Cara Mengatasi Loading Halaman Blog Yang Lama Dan Berat

Apakah loading halaman blog sobat terasa lama, lambat, dan berat? Loading halaman blog yang lambat dapat menyebabkan berbagai masalah, salah satunya yaitu visitor blog yang menurun, loh apa hubungannya visitor blog dengan loading blog yang lama? Tentu saja keduanya memiliki keterkaitan sob, sekarang bayangkan saja jika sobat sebagai visitornya, trus menemukan blog yang loading halamannya luamaaaaaa buangeeett, tentunya sobat akan jadi malas kan untuk menunggu sampai artikelnya terload seluruhnya, syukur-syukur sih bisa kebaca artikelnya, lah kalo udah nunggu lama-lama trus halaman blognya tak kunjung terbuka malah lebih menyebalkan lagi lho, alhasil sobat jadi kesal kan? Akhirnya sobat mencari blog lain yang pembahasan artikelnya sama dengan blog yang loading halamannya lama, dan mungkin sobat gak akan balik lagi ke blog lemot tersebut, karena sudah tahu bahwa loading halaman blognya minta ampyun deh. hehe. So, sudah paham kan, kenapa antara visitor dan loading halaman blog saling berkaitan? Umm pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa tips atau cara agar loading halaman blog sobat tidak terlalu lemot ketika dibuka oleh calon visitor blog sobat.

Berbagai Tips/Cara untuk Mengatasi Loading Halaman Blog yang Lama

Tips atau cara ini mungkin dapat berguna di beberapa template, namun kemungkinan ada beberapa template juga yang tidak terpengaruh dengan tips dan cara ini, karena memang desain dan struktur kodenya yang kebangetan beratnya, hehe. Tetapi tidak ada salahnya juga untuk dicoba, siapa tahu disalah satu tips ini ada yang works, iya kan?

1. Kompres File Gambar

Besarnya ukuran file gambar yang sobat upload di blog dapat berpengaruh besar terhadap loading halaman blog. Nah salah satu cara agar gambar sobat tidak terlalu besar ukuran filenya bisa dengan cara mengkompress file gambar tersebut, yang dimaksud mengkompress disini adalah membuat ukuran file gambar yang besar menjadi kecil ukuran filenya. Untuk mengkompresnya sobat membutuhkan sebuah software, salah satu software yang paling banyak digunakan karena kemudahannya dalam melakukan kompresi adalah Microsoft Office Picture Manager. Pasti tahu kan dengan software ini? Yup, software ini bisa sobat akses di Program Microsoft Office yang terinstal di komputer sobat. Untuk kualitas kompresi dari software bawaan Microsoft Office ini cukup baik kok sob, meskipun ukuran filenya jadi kecil, namun kualitas gambar/ fotonya masih terlihat bagus. Saya sendiri memilih kompresi untuk ukuran file "Document".

2. Jangan Asal-asalan Memasukkan  kode Javascript, JQuery, dan CSS

Memasukkan kode Javascript, JQuery, dan CSS secara asal-asalan dapat berdampak buruk bagi loading halaman blog. Seringkali kita melakukan hal yang bisa dibilang cukup ceroboh terhadap struktur kode template HTML blog kita, niat hati ingin mempercantik tampilan blog malah membuat blog jadi lambat, bahkan susah dibuka oleh visitor blog, maka dari itu kita harus berhati-hati dalam memilih kode-kode tersebut. Bagaimana cara mengetahui kode Javascript, JQuery, dan CSS yang dapat mengakibatkan loading halaman blog menjadi berat? Hmm, cara sederhananya sobat harus mencoba kode tersebut, dan apabila loading halaman blog terasa lebih lama dari biasanya, langsung hapus saja kodenya.

Memang cara ini cukup susah untuk mengetahuinya hasilnya secara langsung, biasanya membutuhkan beberapa waktu hingga perbedaannya terdeteksi oleh kita. Saran saya, sobat ingat baik-baik kode apa yang telah sobat masukkan kedalam template sehingga membuat loading halaman blog menjadi lambat, dan langsung hapus saja kode tersebut. Hal ini pernah dialami oleh teman saya sendiri, niatnya sih waktu itu teman saya pengen menambah fitur komentar dengan emot-emot lucu di blognya dengan menggunakan kode Javascript, setelah beberapa hari terpasang ternyata loading halaman blognya jadi berat banget sob, visitor blognya langsung turun 50%, akhirnya dihapuslah kode yang bermasalah itu dari blognya, dan loading blognya pun kembali seperti sebelumnya.

