Review Modem HUAWEI E3276 4G LTE

huzenify.blogspot.com - Hai sobat, pada kesempatan kali ini saya akan mereview sebuah Modem, yaitu Modem HUAWEI E3276, sebenarnya saya tidak ada niat sama sekali untuk membeli modem ini beberapa waktu lalu, namun hanya karena desakan keadaan yang mengharuskan saya membeli sebuah modem. Padahal biasanya untuk internetan, saya cukup memakai smartphone android saja melalui fitur USB Thetering yang telah disediakan oleh OS Android. 

Tujuan saya membeli modem ini, agar saya bisa memakai internet gratis sepuasnya tanpa dibatasi oleh quota, dengan menggunakan jasa SSH dan VPN. Modem ini juga direkomendasikan kepada saya oleh Seller yang menjual jasa koneksi SSH dan VPN yang saya pakai. Ya sudah, akhirnya saya putuskan untuk membeli modem ini seharga 340rb di sebuah toko komputer di daerah Yogyakarta, padahal kantong saya waktu itu lagi cekak banget, hmm mau bagaimana lagi, soalnya saya benar-benar butuh koneksi internet dengan koneksi kenceng plus tanpa batas quota guna meng Upload Video-video saya ke Youtube pada waktu itu. 

Kenapa saya memutuskan untuk menggunakan SSH dan VPN? Selain harga jasanya yang murah, SSH juga memiliki koneksi internet yang sangat kenceng tanpa di batasi quota, ya meskipun agak sedikit ribet sih pada saat awal-awal pertama kali memakai SSH. Jika sobat belum tahu apa itu SSH, SSH memiliki kepanjangan Secure Shell sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer. Itu merupakan pengertian menurut mbah Google, kalo pengertian saya sendiri SSH adalah layanan internetan gratis dengan membobol celah keamanan provider, jadi SSH ini sebenarnya ilegal, karena akan mengganggu jaringan legal yang disediakan provider, sehingga menimbulkan padatnya jaringan yang dimiliki provider. Udah tau ilegal kenapa pakai SSH? Sekali lagi ini terpaksa, karena keadaan saya waktu itu yang ingin memiliki solusi internet yang murah, cepat, dan tanpa batas quota. 

Sebelumnya saya sudah berusaha mendaftar ke Telkom Speedy, namun setelah menunggu berbulan-bulan tanpa kejelasan, dan pada akhirnya di daerah tempat saya tinggal ternyata tidak dapat di pasang jaringan Speedy, nah disinilah awal keputus- asaan saya sehingga mengharuskan saya memakai jasa penyedia SSH. Namun sekarang, saya tidak lagi menggunakan jasa SSH. Bukan karena SSH itu ilegal, melainkan karena untuk memakai koneksi SSH saat ini sangat susah, karena jaringan keamanan provider yang semakin ketat. Jujur, saya akan tetap terus memakai SSH jika tidak ada masalah koneksi SSH seperti saat sekarang ini, siapa sih yang gak mau internetan murah cuma bayar 50rb rupiah tiap bulan, dan bisa download upload file sepuasnya. 

Sekarang saya memakai koneksi dari provider kartu Three, biasanya sih saya memakai paketan internet yang memiliki quota 10GB, dalam sebulan saya bisa memakai 30GB lebih, jika harga 10 GB nya saja 145rb, berapa sudah uang yang saya habiskan buat membeli paket internet perbulannya. Jujuuuur, mahal banget sob, sampai kapan saya akan terus seperti ini, hehe. Demikian alasan mengapa saya memakai modem HUAWEI E3276, panjang banget ya ceritanya sob? Hihi, maaf-maaf habisnya kebawa perasaan. Ok, sekarang perkenankan saya me-Review modem HUAWEI E3276 ini ya sob.

modem murah dengan kecepatan koneksi tinggi huawei e3276

Gambar diatas merupakan penampakan Modem HUAWEI E3276 milik saya, pada casingnya terdapat logo dan tulisan dari Provider Arab Saudi yaitu STC, kebanyakan modem HUAWEI E3276 yang beredar di Indonesia adalah yang versi ini. Namun, saya juga pernah menjumpai modem ini di sebuah toko komputer, namun ternyata memiliki logo yang berbeda dengan milik saya, bukan logo STC. Saya tidak tahu juga apakah speknya sama atau berbeda, yang jelas di mata saya penampakan bentuknya sama persis dengan modem HUAWEI E3276 logo STC yang saya beli di toko komputer yang berbeda. Mungkin saja hanya logonya saja yang berbeda, namun memiliki spek yang sama. 

