Cara Menghilangkan Tanggal Postingan Blog di Hasil Penelusuran Google SERP

Hai sobat blogger, berjumpa lagi dengan artikel yang membahas tentang dunia blogging memblogging. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menyembunyikan atau menghilangkan tanggal terbitnya postingan artikel di hasil pencarian Google atau SERP. Jika sobat perhatikan pada saat mencari sebuah artikel di mesin pencari Google, tentunya sobat akan menemukan tanggal, bulan, dan tahun postingan artikel tersebut dibuat. Namun ada juga artikel yang tidak menampakkan tanggal postingan pada pencarian Google, loh kenapa berbeda-beda? Bukannya lebih bagus ya kalo tanggalnya ditampilkan? Yap, kalo secara default Blogger sendiri tidak menyembunyikan tanggal postingan artikel pada saat blog pertama kali dibuat, namun ternyata Blogger juga menyediakan opsi untuk tidak menampilkan tanggal di buatnya artikel.

Berdasarkan pengalaman saya sendiri ketika ingin mencari artikel di  Google, yang saya cari dan pilih adalah postingan artikel terbaru dan mejeng di posisi halaman pertama pencarian Google. Kenapa saya lebih memilih artikel terbaru? Sebab, isi artikel tentunya akan mengikuti perkembangan terbaru saat ini. Saya jujur merasa malas ketika melihat artikel di hasil pencarian Google yang tanggal pembuatan artikelnya sudah cukup lama, semisal artikel yang di buat di tahun 2012 ke bawah, terkadang informasinya sudah ketinggalan jaman dan tutorialnya sudah tidak bisa diterapkan di tahun 2016 ini, bisa di bilang artikelnya sudah kadaluarsa. 
Cara meningkatkan SEO pada blog kita
Namun tidak semua artikel jadul itu kadaluarsa, biasanya ada beberapa niche artikel yang memang tidak akan lekang oleh waktu, akan terus berguna informasinya, biasanya artikel tersebut yang bertemakan tentang sejarah, otobiografi, biografi, dan lain-lain. Seperti yang telah saya tulis diatas, ada juga postingan artikel yang tidak muncul tanggal pembuatan artikelnya di pencarian Google. Hal ini tentunya ada maksudnya loh sob, yaitu agar ketika suatu saat artikelnya sudah berumur, tidak akan dianggap kadaluarsa oleh orang yang melihat artikelnya di pencarian Google karena tanggal pembuatan artikelnya sudah di sembunyikan, ya meskipun ada resiko artikelnya tidak akan di baca sampai habis ketika pengunjung mengetahui bahwa informasinya sudah kadaluarsa, namun bagi pemilik blog sendiri hal itu tidak masalah karena dia sudah mendapatkan visitor yang mengunjungi blognya. 

Sekarang pertanyaannya, apakah menyembunyikan tanggal postingan artikel di pencarian Google dapat berdampak negatif bagi blog dan visitor kita? Karena saya juga seorang visitor, terkadang memang beberapa blog yang menyembunyikan tanggal postingan artikel membuat saya merasa sudah buang-buang waktu berkunjung ke blog tersebut, jika saya mendapatkan informasi yang sudah tidak up to date, dampak buruknya mungkin si visitor tidak akan berkunjung kembali karena tidak mendapatkan manfaat dari blog tersebut. 

Namun sobat tidak perlu khawatir terhadap blog yang menyembunyikan tanggal postingan artikelnya jika suatu saat menjadi calon visitor, ada beberapa kiat yang saya dapatkan berdasarkan pengalaman pribadi: 

- Ketiklah kata kunci yang lebih spesifik jika ingin mencari artikel blog yang up to date/ tidak kadaluarsa, semisal dengan menuliskan bulan dan tahun tertentu (Contoh: Cara Mendaftar Facebook Terbaru 2016), pastinya Google akan menampilkan artikel blog yang relevan dengan kata kunci judul yang sobat ketikkan di pencarian Google.

- Pilih dan bacalah dengan cermat Judul dan deskripsi hasil pencarian artikel (Lebih diutamakan fokus pada deskripsi penelusurannya). Dengan demikian sobat akan mendapatkan artikel yang sesuai dengan harapan sobat.

Jadi sebenarnya, menyembunyikan tanggal postingan artikel di mesin pencari Google hanya bertujuan agar artikel kita tidak dianggap kadaluarsa oleh calon visitor ketika muncul di hasil pencarian Google, kata beberapa mastah cara ini juga bertujuan agar blog kita lebih SEO, lebih SEO nya ya itu tadi (Agar mendapatkan visitor meskipun artikel blognya sudah kadaluarsa). Saya sendiri sebelumnya lebih suka menampilkan tanggal pembuatan artikel, karena visitor yang mengunjungi blog saya akan memilih artikel saya sesuai apa yang visitor butuh dan perlukan tentang informasi yang saya sajikan. 

Namun beberapa waktu yang lalu sebelum artikel ini di buat, saya mencoba melakukan eksperimen untuk menghilangkan tanggal postingan artikel saya di mesin pencari Google. Ternyata caranya cukup mudah, simpel dan sederhana. Jika sobat ingin mencoba menyembunyikan tanggal postingan artikel sobat di mesin pencari Google, saya akan membantu sobat memberikan langkah-langkah bagaimana cara menyembunyikan tanggalnya. Berikut penampakan artikel blog ini di mesin pencari Google setelah tanggalnya saya sembunyikan:

Langkah-langkah Menyembunyikan/ Menghilangkan format penanggalan pada Postingan Artikel Agar Tidak Terlihat di Mesin Pencari Google:

1. Masuk ke akun blogger sobat, pilih menu "Lay Out/ Tata Letak", kemudian cari gadget "Main Blog Posts", klik "Edit". Untuk lebih jelasnya sobat bisa lihat gambar di bawah ini:
2. Setelah sobat klik "Edit", maka akan muncul tab browser baru "Configure Blog Posts/ Konfigurasi Postingan Blog", pada "Post Page OptionS/ Opsi Halaman Postingan" hilangkan tanda centang pada format penanggalan dan format waktu yang saya beri kotak warna orange. Lalu klik "Save/ Simpan". 

