Review Paket Keyboard Dan Mouse USB Advance KB3508 Dan KM508

Kali ini saya akan mereview satu paket Keyboard dan Mouse dari Advance Digital, serial untuk keyboardnya yaitu KB 3508, sementara mousenya KM 508. Kenapa saya katakan satu paket? Karena memang dalam kemasan Box nya terdapat sebuah keyboard dan sebuah mouse. Paket keyboard dan mouse advance ini sebenarnya tidak sengaja saya beli karena merupakan barang pengganti dari pembelian keyboard mini saya yang rusak, berhubung keyboard mininya tidak ada stok lain maka saya ditawarkan beberapa alternativ penggantinya, salah satunya ya paket keyboard dan mouse Advance ini. Namun karena harganya lebih mahal daripada keyboard mini saya yang rusak, maka saya perlu menambahkan uang sebesar 20rb rupiah, jika harga keyboard mini saya seharga 65rb, dan uang yang saya tambahkan 20rb rupiah, maka kisaran harga paket keyboard dan mouse Advance ini 85rb rupiah.

Saya sebenarnya juga kaget kalau ternyata di dalam paket penjualannya ada mouse, padahal sebelumnya saya kira cuma dapet keyboard aja. Hmm berarti cukup murah meriah yah paketan keyboard dan mouse dari Advance ini, trus soal kualitasnya bagaimana nih? Ok, akan kita bahas nanti sob. Keyboard ini cukup familiar di mata saya,sebelumnya saya pernah melihat keyboard ini di warnet game tempat saya kerja dulu, namun kondisinya sudah rusak cukup parah, tombolnya ada beberapa yang hilang. Hmm, wajar saja karena kebanyakan gamer warnet sangat ngawur memperlakukan keyboard dan mouse, makanya sering cepet rusak. Tetapi sebenarnya jika ingin awet dan tahan lama ada solusinya lho, beli saja keyboard dan mouse yang berkualitas, bukan yang murahan tetapi build qualitynya macam kerupuk. Nah, di artikel inilah saya juga akan membahas tentang build quality dari paket keyboard dan mouse Advance ini. Apakah dengan harga murahnya menjamin keawetan dan daya tahannya? Atau malah sebaliknya? Yuk simak terus tulisan ini.

seri keyboard advance kb5308 dan km508

Sayangnya saya lupa memfoto mousenya, jadi pada gambar diatas cuma terlihat keyboardnya saja hehe. Setelah melihat sekilas penampakannya diatas, bagaimana pendapat sobat tentang keyboard Advance ini? Keren? Atau biasa aja? Kalau menurut saya sendiri sepintas cukup keren ya, seperti keyboard gaming, pada tombol W,S,A,D dan tombol Arahnya dibubuhi warna merah. Yuk kita bahas satu persatu reviewnya.

1. Box Kemasan

Box kemasannya menggunakan karton yang cukup tipis dengan dominan warna merah kehitaman, terlihat cukup menarik. Selain itu terlihat juga penampakan gambar keyboard dan mousenya. Anehnya pada saat saya disodorkan paket keyboard dan mouse Advance ini oleh karyawan tokonya, saya tidak melihat penampakan mouse, mungkin karena kurang fokus saja yah hihi.


Jika kita balik dan melihat pada bagian bawah boxnya terdapat keterangan atau informasi tentang fitur dan spesifikasi dari paket keyboard dan mouse Advance ini.


2. Paket Penjualan

Ok langsung saja kita buka box kemasannya sob, namun sayangnya pada saat ingin membukanya ternyata tidak di segel sebuah stiker sebagai pengaman dan penanda kalau barang tersebut masih baru/ belum dibuka, mungkin karena produk Keyboard dan Mouse Advanced ini murahan kali ya, dan bukan kelas elite jadi tidak perlu adanya segel (hanya pendapat saya hehe).


Menilik ke dalam, terlihat keyboard dan mouse hanya dibungkus plastik tipis transparan, tanpa bubble wrap atau karton tambahan sebagai pelindung goncangan. Wah bener-bener beresiko sekali ya kalo box kemasannya secara tidak sengaja jatuh, bisa-bisa ambyar ancur mouse dan keyboardnya dah hehe (jangan sampe), seperti yang tadi sudah saya tulis bahwa berhubung produk advance yang satu ini tergolong kelas bawah dan murah meriah, maka tidak ada yang spesial dari pengemasannya/ packagingnya, yah cuma ala kadar dan apa adanya.

Untuk paket penjualannya, seperti yang sobat lihat pada gambar, cuma ada 1 unit keyboard, dan 1 unit mouse, tanpa ada yang lain selain plastik pembungkus, daaan tanpa manual book juga.

