Apa Sih Google AdSense Itu Dan Apakah Benar Bisa Menghasilkan Uang Dari AdSense?

Adakah sobat yang ingin berkecimpung ke dalam dunia AdSense? dan sudahkah sobat mengetahui apa itu AdSense? AdSense adalah sebuah program afiliasi atau kerjasama dalam periklanan yang dimiliki oleh Google melalui media internet. Jadi, bila sobat memiliki sebuah website ataupun blog, sobat dapat menjalin kerjasama dengan Google AdSense, kerjasama itu berupa penayangan iklan AdSense yang ditampilkan pada blog atau website sobat, nah jika ada pengunjung atau pembaca blog yang mengklik iklan AdSense tersebut, sobat akan diberikan komisi dari Google selaku penyedia iklan tersebut. Seberapa besar komisi yang sobat dapatkan tergantung dari jenis iklan yang tayang, jenis iklan berbeda-beda di setiap negara, ada negara yang memiliki nilai klik iklan yang cukup tinggi dan ada negara yang klik iklannya cukup rendah.

Sebagai contoh, jika sobat memiliki blog berbahasa Inggris, maka visitor atau pembaca blog sobat dapat berasal dari seluruh penjuru dunia, karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang dipakai di seluruh dunia, nah yang saya ketahui adalah bahwa nilai klik iklan yang didapatkan dari visitor luar negeri lebih besar dibandingkan dengan nilai klik iklan di negara kita, hal ini karena perusahaan luar negeri yang bekerjasama/ beriklan dengan Google lebih bonafit/ kaya dibandingkan perusahaan di negara kita yang cenderung pelit hehe (maksudnya hanya memiliki dana yang terbatas dalam beriklan). Beberapa negara yang saya ketahui memiliki nilai klik iklan yang cukup tinggi adalah Amerika, Inggris, dan negara-negara Eropa.


Pertanyaannya, iklan yang ditayangkan pada blog atau website kita berasal darimana?

Selain menjalin kerjasama dengan kita selaku pemilik blog atau website, terlebih dahulu Google menjalin kerjasama dengan para perusahaan pembuat iklan, perusahaan tersebut membayarkan sejumlah uang kepada Google sesuai ketentuan yang telah di atur oleh Google.


Selain penayangan iklan AdSense lewat Blog atau website, ternyata melalui Youtube juga bisa. Jika pada blog atau website, iklan AdSense ditayangkan di antara artikel/ tulisan, maka pada Youtube, iklan Adsense ditayangkan melalui pemutaran video. Lebih baik mana penghasilannya antara blog atau Youtube, semua kembali tergantung pada ketekunan sobat dalam menggeluti dunia AdSense diantara kedua media tersebut. Jika sobat fokusnya ke blog ya artikelnya harus dibikin bermutu dan bermanfaat, serta berkualitas. Youtube pun sama begitu, tentunya video sobat juga harus berkualitas, dan harus asli bikinan sendiri.

Saya sendiri pertama kali bekerjasama dengan Google AdSense melalui Youtube di tahun 2013 awal, pada saat itu memang saya lebih tertarik membuat video, lebih menyenangkan jika dibandingkan dengan menulis artikel blog. Karena saya memang suka rekam-rekam menggunakan smartphone, jadi bermain Youtube dengan mengupload video, saya rasa jadi pilihan yang tepat buat saya saat itu. Namun sekarang, karena susahnya mendapatkan akses internet yang unlimited membuat saya banting setir menjadi content writer atau penulis artikel blog. Jika dahulu ketika bermain Youtube saya memiliki akses internet yang bisa dibilang cepat dan tanpa batas quota (upload video bisa beratus-ratus megabyte bahkan giga), maka saat ini saya harus menggunakan paket kartu internet yang dibatasi dengan quota. Penyebabnya karena saya sudah tidak ngekos lagi. Dulu dikosan, saya mendapatkan akses internet dari spidi unlimited, sekarang saya sudah tinggal dirumah sendiri, dan ternyata didaerah tempat saya tinggal tidak mendapatkan akses spidi sehingga mewajibkan saya harus mengirit-irit pemakaian kartu internet berquota.

Sebenernya kalau memang ingin benar benar fokus di Youtube, quota internet yang terbatas bukan menjadi masalah serius, namun ada syarat yang harus sobat penuhi yaitu, video sobat harus benar-benar layak untuk ditonton dan berkualitas, sehingga dapat menarik ribuan, puluhan, ratusan, bahkan jutaan viewer. Bayangin deh kalau videonya ga banyak yang nonton, bisa sia-sia quota internetnya kan. Nah hal inilah yang saya rasa tidak mampu dilakukan oleh saya, saya hanya bisa membuat video apa adanya dan gak berkualitas, sehingga saya sekarang memilih untuk menjadi content writer blog saja.