3. Dengan melakukan langkah diatas, berarti sobat sudah menghilangkan/ menyembunyikan tanggal yang ada di dalam artikel blog dan hasil pencarian Google. Langkah selanjutnya, sobat tinggal membuat postingan artikel baru lalu publish untuk mengecek apakah tanggal nya sudah benar-benar hilang atau belum. Catatan: Untuk artikel-artikel lama, tanggalnya masih akan terlihat di mesin pencari, kenapa demikian? Sebab mesin pencari membutuhkan waktu cukup lama untuk mendata kembali perubahan yang baru diterapkan ke blog kita, bisa berminggu-minggu, bahkan bulanan. Namun untuk artikel yang baru di buat, tanggal pembuatan artikelnya sudah hilang di mesin pencari Google.

Tidak ada salahnya bagi sobat untuk mencobanya, namun efek atau imbas yang akan terjadi bisa saja mengurangi citra blog sobat di mata pengunjung apabila pengunjung merasa tidak puas dengan isi artikel sobat, seperti yang sudah saya jelaskan diatas sebelumnya. Namun sekali lagi, itu hanya merupakan anggapan saya saja, beberapa blogger lain malah menyarankan cara ini agar blog/ website kita lebih SEO.

Demikian artikel tentang bagaimana cara menghilangkan tanggal postingan artikel pada hasil pencarian Google. Semoga info ini dapat berguna. Terima kasih sudah berkunjung, dan sampai jumpa lagi di artikel saya yang lain.

UPDATE:
Pada update ini saya akan memberitahukan tentang cara mudah untuk melihat artikel mana yang sudah dihilangkan tanggal postingannya, dan artikel mana yang belum hilang tanggal postingannya, caranya cukup mudah. Sobat tinggal ketikkan "site:huzenify.blogspot.com" pada kolom pencarian Google. Ganti tulisan warna orange dengan alamat url blog sobat, kemudian tekan Enter untuk melihat hasilnya. Contohnya seperti gambar di bawah ini. Klik kanan pada gambar lalu pilih "Open in new tab" untuk melihat gambarnya di tab browser baru agar terlihat lebih jelas.

CATATAN: Untuk melihat hasil pencarian yang lebih optimal, tunggu sekitar 1 atau 2 bulan untuk melihat hasil pencarian artikel yang sudah hilang tanggal postingannya, memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melihat hasil tanggal postingan yang dihilangkan pada artikel lama, namun untuk artikel yang baru, hasilnya bisa langsung dapat diketahui sesaat setelah artikel diposting.
Comments
11 Comments

11 comments:

  1. Terimakasih atas tutorial pengoptimalan SERPnya.. Sangat membantu pemula seperti saya ini.. Salam Blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga sob sudah mampir dan singgah di blog ini. Saya sangat senang jika artikel saya dapat membantu kawan-kawan blogger. Salam Blogger

      Delete
  2. Perkenalkan juga, saya huzen, admin dari blog ini. Terima kasih sudah berkunjung di blog saya. Kumpulbagi merupakan jasa hosting yang keren dan sangat user friendly, saya suka sekali, apalagi kemudahan fitur untuk mendownload bermacam file. Saya akan coba memikirkannya dahulu untuk berpindah ke hosting file yang lain. Sekali lagi terima kasih atas infonya ^^

    ReplyDelete
  3. saya udah terapin anti ceklis di blog post tapi tanggal postingan masih muncul. padahal postingan 1 bulan lalu, gimana cara lain sob? apa dari templatenya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa postingan saya juga ada yang masih menampilkan tanggal pembuatan artikel mas, padahal artikelnya sudah cukup berumur. Entah apa penyebab masalahnya, saya juga masih belum menemukan solusinya, tetapi mayoritas artikel yang saya buat sudah hilang tanggal postingannya. Um mungkin masih menunggu beberapa waktu lagi mas biar hilang tanggal postingannya

      Delete
    2. Apakah ada cara lain selain dari setting layout tersebut? karena saya juga masih tampil tanggalnya. Apa mungkin bisa dilakukan dari temolate?

      Delete
  4. terima kasih gan atas informasinya, ternyata ada alasannya juga kenapa tanggal update blog ane gak muncul dari awal launching blog. ternyata juga memang sudah bawaan dari template blog ane juga.

    monggo gan mampir - mampir ke blog ane www.pergipedia.com

    ReplyDelete
  5. mas mau tanya, kalau di wordpress gmn ya? yang jadi masalah tanggalnya muncul tetapi tidak sesuai, contoh saat ini tanggal 21 september 2016, tetapi di search engine google tanggal yang muncul 30 september 2016, jadi tanggal maju terlalu cepat

    ReplyDelete
  6. bermanfaat bangat sudah saya terapkan di blog www.cararudi.com

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sob, dilarang komentar konten pornografi, sara, penipuan, kata kotor, sumpah serapah, dan judi. Terima Kasih