Mengapa Iklan Adsense Tidak Mau Tampil di Salah Satu atau Beberapa Postingan Blog

Pernahkah sobat mengalami hal ini, ketika Iklan AdSense pada salah satu postingan artikel blog sobat tidak mau muncul atau tampil, padahal di postingan artikel yang lain iklannya normal, tampil dengan baik. Kenapa hal ini bisa terjadi hanya pada satu atau sebagian post saja? Yuk mari kita kupas tuntas pada artikel ini. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya beberapa hari yang lalu, pada saat saya membuat/ mempublish artikel baru kok iklan AdSense saya gak mau tampil-tampil ya? Udah nunggu beberapa lama, bolak-balik refresh halaman juga hasilnya tetep sama saja, iklannya gak muncul-muncul.

Hal yang saya rasakan saat itu adalah kebingungan dan sedikit rasa kecewa, sebab artikel yang sudah saya buat seharian full ternyata iklan AdSense nya gak muncul-muncul, duh percuma donk gak dapat pemasukan dari AdSense kalo kayak gini caranya, hehe. Akhirnya saya putuskan untuk menunggu saja sampai esok hari. Setelah saya cek lagi, eh ternyata masih sama saja sob, iklannya masih belum mau menampakkan batang hidungnya, duh aduduh kenapa ya? (Catatan: Sampai di poin ini saya belum memeriksa apakah iklan AdSense pada postingan artikel saya yang lain mengalami masalah juga).

Waduh jangan-jangan akun AdSense saya kena pentungan dari mbah Google nih? Tapi masalahnya apa, padahal saya kan maen AdSense di jalur yang benar. Akhirnya saya coba membuka email, dan ternyata tidak ada E-Mail pemberitahuan apa-apa dari mbah Google jika akun AdSense saya bermasalah. Kan bener, akunnya aman gak ada masalah. Hmm, semakin membuat bingung saja nih. Kemudian saya berinisiatif untuk coba membuka postingan blog saya yang gak muncul iklan AdSensenya di HP, pas buka beranda/ Home iklannya muncul tuh, tapi pas buka postingan artikel yang bermasalah di HP ternyata juga sama saja, iklannya tidak muncul.

Di Homepage blog iklannya muncul, tapi kenapa kok di postingan artikelnya enggak. Saya coba minjam HP istri untuk mengeceknya, dan sama saja. Saya coba clear Cache browser HP nya juga masih sama saja, iklannya belum juga tampil. Oh iya, saya juga mencoba untuk Clear Cache browser Chrome yang ada di laptop, hasilnya? Pasti tau kan hasilnya, masih nihil. Saya coba buka artikelnya di beberapa browser seperti Mozilla, dan Opera sama saja. Wah makin pening nih kepala. Anehnya, saya kok gak kepikiran ya untuk membuka artikel blog saya yang lain, apakah iklannya juga tidak muncul.

Baru ketahuan kalau yang bermasalah cuma satu artikel itu pada saat saya ingin membalas komentar para pembaca blog di artikel lain, dan ternyata iklan di artikel itu tampil normal dengan gagahnya sob. Waaaaaaaa, stres stres! kenapa gak saya cek aja artikel lainnya sedari awal. Memang terkadang seperti itu sob, karena saking panik dan mungkin lagi banyak pikiran, jadi hal yang sangat simpel pun ta terpikirkan, hehe. Untuk lebih memastikannya lagi, saya coba membuka artikel bermasalah tersebut di komputer lain, dan benar iklannya gak tampil.

kok iklan adsense di blog saya belum muncul ya?


Cara Mengatasi Iklan AdSense yang Tidak Tampil/ Muncul Pada Salah Satu Artikel Blog

Setelah saya mengetahui bahwa ternyata hanya satu artikel saja yang memiliki masalah iklan AdSensenya tidak muncul, bisa saya simpulkan bahwa ini pasti ada sesuatu di postingan tersebut, entah terlalu banyak kode HTML yang semrawut, maupun gambar yang tidak tersusun dengan rapi. Saya akui sob, artikel yang bermasalah itu memiliki penempatan dokumentasi gambar yang acak adut, acak-acakan. Mungkin terlalu banyak spasi, dan posisi letak gambarnya tidak seperti biasanya, karena pada saat membuat artikel tersebut, saya ingin mencoba menempatkan foto diposisi yang lain.