Jika sobat bertanya tentang berapa penghasilan saya saat ini, jawaban saya "masih sedikit sekali" sob hehe, namun saya tetap bersyukur, dan itu tandanya saya harus lebih fokus untuk berusaha agar target saya bisa dicapai. Paling gak, bisa ngasih makan anak dan istri sudah lebih dari cukup.


Penjelasan Lebih mendalam Mengenai Google AdSense

Ok sob, tulisan diatas merupakan penjelasan Google Adsense menurut pandangan saya dan pengetahuan yang saya dapat selama ini, namun informasi diatas saya rasa masih kurang lengkap, maka pada poin ini saya akan menjelaskan lebih mendalam tentang AdSense.


Istilah-istilah yang ada pada AdSense

1. Advertiser atau Pengiklan
Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel diatas, bahwa Advertiser atau Pengiklan adalah suatu perusahaan atau perorangan yang bekerjasama dengan Google AdSense agar produk mereka bisa diiklankan di setiap layanan produk yang dimiliki oleh Google, seperti Blogger, Play Store, Youtube, dan Mesin Pencari Google.

- Layanan Blogger
Layanan ini disebut juga dengan AdSense for Content, sebab iklan AdSense akan ditayangkan pada website/ blog yang berisi konten artikel.

- Layanan Play Store
Iklan Adsense ini tayang pada aplikasi, game, dan E-Book yang di download dari Play Store Google. Nama iklan AdSense ini disebut juga dengan AdMob (Iklan AdSense versi Mobile Aplikasi)

- Layanan Youtube
Disebut juga dengan AdSense for Video, iklan AdSense yang tayang di layanan ini akan ditampilkan saat video diputar, selain tayang pada saat video diputar iklannya juga tayang pada sisi sebelah kanan video.

- Layanan Mesin Pencari Google
Disebut dengan AdSense for Search, seorang blogger dapat menempatkan kolom pencarian pada website atau blog mereka, dan apabila seorang pengunjung melakukan pencarian pada kolom pencarian itu, maka hasil pencarian tersebut akan sama hasilnya dengan mesin pencari Google, si pemilik blog juga akan mendapatkan persenan/ pendapatan dari Google. Kurang lebih seperti itu penjelasannya, saya sendiri tidak begitu paham tentang AdSense for Search ini.

2. Publisher
Saya sendiri sebagai pemilik website/ blog adalah seorang publisher, karena tugas kita hanya menampilkan atau mempublish iklan dari Google AdSense pada blog kita sendiri. Namun untuk menjadi publisher yang benar-benar sukses, kita harus membuat konten artikel yang bagus dan berkualitas tentunya.


Bagaimana Cara Membuat atau Mendaftar Akun Adsense?

Dengan hanya membuat sebuah akun Gmail, maka sobat sudah dapat mendaftarkan akun Gmail tersebut ke AdSense, untuk mendaftarnya sobat kunjungi saja link website AdSense ini, dan ikuti semua langkah-langkah yang diberikan pada halaman tersebut. Pada langkah No.1 klik "Sign In" jika sobat belum masuk ke akun Gmail sobat, kemudian langkah nomor 2 masukkan URL/ Link blog/ website sobat pada kolom yang telah disediakan, kemudian pada kolom dibawahnya pilih bahasa blog sobat jika artikel blog sobat berbahasa Indonesia maka pilih bahasa Indonesia, atau pilih English jika artikel blog sobat berbahasa Inggris. Jika blog sobat telah disetujui, maka langkah terakhir adalah mengisi form informasi biodata diri.
Sebenarnya selain melalui blog/ website, kita juga bisa mendaftar AdSense melalui Youtube, pendaftaran AdSense dengan Youtube lebih mudah dibandingkan dengan mendaftarkan AdSense melalui Blog/ Website. Kenapa begitu? Hmm, sebenarnya saya kurang begitu tahu penyebab/ alasan yang pasti, namun menurut informasi yang pernah saya dengar kalau mendaftar AdSense melalui blog ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, seperti jumlah artikel/ postingan, kualitas artikel, dan kualitas template blog itu sendiri (Tampilan, menu navigasi, privacy policy, tata letak widget, loading blog)


Bagaimana Kita Dibayar Oleh Google?