1. Desain Modem HUAWEI E3276
Jika dilihat dari segi desain, modem HUAWEI E3276 ini memiliki warna dominan putih, dan sedikit warna silver didekat tombol release USB dan chassis/ rangkanya. Jika kita pegang modemnya, akan terasa sdikit licin, karena efek Glossy pada warna putihnya. Pada bagian bawah modemnya juga terdapat lampu indikator LED yang akan menyala hijau ketika kita terhubung ke internet, dan akan menyala biru jika modem hanya terhubung ke USB komputer tanpa koneksi internet. Dari segi desain dimensi body: 92mm x 32mm x 14mm.


Pada chassis atau rangka modem HUAWEI E3276 ini memiliki warna silver metalik, dan terdapat dua buah logo engraved Sinyal serta tulisan Micro SD, 


Terdapat logo HUAWEI dan kode serialnya berwarna hitam ke abu-abuan di chasing modem bagian bawah.

2. Fitur Modem HUAWEI E3276
 Jika kita kembali perhatikan chassis atau rangka modem HUAWEI E3276 pada bagian sisi modem yang terdapat logo engraved sinyal dan tulisan Micro SD, terdapat celah lubang berukuran 1 milimeter untuk membuka 2 slot antena, dan sebuah slot kartu memori Micro SD. 


Penutupnya terbuat dari bahan plastik dengan engsel karet yang dapat diputar 360 derajat, jadi sangat fleksibel ketika kita memasukkan antena khusus modem dan Micro SD. Diantara kedua slot antena tersebut yang paling berpengaruh menambah sinyal koneksi modem adalah antena yang berada dekat dengan slot Micro SD, entah mengapa ketika saya masukkan antena pigtail ke slot antena yang berada diujung, sinyal indikator yang ada di aplikasi modem tersebut tidak bertambah 1 bar pun. Pertanyaan saya, kenapa HUAWEI membuat dua slot antena jika salah satunya tidak berfungsi dengan baik? Hehe.

modem huawei e3276, modem murah tahan panas, awet, koneksi cepat

Ok, sekarang kita buka chasing penutup modem ini, dan melihat apa isi yang ada di dalamnya. Sesuai gambar diatas, kita dapat melihat lubang lampu indikator LED, dan slot SIM Card. Untuk colokan USB nya sebenarnya tanpa membuka chasing penutup pun kita sudah dapat melihat dan menekan tombol release leher USB nya yang dapat dilipat 180 derajat, jadi selain penutup plastik slot Micro SD dan antena, colokan USB nya pun sangat fleksibel. Bisa disesuaikan dengan kondisi slot USB yang ada di komputer kita.
3. Spesifikasi Modem HUAWEI E3276
Ternyata modem ini tidak main-main sob soal kecepatan koneksinya, untuk kecepatan downloadnya bisa mencapai 150 Mbps dan untuk kecepatan Uploadnya mencapai 50 Mbps. Sudah support jaringan 4G LTE juga. Namun akan terasa mubazir dan sia-sia juga memiliki spesifikasi tersebut, jika di daerah kita belum mendapatkan koneksi 4G. Hehe. Tapi gak papalah itung-itung buat investasi jangka panjang, siapa tau gak lama lagi daerah kita menjangkau koneksi 4G, iya ga sob. Wkwkwk. 

Di bawah ini merupakan Spesifikasi Lengkapnya Sob:

- LTE FDD: 800/900/1800/2100/2600 Mhz
- UMTS: 2100/AWS/900/1900
- GSM: 850/900/1800/1900
- 4G Band 38/40 (TDD 2300/2600MHz)
- 3G DC-HSPA+ 2100MHz
- GSM 850/900/1800/1900MHz
- Slot Dua External Antenna
- Support SSH/VPN.
- Support Jaringan Bolt frekuensi 2600MHz
- USB 2.0 High Speed
- SIM/USIM card: standard 6-pin SIM card interface
- Micro SD Card Slot
- Dimensions: 92mm x 32mm x 14mm
- Weight: 30g
- OS: Windows XP/Vista/7, Linux, Mac OS.

