Antara Uang Dan Hobi Dalam Menggeluti Dunia Blogger

Hai sobat blogger, pada malam hari ini saya tidak tahu akan menulis artikel tentang apa, benar-benar saya sedang mengalami blank, jengah, tidak memiliki materi untuk dijadikan bahan menulis artikel. Jika sobat blogger sudah membaca judul artikel saya ini, tentunya bahasannya akan berhubungan dengan blogging memblogging. Bisa dikata, ini merupakan unek-unek saya di malam yang melelahkan ini. Apa tujuan utama sobat terjun ke dunia blogging? Jika saya ditanya demikian, maka saya akan menjawab "Saya blogging pada awalnya hanya iseng dan penasaran seperti apa sih rasanya menulis sesuatu di blog?". Pada tahun 2011, saya diberi kesempatan untuk mencoba menulis di blog. Apa yang saya tulis hanya sekedar info seputar tutorial tentang hobi yang sedang saya jalani. Jika sobat menulis sebuah artikel dengan dilandasi rasa senang dan tentunya semangat, pastinya ide pemikiran kita akan keluar bagaikan air yang mengalir deras lancar tanpa hambatan, bisa-bisa tanpa kita sadari tulisan kita sudah banyak saja kata-katanya.

Hal itulah yang melandasi saya blogging, selain bisa membantu orang lain yang membutuhkan informasi, kita juga bisa merekam semua ilmu yang kita dapat melalui tulisan blog, jika suatu saat kita sudah lupa informasi yang pernah kita dapatkan, kita tinggal membuka kembali artikel yang pernah kita tulis di blog, tanpa harus mencari artikel di mbah Google.
sialan kalian para pemain agk dan agc
Mulai di tahun 2015, saya mencoba ingin lebih fokus lagi menulis artikel. Tujuan saya saat ini adalah membuat artikel yang bermanfaat untuk orang lain sekaligus bisa memberikan saya penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Saya memiliki harapan yang tinggi bersama Google Adsense, jika suatu saat nanti saya bisa mengasilkan uang tanpa harus bekerja kantoran. Sudah berjalan kurang lebih 5 bulan semenjak saya mulai fokus menulis artikel. Namun sayangnya kesempatan saya untuk menulis artikel terpaksa berhenti, karena pada waktu itu Istri saya melahirkan anak pertama kami, jadi waktu untuk menulis artikel tidak ada, semua terfokus ke Istri dan anak. Sebenarnya jika memiliki keinginan yang keras untuk tetap semangat menulis, saya bisa saja menulis artikel lewat mobile smartphone, tetapi karena saya tidak pernah menulis menggunakan smartphone, jadi saya rasa sangat sulit menulis melalui media smartphone, akhirnya saya urungkan niat saya menulis mobile.

Selang satu hari setelah kelahiran anak kami, akhirnya datang sebuah cobaan. Anak kami mengalami panas yang sangat tinggi, setelah di diagnosa oleh dokter, anak kami mengidap Hipotermia dan infeksi darah yang mengharuskan kami merawat inapkan anak kami ke rumah sakit. Selama di rumah sakit, saya mencoba kembali menulis sebuah artikel melalui aplikasi mobile blogger yang saya unduh di Play Store, saya pikir dengan aplikasi yang dikeluarkan oleh blogger ini dapat memudahkan saya membuat artikel, namun nampaknya tidak demikian, masih banyak sekali bugnya. Apabila sobat penasaran dengan bug Aplikasi ini, sobat bisa mendownloadnya sendiri di PlayStore android.

Saat itu juga saya sudah merasa malas-malasan ingin menulis, padahal saya memiliki sedikit waktu luang saat tidak disibukkan dengan menjaga istri dan anak saya di rumah sakit. Akhirnya beberapa hari kemudian saya putuskan untuk iseng - iseng saja mencoba menulis artikel lewat mobile, tetapi tidak dengan menggunakan aplikasi blogger, melainkan melalui browser.

Setelah kesembuhan anak saya, saya mulai mencoba kembali menulis artikel namun entah kenapa semangat saya untuk menulis hilang atau belum muncul, hingga sampai pada malam ini. Suntuuuuuk banget rasanya. Jika sobat ingin mengetahui berapa sih penghasilan yang sudah saya dapatkan dari menulis artikel di blog ini? Uang saya mah tidak ada apa-apanya sob, dibandingkan blogger lain yang sudah sukses. Ternyata susah juga ya mencari uang lewat blog.