3. Penampakan dan Desain


- Keyboard
Setelah pembungkus plastiknya dibuka, terlihat keyboard advance ini memiliki desain yang melengkung atau menyudut pada bagian atasnya, bentuknya mirip gambar "Folder". Pada bagian ini terdapat tombol multimedia seperti tombol Home, E-Mail, Play/Pause, Stop, Previous, Next, Volume Up dan Down, dan Mute. Seperti keyboard standar lainnya, susunan tombol-tombolnya sama namun lebih padat dan rapat, serta terlihat simpel.

review gaming mouse dan gaming keyboard

Lampu LED dari keyboard ini berwarna hijau, yang akan menyala saat kita menekan tombol Capslock, Scroll Lock, dan Num Lock. Salah satu yang paling saya suka dari keyboard ini adalah tombol W,S,A,D dan tombol arahnya ditandai dengan warna merah, sepertinya memang keyboard ini ditujukan juga buat gaming yah. Pada tombol spasinya terdapat tulisan marking "Advance Digital".

Pada saat menekan setiap tombol-tombolnya terasa begitu ringan, namun jika saya perhatikan kualitas material dari keyboard Advance ini terasa cukup rapuh, tipis dan mudah remuk. Tetapi semua tergantung dari cara memperlakukannya juga, jika dipakai secara kasar tentunya akan cepat merusak keyboard dan memperpendek umur keyboard.


Di bagian bawah keyboard, terdapat dua buah kaki yang dapat dilipat, berguna untuk menaikkan posisi keyboard sisi bagian depan agar menambah kenyamanan saat mengetik. Kabel USB nya pun cukup panjang sob.

- Mouse
Setelah melihat mouse Advance ini, desainnya cukup unik loh sob. Bentuknya pipih/ slim, tidak seperti mouse kebanyakan, dengan balutan warna orange pada tiap sisinya membuat mouse ini semakin tambah unik dan menarik, namun pada saat saya menggunakannya kurang begitu nyaman di genggaman, mungkin karena bentuknya yang pipih.


Saya juga suka balutan warna hitam doff nya yang ada pada bagian atas mouse, logo Advance Digital pun tak lupa ditampilkan. Bagaimana menurut sobat soal desain mouse ini?

4. Spesifikasi


Fitur Keyboard:
- Super Tipis, dan desainnya fasionabel
- Tinggal pasang dan mainkan
- Kabelnya memiliki panjang 1 meter lebih 50 cm
- Tombol tidak berisik dan tahan terhadap air
- Tahan lama sampai lebih dari 10.000.000 ketikan

Fitur Mouse:
- Ekonomis, tipis, dan desain ergonomic
- Plug and Play
- Panjang kabel 150cm
- Lembut dan tidak ada suara brisik saat scrolling sehingga memudahkan dalam navigasi
- Performa tinggi 1000 DPI
- Tahan lama sampai 5.000.000 lebih klik

Spesifikasi lain:
- Input Voltage 5 Volt DC
- Suhu saat beroperasi 0 sampai 50 Derajat Celcius
- Kelembaban Relatif 20% sampai 90%


5. Kekurangan dan Kelebihan


Kekurangan:
- Box karton pembungkus tidak bersegel, dan tidak dilengkapi bubble wrap sehingga rentan rusak jika terjatuh
- Build Quality berkualitas rendah, plastik tidak begitu padat dan tipis, hal ini wajar untuk keyboard murah dari Advance ini.
- Desain mouse terlalu slim sehingga kurang nyaman di genggaman

Kelebihan:
- Desain yang slim dan menarik, simpel, sederhana
- Tombol WSAD dan arah yang diberi warna merah membuat keyboard ini semakin menarik layaknya keyboard gaming.
- Terdapat tombol Multimedia yang fungsional
- Harganya yang murah


6. Kesimpulan

Dengan harganya yang sangat murah Rp. 85.000, wajar saja jika build quality/ kualitas materialnya tidak memuaskan. Namun jangan salah keyboard Advance ini ada tombol multimedianya lo, sehingga dapat memudahkan kita dalam mengoperasikan komputer. Selain itu sisi yang paling menonjol dan menarik ada pada warna tombol WSAD dan tombol arahnya yang dibalut dengan warna merah layaknya keyboard yang dikhususkan untuk gaming.

Demikian review saya tentang Paket Keyboard dan Mouse Advance murah meriah, semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi sobat yang sedang membutuhkan informasi tentang produk ini. Terima kasih sudah berkunjung, sampai jumpa di artikel review lainnya.
Comments
1 Comments

1 comments:

Silahkan berkomentar sob, dilarang komentar konten pornografi, sara, penipuan, kata kotor, sumpah serapah, dan judi. Terima Kasih