Sebenarnya selain menghapus kode-kode yang membuat berat, kita juga dapat memilih atau mengkompress kode-kode tersebut, saya sendiri masih bingung sob dengan cara yang satu ini, bagaimana ya caranya mengkompress kode-kode tersebut, adakah sobat yang tahu caranya? Boleh donk kasih komentarnya disini.

3. Hapus Widget atau Gadget yang tidak terlalu penting

Perlu sobat ketahui bahwa didalam widget terdapat kode semacam Javascript, CSS, dan JQuery juga lho yang dapat memperlambat loading halaman blog. Saran saya hapus saja widget yang tidak begitu penting bagi blog sobat, namun jika sobat tidak tega untuk menghapusnya, bisa pilih saja widget mana yang dianggap paling penting banget bagi sobat. Biasanya widget yang ada animasi transisinya adalah widget yang cukup membuat loading halaman blog jadi agak lama.

4. Pilihlah Template Blog yang tidak menggunakan banyak file gambar

Mungkin banyak juga sobat blogger yang belum begitu mengetahui perbedaan diantara template yang hanya memakai kode HTML dan yang memakai campuran kode HTML plus file gambar sebagai pemanis tampilan keindahan templatenya. Template blog yang menggunakan file gambar sebagai pemanis utama tampilan, ternyata cukup berat lho loadingnya dibandingkan dengan template blog yang hanya memakai kode-kode HTML.

5. Hilangkan thumbnail gambar sebagai preview artikel

Menampilkan thumbnail atau gambar preview artikel merupakan salah satu faktor yang dapat mengurangi kecepatan loading halaman blog. Biasanya thumbnail ini dapat kita jumpai di preview ringkasan judul artikel di homepage, related article, artikel terbaru, dan masih banyak yang lainnya. Sebenarnya pada poin ini opsional sih ya, ada yang lebih suka thumbnailnya ditampilkan dan ada yang tidak dengan alasan mempercepat loading halaman blog. Saya sendiri lebih memilih menampilkan thumbnail di blog saya, agar tampilan blog lebih menarik.

6. Memasang kode tag kondisional isMobileRequest

Pada zaman sekarang ini merupakan eranya mobile gadget, dimana semua orang dapat melakukan segala sesuatunya lewat gadget/ smartphone, entah jual beli, belanja, transaksi bank, bahkan membaca artikel blog. Berdasarkan pengalaman saya pada saat membuka blog melalui mobile smartphone ternyata terasa lebih lama loading halamannya dibandingkan jika blog dibuka melalui komputer, mungkin karena proses load blog lewat smartphone sama dengan proses load melalui PC.

Nah salah satu cara untuk meringankan loading halaman blog saat dibuka melalui smartphone adalah dengan memasang kode tag kondisional isMobileRequest. Kode tag kondisional ini berfungsi untuk menonaktifkan beberapa kode Javascript, JQuery, dan CSS yang tidak dibutuhkan pada saat blog dibuka/ diload melalui smartphone/ gadget. Untuk penjelasan lebih mendalam mengenai kode tag kondisional isMobileRequest ini, sobat bisa membaca artikel saya tentang Cara Menonaktifkan Kode Javascript, CSS, JQuery dan Widget Menggunakan Tag Kondisional isMobileRequest.

7. Jangan memasang iklan Google AdSense

Tidak dipungkiri memang, bahwa iklan Google AdSense dapat membuat halaman blog sobat menjadi lama proses loadingnya, hal ini disebabkan karena sebagian besar iklan Google AdSense yang tayang memakai gambar bergerak agar iklan tersebut terlihat lebih menarik dan informatif sehingga dapat menarik para visitor. Lah, bagaimana ini kok malah disuruh jangan memasang iklan Google AdSense, lah wong tujuan kita ngeblog kan selain menyalurkan hobi, kita juga memiliki tujuan untuk mendapatkan penghasilan dari AdSense. Hehehe, ya kalo memang sobat ingin bener-bener loading halaman blognya jadi lebih cepat, tidak lambat atau lama ya jangan tampilin iklan AdSense nya, wkwkw.
Tetapi jika memang tujuan sobat blogging untuk menyalurkan hobi menulis dan mendapatkan penghasilan dari AdSense ya ini udah resiko jika loading halaman blog sobat menjadi lama karena dipasangin iklan AdSense. Jadi sebenarnya pada poin ini memang benar adanya, tetapi sangat mustahil untuk diterapkan oleh sobat blogger di blognya, iya kan? kan? Hehe. Google sendiri sudah mengatur berapa maksimal iklan yang tampil pada satu halaman blog, yaitu 3 iklan konten, 2 jenis iklan kotak pencarian, dan 3 iklan tautan. Saya sendiri di blog ini cuma memakai 3 iklan konten, dan 1 iklan tautan. Semakin banyak iklan yang sobat tampilkan di halaman blog, semakin lama pula loading halaman blognya. Baca artikel berikut untuk penjelasan lebih mendalam tentang Jumlah maksimal iklan AdSense dalam satu halaman.