Sempat terbesit dalam pikiran saya, "Apa saya harus bermain di jalur hitam? Jalur yang diharamkan oleh Google". Kebetulan saya bergabung di salah satu forum Facebook blogger Google Adsense Indonesia. Pada awalnya saya hanya menjadi silent reader, tetapi makin kesini saya merasa dibuat resah oleh forum tersebut, bagaimana tidak setiap jam setiap hari cukup banyak member group yang memposting penghasilan Adsense nya, dan pendapatannya bisa di bilang WOW luar biasa, perhari bahkan bisa mendapatkan ratusan dollar. Saya penasaran sekali, bagaimana bisa? Baru tahu saya kalau ternyata ada 2 pilihan dalam bermain Adsense, yaitu jalur hitam dan jalur putih.

Pemain Adsense jalur hitam adalah mereka yang dapat menghasilkan banyak dollar dalam waktu singkat melalui beberapa skrip/ plugin yang tidak di benarkan oleh Term Of Service Google Adsense. Skrip atau plugin tersebut setahu saya adalah AGK (Auto Generated Keyword), dan AGC (Auto Generated Content). Akhirnya saya memiliki kesempatan untuk memposting tentang keburukan dan dampak negatif yang ditimbulkan akibat bermain AGK dan AGC di forum Facebook Google Adsense Indonesia tersebut, bukan hal positif yang saya dapatkan melainkan bullyan oleh pelaku AGC dan AGK. Baru tahu saya kalau ternyata forum tersebut banyak anggota yang panas dengan postingan saya, sedikit sekali anggota grup yang setuju dengan saya.

Sama halnya dengan pemerintahan Indonesia saat ini, korupsi dihalalkan, yang bersih dan benar malah disalahkan. Saya membandingkan para pemain AGC dan AGK dengan koruptor, sama-sama merugikan. Mengeruk uang sebanyak-banyaknya selagi bisa, tanpa memikirkan kualitas dan kuantitas serta manfaat untuk orang lain. Mereka telah mencuri uang para pengiklan, mencuri artikel, dan mencuri keyword.

1. Mencuri Uang Para Pengiklan
Pengiklan adalah perusahaan atau perorangan yang membayarkan fee atau uang kepada Google agar iklan produk mereka bisa tampil di semua produk Google, seperti Adsense, Admob, dll. Mengapa saya bilang para pemain AGK dan AGC ini mencuri uang dari para pengiklan? Sebab blog mereka benar-benar sudah menyalahi aturan yang ditetapkan oleh Google, (melanggar TOS).

Kalau sobat bertanya, "Nyuri uang dari mananya? toh sama-sama menayangkan iklan adsense seperti blog yang gak memakai AGC dan AGK, kalau memang kita dapat klik iklan, boleh-boleh saja donk, namanya bukan mencuri, tapi memang udah rejeki mereka para pemain AGC dan AGK". Rejeki gundulmu, sudah jelas-jelas melanggar TOS, merugikan visitor, merugikan para blogger pembuat konten original. Sama saja mereka perompak. Sia-sia para pengiklan mengeluarkan uang jika visitor dikelabuhi oleh pemain AGK. Sia-sia saja para pengiklan mengeluarkan uang jika iklan mereka tampil di blog yang mengambil artikel orang lain, artikelnya pun banyak yang tidak berkualitas.

Bayangkan saja jika semua blogger di seleuruh dunia memakai AGC dan AGK, bisa merugi para pengiklan yang bekerjasama dengan Google. Iya kan?

