Shortcut Untuk Memudahkan Mengakses Extensions Pada Google Chrome

Siapa sih yang tidak mengenal software browser andalan dari Google yang satu ini "Google Chrome". Google Chrome sendiri merupakan browser yang paling banyak dipakai oleh pengguna layanan internet di dunia untuk berselancar di dunia maya. sudah lebih dari 1 milyar orang yang menggunakan browser Google Chrome ini. Saya pun menjadikan Google Chrome sebagai browser andalan saya, alasannya karena Chrome ini sangat simpel dan ringan, mudah untuk digunakan, tidak terlalu banyak membebankan kinerja dari komputer. Pagi tadi ketika saya baru menyalakan komputer dan membuka browser Chrome, terdapat sebuah pemberitahuan tentang fitur Chrome untuk memudahkan mengakses Extensions, fitur tersebut berupa sebuah tombol shortcut yang letaknya berada tepat di pojok kanan atas browser Chrome (Tepat dibawah tombol close dan minimize/maximize).

Apa sih pengertian Chrome Extensions sendiri?
Bagi sobat yang belum mengerti apa itu "ekstensi/ extensions" dan fungsinya, saya akan coba menjelaskannya. Extensions adalah program software sederhana yang dapat memodifikasi dan mengatur kegunaan serta fungsi dari browser Chrome. Jadi, dengan adanya fitur ekstensi ini kita bisa menambahkan fitur yang tidak disediakan oleh Google Chrome, software sederhana tersebut biasanya dibuat oleh developer selain Google, namun Google sendiri juga memiliki ekstensi sendiri guna mempermudah pengguna browsernya dalam berselancar. Beberapa ekstensi yang saya gunakan diantaranya adalah AdBlocks, Anonymox, Google Document, dan IDM grabber.

Ekstensi AdBlock berfungsi untuk menghilangkan tampilan iklan yang muncul saat kita berselancar, pada beberapa website tertentu terdapat beberapa iklan yang sangat mengganggu, maka peran AdBlocks disini sangatlah bermanfaat untuk memblokade iklan-iklan nakal yang muncul. Ekstensi Anonymox saya gunakan untuk mengakses beberapa situs luar negeri yang di blok oleh pemerintah Indonesia, semisal seperti situs-situs streaming dan download film, cara kerja Anonymox sendiri adalah dengan mengubah IP komputer kita menjadi IP palsu dari negara lain. Ekstensi Google Document sangat jarang saya pakai, malah cenderung saya non aktifkan ekstensinya, fungsi ekstensi dari Google ini untuk memudahkan kita selaku pengguna browser chrome untuk mengakses dokumen online. Dan ekstensi terakhir yang saya pakai adalah IDM Grabber, ekstensi ini berguna ketika pada saat menonton sebuah video streaming dan mendownload file, link dwonloadnya akan langsung ditangkap oleh IDM. Demikian sekilas tentang pengertian dan fungsi Extension/ Ekstensi Google Chrome.

Seperti apa fitur tombol shortcut Extension tersebut?
Lanjut pada pokok pembahasan artikel ini yaitu tentang fitur tombol shortcut Extensions, seperti yang sudah saya jelaskan diatas pemberitahuan tersebut baru saya jumpai pagi tadi kurang lebih pukul 6:30, 3 Maret 2016. Ketika baru saja membuka Chrome, terdapat sebuah pemberitahuan seperti gambar di bawah ini:
1. Pada gambar ini terlihat sebuah pemberitahuan "Semua Ekstensimu ada disini, gunakan klik kanan pada menu konteks untuk membuang ekstensi yang tidak kamu butuhkan", jika sobat perhatikan di sebelah tombol "X (Ini adalah Extensions Anonymox)" dan terdapat sebuah tombol lain yaitu Ekstensi Google Document, tombol tersebut merupakan tombol shortcut extensions yang saya maksudkan guna memudahkan mengakses semua Extensions dari Google Chrome.

2. Jika sebelumnya untuk mengakses extensions cukup memakan waktu melaluilalu klik  "More Tools", baru bisa mengakses "Extensions", maka sekarang jauh lebih mudah. Hanya dengan satu kali klik saja kita sudah dapat mengakses Extensions dari Google Chrome ini. Pada saat tombol shortcut tersebut kita klik kanan akan muncul beberapa pilihan diantaranya ada "Options/ Pilihan (sayang tidak bisa saya klik, mungkin fungsi opstions ini untuk mengatur konfigurasi dari Ekstensi tersebut)", kemudian "Remove from Chrome" berfungsi untuk menguninstal atau membuang ekstensi, "Hide in Chrome Menu" berfungsi untuk menyembunyikan tombol shortcute ekstensi, dan yang terakhir "Manage extensions" jika kita klik akan membuka daftar berbagai macam ekstensi yang telah terinstal di browser chrome kita.

Demikian penjelasan tentang tombol shortcut ekstensi pada Google Chrome , semoga dengan adanya shortcut ini dapat memudahkan kita untuk memanage semua Extensions yang sudah terinstal di Browser Chrome kita. Terima kasih sudah mampir di blog ini. Jangan lupa untuk like Facebook Fanpage kami yah. 

0 comments

Post a Comment

Silahkan berkomentar sob, dilarang komentar konten pornografi, sara, penipuan, kata kotor, sumpah serapah, dan judi. Terima Kasih