Cara Mengecat Efek Weathering Metal atau Besi Lecet Menggunakan Cat Semprot

Selamat malam sob, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Bagaimana cara merepaint atau mengecat permukaan suatu benda (bisa besi, plastik, kaca, dan kayu) dengan efek weathering mirip besi metal yang sudah lama dipakai, alias cat nya terlihat luntur. Tutorial ini sebenernya saya dapatkan dari seorang teman Facebook Teuku Darmansyah, yang memperlihatkan hasil cat unit Airsoftgun nya, impresi awal ketika saya melihat mainannya, WOW keren banget dah hasil cat nya, pasti susah nih bikinnya. Padahal mainan Airsoftgunnya itu terbuat dari bahan plastik, tetapi penampakannya mirip sekali dengan senjata asli yang sudah lecet atau mengelupas cat nya, biasanya karena lama terpakai, jadi terlihat warna aseli dari besi metalnya yang putih dipadu dengan warna cat aseli yang sudah luntur. Keren pokoknya, salut banget sama teman saya ini. Karena saking penasaran, akhirnya saya klik fotonya, dan ternyata banyak yang komentar, komentar kebanyakan dari teman-teman sesama Airsofter yang juga ingin mengetahui tutorial bagaimana cara mengecat dengan efek weathering besi atau metal yang luntur catnya tersebut, dan ternyata teman saya itu cuma memakai Cat Semprot.


Bagaimana? Keren kan. Andai saja saya masih punya airsoftgun, pasti unit mainan saya juga bakal jadi bahan eksperimen. hehe. Bagi sobat yang belum tahu apa itu Airsoftgun, saya akan sedikit menjelaskan tentang pengertiannya.

Apa itu Airsoftgun?
Airsoft gun adalah mainan yang bentuknya sangat mirip dengan senjata api aselinya, saking miripnya jadi sering di salah gunakan untuk sekedar gaya-gayaan ataupun menakut-nakuti orang lain, biasanya digunakan oleh pelaku kriminal, dan hal ini sangat memprihatinkan di kalangan para Airsofter (Pelaku hobi mainan Airsoftgun), mainan yang hanya sekedar mainan kok malah di salah gunakan, dan penggunaannya tidak pada tempat yang seharusnya, sehingga sering para pelaku hobi ini menjadi korban dari kepolisian, unit mainan yang mereka cintai di sita. Padahal Airsoftgun sendiri hanya merupakan mainan yang dapat dimainkan di lapangan atau tempat khusus, biasa disebut Wargame. Mirip dengan Paint Ball, namun yang membedakannya ada pada kemiripan dengan senjata api aseli, peluru mainan yang digunakan, dan mekanisme nya. Jika paintball menggunakan gas CO2, dan bentuknya tidak mirip senjata api asli, peluru paintball pun menggunakan bola sebesar kelereng berisi cat, sementara Airsoftgun bentuknya sangat mirip dengan senjata api aslinya, peluru mainan yang digunakan Airsoft pun berukuran kecil berbahan plastik (wajib disebut BB/ Ball Bullet dikalangan airsofter), jadi kalo terkena tubuh tidak akan sesakit jika terkena peluru paintball, menurut pengalaman saya juga yang pernah bermain paintball. 


Sedangkan dari segi mekanismenya pun berbeda, jika paintball menggunakan gas CO2 sebagai pendorong peluru karet cat nya, maka untuk mendorong laju BB pada airsoftgun menggunakan mekanisme Green Gas, Elektrik (disebut AEG "Automatic Electric Gun" dan LPEG "Low Performance Electric Gun"), dan Spring (hanya menggunakan per pegas sebagai mekanismenya), meskipun ada jenis airsoft yang memakai gas seperti halnya paintball, namun gas airsoft lebih soft dan ringan, berbeda dengan gas CO2 yang tekanannya sangat keras karena untuk mendorong peluru karet cat paintball dibutuhkan tenaga gas yang kuat juga. Apakah green gas airsoft bisa dipakai untuk paintball dan sebaliknya? Jawabannya bisa saja, namun jika green gas airsoft dipakai untuk paintball, tekanannya sangat rendah sehingga peluru paintball pastinya tidak akan keluar, jika sebaliknya gas CO2 dipakai untuk mainan Airsoftgun, mainan airsoftnya tidak akan bertahan lama, karena part airsoft dengan sistem mekanisme green gas itu sangat ringkih dibanding part paintball sehingga tidak kuat menahan gas CO2 yang terlalu kuat tekanannya, mempergunakan gas CO2 pada unit mainan Airsoft juga tidak diperbolehkan, karena akan menyakiti player/ pemain wargame airsoft yang lain. Untuk jenis Airsoftgun AEG dan LPEG, mekanismenya menggunakan batere dan sistem gearbox, di dalam sistem gearbox terdapat per dan piston yang gunanya untuk mendorong laju BB airsoft. Sementara Airsoftgun jenis Spring, hanya menggunakan per pegas sebagai tenaga utama untuk mendorong BB. Demikian sekilas tentang apa itu Airsoftgun. Yuk kita lanjut mbahas tutorial ngecatnya.