2. Mencuri Artikel
Poin ini dikhususkan bagi mereka yang memakai AGC. Pemain AGC ini lebih parah lagi dibandingkan para pemain AGK. Mereka bahkan tidak perlu kesulitan membuat artikel, dengan memasukkan skrip/ plugin AGC ke blog mereka, artikel akan datang dengan sendirinya setelah melakukan beberapa pengaturan pada plugin AGC mereka. Kok bisa begitu. AGC akan mencari artikel blog orang lain yang relevan dengan keyword yang diketikkan visitor pada mesin pencari Google, kemudian artikel blog orang lain tersebut akan ditampilkan di blog AGC mereka. Enak bener ya? Kalau begitu tinggal tidur aja udah jadi milyarder tuh para pemain AGC. Tetapi meskipun begitu, jika ketahuan, Google sangat cepat sekali mengeksekusi blog yang bermain curang dengan memakai AGC. Imbasnya blog mereka bisa dihilangkan dari mesin telusur Google, Adsense mereka pun akan di banned permanen tanpa ampun.

3. Mencuri Keyword
Sudah jelas, pada poin ini dikhususkan bagi mereka yang bermain AGK. Saya katakan mereka sebagai pencuri keyword karena mereka telah mengambil kesempatan blog-blog yang secara fair/ bermain jujur muncul di halaman pertama pencarian Google. Susah sekali sob untuk menjadikan artikel original kita muncul pada halaman pertama pencarian Google, selain harus memiliki artikel original buatan sendiri, kita juga dituntut untuk membuat artikel yang berkualitas, dan benar-benar bermanfaat bagi para visitor atau pembaca blog kita.

Namun para pemain AGK ini dengan mudahnya muncul di halaman pertama dengan keyword yang menipu para calon visitor, setelah visitor memeriksa/ membuka artikelnya ternyata tidak ada satupun artikel yang berkaitan dengan apa yang dicari visitor tersebut. Mereka, para pemain AGK telah mengambil kesempatan kecil para blogger yang mengikuti kebijakan dari TOS Google untuk muncul di halaman pertama pencarian Google.

Penjelasan Mengenai Pengertian AGK (Auto Generated Keyword)

Skrip atau plugin AGK didalamnya berupa kata kunci kata kunci/ keyword yang dapat membuat blog AGK bertengger di posisi teratas pada halaman pertama pencarian Google, semisal saja satu contoh kasus, jika kita melakukan pencarian di google dengan memasukkan kata kunci artikel yang akan kita cari, setelah kita menekan enter, blog AGK ini akan tampil di hasil pencarian dengan keyword yang sama persis dengan yang kita tulis di kolom pencarian Google. Namun apa yang terjadi saat kita masuk ke blog AGK tersebut? Hasilnya ZONK. Tidak ada satupun artikel yang membahas sesuatu yang kita cari.

Para pemain blog AGK ini sebenarnya seorang blogger biasa seperti saya, sering update artikelnya, membuat artikel original, namun tidak sedikit juga yang kopas. Tetapi cara untuk mendapatkan visitornya lah yang saya anggap salah, karena mengelabuhi dan mengecewakan visitor blog mereka. Apalagi jika seorang pengunjung/ visitor sedang buru-buru mencari informasi di Google, apabila mereka terjebak ke dalam perangkap blog AGK, alhasil mereka pasti kecewa sekali karena tidak mendapatkan artikel yang dicari, buang waktu dan kuota internet juga tentunya (Ini yang merugikan). Hal ini tentunya memiliki dampak yang buruk juga bagi pemilik blog AGK sendiri, visitor yang benar-benar sudah di kelabuhi pastinya tidak akan kembali lagi ke blog mereka. Istilahnya hanya sambilalu, datang dan pergi tidak kembali.

Lalu apa keuntungannya seorang blogger yang memakai skrip/ plugin AGK? Sudah jelas sekali, blog AGK mereka akan selalu muncul di halaman pertama mesin pencarian Google, tentunya akan meningkatkan traffic pengunjung secara drastis, dan pendapatan Adsense pun akan meningkat tajam seiring dengan bertambahnya jumlah visitor, bayangkan saja sudah berapa banyak pengunjung atau visitor blog yang sudah mereka kelabuhi. Hal inilah yang tentunya sudah melanggar TOS (Term Of Service) dari Google. Kemunculan blog mereka di halaman pertama mesin pencarian Google tidak alami, dan hal ini juga tentunya sangat merugikan blog lain yang memang benar-benar memiliki artikel sesuai hasil penelusuran mesin pencari.