Sebelum dibayar oleh Google, terlebih dahulu kita diharuskan untuk melakukan verifikasi alamat menggunakan PIN yang diberikan Google melalui surat yang dikirimkan dari Kantor Google di Amerika sana. Untuk mendapatkan PIN tersebut terlebih dahulu kita harus memiliki saldo $10 di akun AdSense, secara otomatis Google baru akan mengirimkan surat verifikasi ke alamat rumah yang tertera di dalam akun AdSense kita. Lamanya waktu pengiriman paling cepat 1 bulan, dan paling lama bisa berbulan-bulan. Baca artikel saya tentang Surat Verifikasi Kode PIN Google. Setelah melakukan verifikasi, kita diwajibkan untuk memilih metode pembayaran, bisa melalui Western Union, Wire Transfer Bank, dan Cek Bank.

Apabila uang AdSense kita sudah menyentuh ambang batas minimal pembayaran yang telah ditentukan oleh Google, yaitu $100. Maka pada tanggal 23, Google akan mengirimkan pemberitahuan bahwa uang tersebut sudah dapat dicairkan. Saya lebih memilih mencairkan uang hasil pendapatan AdSense melalui Western Union, karena lebih simpel dan mudah dalam pencairannya. Mungkin suatu saat nanti saya akan mencoba menggunakan metode pembayaran yang lain.


Kesimpulan

Kesimpulannya, AdSense memang dapat memberikan penghasilan bagi kita selaku publisher dan pihak yang bekerja sama dengan Google, namun sobat juga memerlukan usaha dan kerja keras yang tidak sedikit agar dapat mencapai target pengasilan yang sobat inginkan. Demikian artikel tentang pengertian Google AdSense, semoga dapat memberikan wawasan dan info bagi sobat yang membutuhkan informasi seputar AdSense, ataupun sobat yang baru ingin memulai berkecimpung dalam dunia AdSense, semoga kita semua bisa sama-sama mendapatkan kesuksesan asalkan selalu konsisten. Aamiin. Terima kasih sudah mampir di blog saya, sampai jumpa lagi di artikel saya yang lain ya sob.
Comments
7 Comments

7 comments:

  1. Bro, kenapa yah tombol daftar Google AdSensenya ga berfungsi yah? Padahal aku pengen daftar AdSense.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas deni, selamat datang di blog saya. Terima kasih sudah membaca artikel saya tentang AdSense ini. Umm, untuk pertanyaannya mas deni, saya kurang begitu paham, mungkin bisa dijelaskan secara lebih rinci pertanyaannya?

      Delete
  2. Maksudnya, saya daftar Google AdSense tapi tidak bisa mas, trus temen di grup Facebook juga mengeluhkan bahwa tombol daftar Google AdSensenya ngga muncul.. Saya juga 1 bulan yang lalu daftar GoogLE AdSense tapi masih di tinjau belum ada inbox/pemberitahuan dari pihak Google bahwa tinjauan telah selesai/disetujui.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh begitu, iya mas sepertinya blog nya mas masih dalam tahap proses review/ peninjauan. Coba ditunggu saja mas, sampai ada informasi kalau akun adsense mas deni sudah di approve/ diterima. Prosesnya memang cukup lama mas. Saya juga punya teman yang baru daftar adsense, beberapa bulan yang lalu, dan kasusnya sama seperti mas deni, adsense di belum diterima sampai sekarang, padahal blognya rame banget pengunjungnya.

      Saran saya, bikin terus artikel yang berkualitas mas sambil menunggu adsensenya diterima ^_^

      Delete
  3. Saya punya 2 blog, satu sudah daftar Google Adsense tapi masih ditinjau dan blog yang satunya mau daftar Google AdSense tapi tombol daftar ngga muncul, jadi ngga bisa.. Gimana yah mas? :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. umm 2 blog itu memakai 1 akun gmail yg sama atau berbeda mas deni? Kalau memakai akun gmail yang sama kemungkinan itu penyebab tombol pendaftaran google adsensenya gak muncul, soalnya sebelumnya sudah pernah didaftarkan adsense. Sebaiknya akun adsense cukup 1 saja mas. Karena 1 akun adsense dapat menampung ratusan blog kok mas ^_^

      Delete
  4. Bang saya ngikutin blog ini. Gimana caranya blog diubah ke https yak, keren amat

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sob, dilarang komentar konten pornografi, sara, penipuan, kata kotor, sumpah serapah, dan judi. Terima Kasih