Cara Mengatasi Masalah Loading Picmonkey yang Error

Mengedit foto merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh seseorang yang menginginkan foto hasil jepretannya menjadi ciamik dan bagus, tentunya dibutuhkan software atau program editing foto untuk mengedit fotonya, contohnya adalah Corel Draw dan Adobe Photosop, namun ada beberapa orang yang tidak bisa menggunakan software tersebut dikarenakan terlalu rumit penggunaannya, saya sendiri tidak bisa menggunakan kedua software editing foto tersebut. Akhirnya saya memilih alternatif lain, yaitu dengan menggunakan website penyedia layanan editing foto secara online. Salah satunya adalah Picmonkey.  Picmonkey merupakan website penyedia layanan edit foto secara online, dan memiliki banyak fitur yang bisa kita aplikasikan ke foto kita. Makanya saya selalu setia menggunakan Picmonkey ini, namun terkadang sering sekali terjadi error ketika akan memulai melakukan pengeditan, loading website tidak jalan dan berhenti, setelah menunggu sekian lama tidak juga jalan, akhirnya saya putuskan untuk merestart browser chrome saya, dan saya ulangi lagi langkah sebelumnya masih saja terjadi hal yang sama. Kemudian saya mencoba membuka Picmonkey lewat browser lain yaitu Opera dan Mozilla. Hal yang sama pun terjadi di kedua browser tersebut. Setelah menunggu lama, muncul peringatan error tentang "Ruh Roh Shaggy!! Adobe Flash Player perlu diperbaharui, coba periksa kembali", oww jadi itu masalahnya. Ok, saya coba update Adobe Flash Playernya dengan versi yang terbaru, namun hasilnya masih nihil, hmm sampe bingung saya, yang salah kira-kira dimananya ya. 
Berbagai macam cara saya soba, restart komputer, copot kabel koneksi internet, ternyata sama saja. Hufftt, sebenernya udah agak frustasi juga, karena problemnya gak teratasi. Karena saking sebelnya, saya gak make Picmonkey lagi, editing foto saya pasrahkan ke Microsoft Word. Sebenernya yang saya butuhkan cuma editing foto sederhana, seperti menambahkan teks dan meresize ukuran foto, bermodalkan Word, paint, dan picture manager bisa mengatasi sedikit masalah saya soal edit mengedit foto. Waktu berlalu hari demi hari mengecek website Picmonkey masih aja gak bisa melakukan pengeditan. Sampai akhirnya saya berinisiatif untuk ngutak-atik settingan browser chrome saya, utak-atik sana sini trial and error akhirnya Picmonkeynya bisa sembuh, hanya dengan cara "Clear Cache dan Browsing Data". Hmm, apa hubungannya clear cache sama plugin adobe flash playernya ya? Kira-kira sobat tahu? Asumsi saya sih karena saking banyaknya cache sehingga membuat kinerja Flash Playernya gak optimal. Ok, bagi sobat yang memiliki masalah error seperti saya ketika membuka website Picmonkey bisa di coba langkah ini untuk browser kalian.


1. Google Chrome
Pada browser chrome kalian, masuk ke menu Settings/ pengaturan > Pilih Show Advanced Setting/ Tampilkan Settingan lanjutan > pada Privacy/ Privasi > klik Clear Browsing Data/ Hapus Data Penelusuran > Centang "Cookies and other site and plugin data" dan "Cached Images and Files" lalu tinggal klik "Clear Browsing Data". Selanjutnya restart kembali browser chrome sobat, dan coba buka kembali Picmonkeynya. 

2. Opera
Jika sobat menggunakan browser opera, ikuti langkah ini. Masuk ke menu Settings Opera > Pilih Privacy & Security > Klik Clear Browsing Data > pada "Obliterate the following item from" pilih 4 minggu terakhir > lalu centang Download History, Cookies and others site data, dan Cached Images and files > Terakhir klik "Clear Browsing Data" > Restart Browser Opera sobat. 

Kedua browser diatas sudah saya coba dengan cara Clear Browser Data, dan hasilnya Picmonkey berhasil saya jalankan kembali untuk mengedit foto. Saya harap, cara diatas juga bekerja di browser kalian. Entah kenapa untuk browser Mozilla ternyata tidak perlu dilakukan Clear Browsing Data, mungkin ada keterkaitan dengan browser chrome dan opera, sehingga Mozilla ikut berubah settingannya, sehingga bisa membuka kembali editor Picmonkey. Sekian dari saya, apabila sobat ada pertanyaan, bisa isi pada kolom komentar yang telah saya sediakan di bawah artikel ini. Terima kasih sudah berkunjung di blog saya, sampai jumpa di artikel lainnya. 

0 comments

Post a Comment

Silahkan berkomentar sob, dilarang komentar konten pornografi, sara, penipuan, kata kotor, sumpah serapah, dan judi. Terima Kasih