Cara Mengatur Posisi Iklan Adsense yang Terpotong Tampilannya

Selamat pagi sobat, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara mengatur posisi iklan adsense yang terpotong tampilannya pada side bar template mbak Arlina Vikka Fast and Responsive Blogger Template. Iklan yang saya maksudkan tersebut adalah iklan adsense Sky Scrapper dengan ukuran width:300px dan height:600px yang saya pasangkan pada widget sidebar sebelah kanan blog saya. Beberapa waktu silam saya menemukan masalah tersebut ketika baru memasang iklan adsense sky scrapper pada sidebar blog, iklannya tidak tampil sempurna, ada bagian iklan yang hilang atau terpotong, yaitu pada sisi sebelah kanan iklan, mungkin kalo diukur dengan penggaris sekitar 2 atau 3 milimeter tampilan iklan yang hilang. Karena saya ingin iklan tersebut tampil sempurna, dan tidak ada bagian yang hilang/ terpotong maka saya menambah ukuran lebar halaman blog saya, yang tadinya 960px, saya ubah menjadi 990px, meskipun dengan cara tersebut dapat menampilkan iklan sky scrapper saya dengan sempurna, namun ternyata tampilan halaman blog saya jadi kurang enak dipandang karena terlalu lebar. Ya udahlah gakpapa, akhirnya saya biarkan blog saya dengan kondisi tampilan yang terlalu lebar selama satu bulan, yang penting iklan adsense nya tampil secara utuh (batin saya). Perlu sobat ketahui, ukuran lebar halaman blog yang paling ideal adalah 960px, hal ini saya ketahui setelah membaca sebuah artikel yang meneliti tentang berbagai macam website yang menggunakan lebar halaman 960px ternyata lebih friendly dan ringan, jika dibandingkan dengan website yang memiliki tampilan halaman lebih lebar ataupun memenuhi layar komputer.
mengatur posisi iklan adsense yang terpotong tampilannya
Lanjut ke masalah saya, eh baru beberapa hari yang lalu, saya kok merasa tampilan blog saya semakin gak enak dilihat, kayak kurang padat berisi hehe, dan akhirnya saya putuskan untuk mengubah ukuran lebar halaman blog saya yang tadinya memakai ukuran 990px saya kembalikan lagi ke 960px, kemudian mencari kode untuk mengatur posisi widget iklan adsense sky scrapper saya tersebut, karena gak nemu-nemu kodenya, saya putuskan untuk mencari tutorial di mbah google, ubek-ubek sana sini ternyata gak ada satu pun artikel yang bisa membantu memecahkan masalah saya, hal ini karena setiap template memiliki kode HTML yang berbeda-beda. Yah, akhirnya solusi pamungkasnya ya harus ngubek-ngubek sendiri kode yang di template Vikka ini dengan terpaksa dan keinginan yang kuat hehe. Akhirnya setelah trial and error utak atik templatenya, kodenya saya temukan juga untuk mengatur posisi widget iklan adsense sky scrapper saya yang terpotong. Jika sobat mengalami masalah yang sama seperti saya, sobat bisa ikuti langkah-langkah yang akan saya berikan berikut ini.


Pertama, tentunya sobat harus masuk dulu donk ke akun blogger sobat hehe, selanjutnya pilih menu Template, klik Edit HTML. Pada keyboard sobat ketikkan CTRL+F untuk mencari kata /* Arlina Sidebar Wrapper */, untuk template yang lain mungkin bisa ketikkan sidebar wrapper saja, lalu tekan Enter, maka pada HTML template Vikka Fast and Responsive Blogger Template saya akan muncul kode-kode dari sidebar wrapper seperti di bawah ini:

/* Arlina Sidebar Wrapper */
#sidebar-wrapper{padding:0 15px 0 0;width:32%;float:right;word-wrap:break-word;overflow:hidden}
#sidebar-wrapper h2,#sidebar-wrapper h3,#sidebar-wrapper h4{position:relative;margin:0 0 10px;text-transform:uppercase;padding:10px 0;font-size:15px;color:#343434;font-family:'Oswald';border-bottom:2px solid #e0e0e0;font-weight:500;letter-spacing:1px;}
#sidebar-wrapper h2:before,#sidebar-wrapper h3:before,#sidebar-wrapper h4:before{content:'';position:absolute;bottom:-2px;left:0;right:0;background:#fc4f69;width:60px;height:2px}
#sidebar-wrapper .widget ul{margin:5px 0;padding:5px 0}
.widget-content {margin:0;overflow:hidden}
.sidebar {line-height:1.5em;padding:0 0 0 8px}
.sidebar ul {padding:0;margin:0}
.BlogArchive #ArchiveList ul li {text-indent:0!important}
.sidebar ul li{margin:0;padding:5px 0;border-bottom:1px solid #f1f1f1}
.sidebar .widget {margin:10px 0}

Nah pada kode yang saya beri warna orange, merupakan kode untuk mengedit atau mengatur posisi widget yang ada di sidebar sebelah kanan blog saya, untuk menyesuaikannya sobat tinggal mengganti angka 8px nya, atur sampai iklan adsense yang ada di widget sobat muncul sempurna dan tidak ada bagian yang terpotong.

Itu saja langkah-langkah mengatur posisi widget iklan adsense sky scrapper yang terpotong pada tampilan halaman blog, cara ini sangat bisa digunakan untuk template Vikka Fast and Responsive Blogger Template, namun untuk template lainnya mungkin ada susunan kode yang berbeda dengan template Vikka ini, saran saya coba cari saja "sidebar wrapper" template sobat, dan lakukan eksperimen dan uji coba, seperti yang telah saya lakukan. Akhir kata, selamat mencoba dan semoga berhasil. Jika ada pertanyaan, sobat bisa isikan pada kolom komentar di bawah artikel ini. Terima kasih sudah mampir di blog saya, sampai jumpa pada artikel lainnya.

0 comments

Post a Comment

Silahkan berkomentar sob, dilarang komentar konten pornografi, sara, penipuan, kata kotor, sumpah serapah, dan judi. Terima Kasih