Bahan yang Dibutuhkan untuk Melakukan Pengecatan
Ternyata nih sob, bahannya itu sangat mudah untuk kita dapatkan, dan saya rasa cukup murah meriah juga. Diantaranya adalah cat semprot (bisa merek apapun) teman saya memakai Cat Semprot merek Pylox warna Hitam Doff/ Black Matte, kemudian cat semprot merek Diton warna Chrome, busa halus, dan yang terakhir kertas koran bekas.


Cara Pengecatan
Satu hal yang perlu saya tambahkan disini adalah, warna cat bisa memakai warna apapun, tidak harus warna hitam, namun sangat disarankan gunakan warna cat yang tidak glossy/ mengkilat, seperti yang teman saya gunakan, dia memakai warna hitam doff/ flat. Pertama-tama amplas dan bersihkan permukaan benda yang akan di cat dari debu, minyak, bekas cat lama, dan kotoran apapun, fungsinya agar cat mudah menempel, permukaannya halus dan tidak cepat lecet nantinya. Cat permukaan benda tersebut dengan warna cat sesuai selera sobat, saya sarankan pengecatan dilakukan sebanyak 3 lapisan, dengan jeda waktu tiap lapisannya sekitar 10 menit. Tunggu hingga benar-benar kering permukaan catnya, sekarang kita tinggal meng aplikasikan efek weathering metal atau besi yang lecet menggunakan cat semprot warna chrome, caranya dengan memakai koran bekas yang telah kita sediakan tadi, potong koran bekas seukuran smartphone sobat, semprotkan cat chrome ke permukaan koran, tunggu hingga cat chrome nya setengah mengering (jangan sampe kering), lalu gosokkan ke media atau benda lain guna memastikan apakah cat chromenya sudah bisa di aplikasikan ke permukaan benda yang akan kita weathering atau belum, jika dirasa sudah cukup, tinggal gosokkan kertas koran yang sudah di cat chrome tadi pada permukaan benda yang akan kita weathering secara perlahan-lahan dan teratur, biasanya pada benda yang sering dipakai, lunturnya cat ada pada bagian sudut-sudut benda tersebut atau bagian yang melekuk, karena sangat rentan terhadap goresan maupun sentuhan tangan. Langkah terakhir untuk finishingnya, gunakan busa halus agar permukaan benda hasil weathering terlihat lebih soft. Berikut penampakan lainnya unit Airsoftgun KAC PDW Byson yang telah di weathering oleh teman saya Teuku Darmansyah:



Demikian info tutorial yang saya dapat dari teman Facebook saya tersebut, saya juga berterima kasih kepada beliau karena telah berbagi pengetahuan yang berguna dan menarik buat saya dan teman-teman Airsofter lainnya, dan saya dokumentasikan tutorialnya didalam sebuah artikel ini agar sobat pembaca di manapun berada bisa juga mencoba tutorial yang menarik ini. Jika ada pertanyaan seputar tutorial diatas, sobat bisa isi pertanyaannya pada kolom komentar yang ada di bawah artikel saya ini atau bisa bertanya langsung kepada teman saya di sini. Terima Kasih, dan sampai jumpa di artikel lainnya. Jangan lupa untuk subscribe blog saya ^_^

0 comments

Post a Comment

Silahkan berkomentar sob, dilarang komentar konten pornografi, sara, penipuan, kata kotor, sumpah serapah, dan judi. Terima Kasih