Pemain AGK juga sangat rawan terkena peringatan bahkan banned oleh Google jika terbukti melanggar TOS, artikel mereka pun nantinya akan deindex atau dihilangkan di mesin telusur Google. Jadi apakah sobat masih ingin memakai skrip atau plugin dari AGK?

Penjelasan Mengenai Pengertian AGC (Auto Generated Content)
Saya telah sedikit menjelaskan tentang pengertian AGC pada poin 2 diatas tentang pencurian artikel. Jadi saya rasa sudah tidak perlu dijelaskan lagi ya sob, yang jelas blog AGC lebih parah dibandingkan dengan blog AGK, tetapi keduanya sama-sama telah melanggar aturan bermain dari Google Adsense. Bagaimana jadinya ya jika memakai plugin/ skrip keduanya, AGC dan AGK? Keterlaluan. Antara gila uang, serakah, dan kepepet hutang kali ya.

Wahai para pemain AGC dan AGK yang membaca artikel saya, mengapa kalian selalu membenarkan diri? Bukan masalah haram atau halal, tetapi ini menyangkut kebaikan dan keburukan, kejahatan dan kebenaran. Kalian telah melakukan tindakan kejahatan di dalam dunia internet. Jika kalian benar-benar orang yang baik di dunia nyata, saya hanya bisa mendoakan agar kalian sadar atas apa yang telah kalian lakukan di dunia maya. Bermainlah secara jujur, dan lurus. Tingkatkan kualitas artikel kalian, dan jadilah pemikir.

Saya bisa mengambil kesimpulan bahwa para pemain AGC dan AGK ini adalah orang yang sebenarnya malas untuk menulis, orientasi mereka ngeblog bukan karena dari hati untuk mencari uang yang berkah, melainkan ingin mengeruk uang sebanyak-banyaknya dengan cara instan (selagi ada kesempatan).

Munafik?
Jika ada yang menganggap saya munafik, anda sok tahu berarti. Silahkan cek saja blog saya kedepannya, apakah saya juga akan memakai AGK dan AGC atau tidak. Cek juga seluruh artikel saya, apakah ada yang copas? Saya bukan orang yang baik di dunia nyata, tapi saya berusaha untuk berada di jalur yang benar dalam bermain Adsense. Bukan karena saya takut akan resikonya, melainkan saya sendiri sudah merasakan bagaimana rasanya dipermainkan oleh blog-blog AGC dan AGK, sehingga saya bisa mengambil keputusan untuk selalu berusaha bermain jujur dalam blogging dan berusaha membangun kepercayaan para pengunjung blog saya.

UPDATE:
Beberapa menit yang lalu saya mendapatkan Postingan di Facebook dari Blogger sukses Kang Dian Umbara pada forum Group FB Google AdSense Indonesia yang di urusnya, beliau memposting tentang dirinya yang tidak memakai/ bermain dengan AGC ataupun AGK.

Mungkin ini menjawab pertanyaan beberapa teman blogger yang menanyakan "Mas Dian tuh pake AGC atau AGK gak sih?", kata Kang Dian dia lebih memilih bermain dengan cara yang aman, sehingga artikel dan blognya awet tidak mengalami deindex satu artikel pun. Jadi, masih mau pake AGC dan AGK?
Comments
3 Comments

3 comments:

  1. Saya juga dlu benci sekali saat artikel saya di curi oleh orang lain, namun semakin kesini saya semakin cuek, terserah. Silahkan algoritma google yang milih artikel yang berkualitas.setelah lihat postingan dug agc agk Saya pemain keduanya sekarang, agc dan manualan.
    Agc akan mati jika tidak ada pemain manualan atau web2 ugc. Jadi menurut saya saling membutuhkan, contoh saja saya grab ytb, saya dapat visitor Dan pemilik video dapat view.
    Terusss itu poto orang sombong minta ampun kenapa d ss? Mas dian menurut saya adalah IM pertama yg menurut saya sombong minta ampun, sudah liat sttus grub fortunernya? Sudah liat nyapu2 uang? Wah gila pokoknya. Seandainya dia mau upgrade pertemanannya d fb,pasti dia akan ketemu dg orng yg lebih besar earn dan lebih rendah hati.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sob, dilarang komentar konten pornografi, sara, penipuan, kata kotor, sumpah serapah, dan judi. Terima Kasih