4. Software Bawaan Modem HUAWEI E3276
Jika pada zaman dahulu awal-awal penggunaan modem masih sangat jarang sekali, sering sekali kita menemukan sebuah CD untuk instalasi Driver dan Software dari modem tersebut. Saya pernah mengalaminya saat pertama kali memiliki Modem Sierra, di dalam dusnya juga terdapat sebuah CD instalasi Driver dan Software, sampai-sampai saya sering kelabakan ketika software modem Sierra saya tersebut Corrupt atau rusak, otomatis saya harus instal ulang donk softwarenya, tapi ternyata saya lupa menaruh Dus modem yang berisi CD instalasi Software, pusing tujuh keliling sampai stress karena nyari dusnya gak ketemu-ketemu. Namun saat ini perkembangan teknologi sudah semakin praktis, tidak membutuhkan sebuah CD lagi untuk instalasi Driver dan Software bawaan modemnya. Hanya sekali colok modemnya ke USB komputer, secara otomatis Driver akan terinstal, dan kita tinggal instal Softwarenya saja yang juga sudah ada di dalam Modem. 
5. Kekurangan dan Kelebihan Modem HUAWEI E3276
Hmm, di poin ini saya ingin menuliskan pengalaman saya selama memakai modem HUAWEI E3276 ini, tentunya terdapat beberapa Kelebihan dan Kekurangan selama saya memakainya. Di bawah ini merupakan catatan saya tentang Kelebihan dan Kekurangan Modem HUAWEI E3276.

Kelebihan:
- Desain yang sangat fleksibel dapat kita temukan pada leher colokan USB yang dapat kita
  tekuk 180 derajat, dan juga penutup slot antena serta penutup slot Micro SD
- Jaringan Koneksi yang sudah Support 4G LTE
- Kecepatan download mencapai 150 Mbps, dan Upload 50 Mbps
- Support Jaringan Koneksi SSH, VPN, dan Software MMD (Mini Mobile Data)
- Tidak ada masalah dipakai berjam-jam ataupun seharian penuh, meskipun modemnya
  panas tetap stabil koneksinya.

Kekurangan:
- Terdapat 1 Slot Antena yang tidak berfungsi dengan baik
- Karena dimensi modem yang terlalu lebar dan tebal/ tidak ramping, akan mengganggu slot USB motherboard Komputer yang sejajar dengan slot USB komputer modem ini. 

6. Kesimpulan
Dengan fitur koneksi 4G LTE yang dibenamkan didalamnya, tentunya modem ini sangat mendukung koneksi data yang cepat. Namun akan terasa mubadzir atau percuma jika daerah sobat belum menjangkau koneksi 4G LTE. Alangkah baiknya jika sobat memilih modem yang support dengan jaringan yang ada di daerah tempat sobat tinggal, tetapi tidak ada salahnya juga jika sobat memilih modem HUAWEI E3276 ini, siapa tau bisa buat persiapan di masa yang akan datang, ketika jaringan koneksi 4G LTE sudah tersedia ditempat sobat. 

Dari segi harga, relatif sih ya, tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah juga, namun dengan fitur wah yang di benamkan di modem ini, saya rasa harganya sudah sesuai dengan spesifikasinya. Jika sobat ingin memiliki modem dengan koneksi kencang dan fleksibel, HUAWEI E3276 dapat menjadi solusi tepat bagi sobat.

Ok mungkin itu saja review dari saya, jika ada salah kata mohon dikoreksi ya sob. Begitupun jika sobat memiliki unek-unek di kepala, isikan saja kolom komentar yang telah saya sediakan dengan pertanyaan sobat. Terima kasih sudah mampir, sampai jumpa di artikel lainnya.
Comments
5 Comments

5 comments:

  1. Ini juga modem idaman saya gan. Pengin beli tapi gak tahu ada sinyal LTE gak di desa saya. O y, internetan gratis pake SSH sekarang masih bisa gak gan?

    ReplyDelete
  2. Sedikit Info, SSH itu LEGAL, yang ilegal itu kalau ssh nya digabung sama inject atau aplikasi lain yang didalamnya terdapat BUG provider dan Payload tertentu dan kemudian digunakan untuk internet gratis.

    ReplyDelete
  3. sayangnya tidak bisa digunakan untuk all operator jaringan 4Gnya

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sob, dilarang komentar konten pornografi, sara, penipuan, kata kotor, sumpah serapah, dan judi. Terima Kasih