnya pada R1M terdapat kesalahan pada kontrol elektronik yang ada di suspensi shock breaker belakang dari Ohlins. Para pengguna R1 dan R1M Amerika telah diberitahukan untuk tidak menggunakan kendaraannya sebelum ada instruksi selanjutnya dari Pengguna R1 dan R1M Inggris. Pihak Yamaha Inggris, telah berusaha menghubungi pemilik kendaraan R1 dan R1M tersebut untuk segera datang ke dealer guna mengganti Gearbox tersebut. Terdapat beberapa masalah pada kerusakan rasio gear  pada saat dipakai balapan maupun ketika motor dipakai dalam keadaan yang ekstrim, masalah itu muncul pada saat biker melakukan perpindahan gear, terjadi mistimed atau tidak sesuai waktu antara kaki si biker saat menekan tuas perseneling dengan respon dari gearbox. 

Untuk mengganti gearbox dengan yang baru, maka mesin akan dilepas dari rangka dan dibongkar total kemudian baru diganti gearboxnya sebelum dipasangkan kembali ke rangka motor. Pihak Yamaha Inggris tidak menjelaskan secara detail tentang pergantian part namun dari pihak Yamaha Amerika telah mengirimkan surat pemberitahuan yang cukup jelas tentang masalah itu, dan apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah motor Yamaha tersebut. Suratnya berisi: 

"Masalah yang terjadi di motor meliputi kerusakan pada kedua gear yang mengatur perpindahan gigi 2 dan juga pada pinion gear di dalam sistem transmisi ketika  motor digunakan pada kondisi ekstrim dan perpindahan gigi gear yang tidak tepat. Hal ini terjadi karena daya tahan komponen yang tidak cukup kuat ketika dipakai dalam kondisi ekstrim. Ditambah lagi, gear untuk putaran gigi 3 dan 4 terjadi perubahan bentuk atau rusak. Jika gear sudah rusak, maka sistem transmisi akan terkunci, mengakibatkan motor tidak dapat di kontrol sehingga dapat terjadi kecelakaan dan hilangnya nyawa seseorang"
Apa yang akan Dealer Yamaha Lakukan?
Untuk mengatasi kerusakan ini, Dealer Yamaha akan melakukan penggantian Sistem transmisi dengan desain sistem transmisi yang berbeda dari sebelumnya. Sesuai prosedur, lamanya perbaikan bisa memakan waktu 16 jam tergantung pada jadwal servis yang sudah dijadwalkan sbelumnya oleh Yamaha kepada customer lainnya. Hal ini tidak akan dipungut biaya sepeserpun, termasuk penggantian oli, air radiator, dan gasket.

Kesimpulannya
Intinya semua produk Yamaha YZF R1 dan R1M yang beredar di Amerika Utara, Kanada, dan Inggris akan ditarik kembali dari tangan konsumen untuk mengganti part gearbox yang diklaim tidak tahan terhadap pemakaian yang ekstrim, dan akan diganti dengan desain gearbox terbaru. Apakah ini juga berpengaruh terhadap Yamaha R1 dan R1M yang telah beredar di tanah air? Sementara belum ada kabar dari Pihak YIMM terkait hal ini, namun kita tunggu saja beritanya ya sob. Kalau dari surat edaran yang Yamaha publikasikan sih, masalah ini cuma terjadi di negara yang telah disebutkan diatas, yaitu Amerika Utara, Kanada, dan Inggris.

Demikian berita terbaru tentang Yamaha R1 dan R1M yang saya dapat dari MCN, jika sobat ada komentar silahkan isi pada kolom komentar di bawah ini ya Sob. Terima Kasih sudah berkunjung di blog saya. Sampai jumpa di artikel lainnya.  Oya, jangan lupa untuk Subscribe blog saya ya, untuk berlangganan artikel terbaru dari huzenify.blogspot.com.
Comments
1 Comments

1 comments:

Silahkan berkomentar sob, dilarang komentar konten pornografi, sara, penipuan, kata kotor, sumpah serapah, dan judi. Terima Kasih