8. Memasang Lazy Load

Adakah sobat blogger yang sudah mengetahui apa itu Lazy Load? Umm, Lazy Load adalah sebuah kode script JQuery yang dapat kita pasangkan ke dalam template blog kita guna mempercepat loading halaman blog. Lazy Load ini mungkin lebih berfungsi jika artikel blog kita berisi banyak gambar/ foto, jadi foto/ gambar tersebut akan terbuka jika kita melakukan scroolling ke bawah, selama kita belum melakukan scrolling, gambar tidak akan terload/ terbuka. Untuk memasang Lazy Load, sobat bisa ikuti artikel Cara memasang Lazy Load Pada Blog.

9. Clear Browsing Data: Cookies, Chached Image & File pada browser

Sebenarnya ini tidak ada kaitannya dengan struktur kode blog, karena pada poin ini membahas tentang membersihkan cookies, dan sampah, serta file temporary yang ada pada browser. Seringkali terjadi beberapa masalah yang mengakibatkan loading halaman blog kita menjadi lambat dan tampil tidak sempurna, selain berasal dari beberapa faktor yang telah saya sebutkan pada poin-poin diatas, ternyata loading halaman blog yang lambat dapat juga disebabkan oleh browser itu sendiri, karena saking banyaknya kotoran file temporary yang tersimpan di database browser sehingga membuat kinerja browser menjadi tidak sempurna. Hal yang perlu sobat lakukan adalah melakukan pembersihan terhadap kotoran/ sampah file temporary tersebut. Berikut cara membersihkan sampah file temporary/ chached files pada browser Google Chrome yang banyak dipakai para internetter:

- Google Chrome
Jika sobat menggunakan browser Google Chrome, pada pojok kanan atas browser terdapat icon bergambar 3 baris, klik icon tersebut, lalu pilih settings, maka akan muncul tab browser baru, lakukan scroll kebawah, lalu klik "Show Advanced Setting", maka akan muncul menu "Privacy", kemudian klik tab "Clear Browsing Data", kemudian pada "Obliterate the following items from" pilih "the beginning of time", dibawahnya lakukan centang hanya pada "Cookies and other site plugin data" dan "chached images and files", langkah terakhir klik "Clear Browsing data" untuk memulai proses pembersihan.

10. Cek Koneksi Internet Sobat

Diantara semua poin yang sudah saya jelaskan diatas, poin ini merupakan poin yang paling nyeleneh. Jelas sekali, kalau faktor koneksi internet juga menjadi masalah utama dan problematika dikalangan visitor dan pemilik blog yang hanya memiliki koneksi internet pas-pasan, atau bisa dibilang lola hehe. Biasanya masalah ini sering dialami para visitor dan blogger yang berada di wilayah pelosok, yang jangkauan sinyal koneksi internetnya terbatas. Semakin lola suatu koneksi, maka semakin lama pula membuka sebuah artikel. Sabar-sabar.

Umm, mungkin cukup sampai disini artikel mengenai bagaimana cara mengatasi loading halaman blog yang lama dan berat, semoga dapat memberikan informasi yang berguna bagi sobat blogger, jika tidak berguna ya cukup diketawain saja hahihuheho. Terima kasih sudah sudi mampir dan berkunjung di blog saya, sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Artikel apa???
Comments
3 Comments

3 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. yang jadi terutama sih struktur kode yang ada di blog, harus di compress dulu kayaknya :)

    ReplyDelete
  3. blog, ane kok lemot ya gan bisa bantu check?
    sinagaseo padahal saya dah hapus tambahan widget hitstat

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sob, dilarang komentar konten pornografi, sara, penipuan, kata kotor, sumpah serapah, dan judi. Terima Kasih