Awalnya saya berpikir mungkin itu masalahnya, namun setelah saya coba reset/ remove semua format kode yang ada di editor HTML postingan, dan memperbaikinya, iklannya masih saja tidak tampil. Sempat mikir kalo perubahan itu membutuhkan waktu, mungkin bisa berjam-jam bahkan berhari-hari lamanya. Namun karena saya tidak sabaran, saya memutuskan untuk membuat postingan baru saja dengan isi konten yang sama, dan postingan lama yang bermasalah saya hapus. Apa tidak apa-apa nantinya jika artikel itu dihapus, lalu diganti dengan artikel yang sama, tar bisa-bisa kena teguran dari mbah Google karena duplikat konten.

Ada salah satu artikel yang saya baca dari blognya mas Didin Ajidin (strukturkode.blogspot.com) linknya saya lupa sob, di artikel tersebut dijelaskan bahwa tidak ada masalah jika ingin menghapus artikel blog yang masih baru, karena masih baru, jadi artikel tersebut tentunya belum terindeks sempurna oleh Google di mesin pencarinya, kecuali jika artikel yang dihapus adalah artikel yang sudah mendarah daging/ sudah lama terindeks di mesin pencari, maka perlu beberapa perlakuan khusus untuk mengatasinya, yaitu dengan me_Redirect link URL yang telah mati ke link URL yang baru.

Kembali ke masalah iklan AdSense yang tidak mau tampil di salah satu postingan artikel saya, sampai mana tadi ya? Hehe, jadi lupa niy. Oh iya sampe di poin "membuat postingan baru dengan isi konten artikel yang sama". Semoga saja dengan membuat postingan baru, iklan AdSense nya bisa tampil tampil, dan benar saja sob setelah saya klik publish artikelnya lalu membuka artikelnya iklan AdSensenya tampil normal seperti biasa, tidak ada satupun iklan AdSense yang hilang seperti pada satu postingan artikel saya yang bermasalah.

Berarti memang benar dugaan saya bahwa yang bermasalah ada pada postingannya, entah kode HTML nya atau apa saya juga kurang tahu pasti, yang jelas saya sudah mencoba berbagai macam cara namun tidak ada yang berhasil mengatasi masalah tersebut, kecuali membuat postingan artikel yang baru.

Inilah cerita dan pengalaman saya sob, jika sobat memiliki masalah yang sama persis seperti saya, jika postingan artikel sobat yang bermasalah masih baru di publish, mending buat postingan baru saja sob, daripada capek-capek kayak saya tanpa hasil. Hehe. Jika sobat ada pertanyaan, maupun memiliki saran yang lebih baik boleh donk tuliskan di kolom komentar artikel ini, itung-itung saling sharing masalah dan pengalaman.

Yup, cukup ini saja sob, terima kasih sudah berkunjung di blog huzenify, semoga informasi yang saya berikan dapat memberikan pencerahan dan sedikit ilmu bagi sobat. Sampai jumpa lagi di artikel lainnya.
Comments
18 Comments

18 comments:

  1. Great to see that someone still understand how to create an awesome blog.
    The blog is genuinely impressive in all aspects.
    Great, love it.
    raja poker

    ReplyDelete
  2. haduhh gan... kalau yang terjadi pada saya artikel lama yang sudah nangkring di page one gan, masa iya mau saya hapus.... pusing nih...

    ReplyDelete
  3. Saya juga pernah mengalamni hal begitu gan, iklan tidak tampil. Dan setelah ditelusuri ternyata ada beberapa settingan HTML yang salah. AKhirnya kembali muncul setelah blog diperbaiki.

    ReplyDelete
  4. makasih infonya gan, kebetulan ada teman yang mengalami hal seperti ini

    ReplyDelete
  5. makasih infonya gan, ini sangat membantu dalam permasalahan pada blog saya. Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  6. mentap banget ne....akhirnya a Iklan Adsense saya munjul juga ne. Thank ya om.

    ReplyDelete
  7. Terima kasih untuk berbagi posting yang bagus.

    ReplyDelete
  8. thanks untuk postingnya. kebetulan saya mempunyai khasus seperti ini

    ReplyDelete
  9. saya juga mengalami hal yang serupa! iklan nggak muncul hanya pada salah satu postingan saja sementara postingan lain iklan muncul dengan normal... Bahkan meski setelah hapus dan post artikel ulang tetap saja nggak muncul... Bingung kenapa??/

    ReplyDelete
  10. makasih gan, nice article, sangat bermanfaat sekali :D

    ReplyDelete
  11. apabila sebelumnya muncul ketika masih blogspot. nah setelh migrasi tidak ada yg muncul di artikel. tapi di home muncul.

    ReplyDelete
  12. Ternyata artikel yang berantak dapat membuat iklan tidak tampil, jadi kalau buat artikel kita harus menata hingga rapi.

    Makasih: 8 Alasan dan cara mengatasi iklan yang tidak muncul

    ReplyDelete
  13. Semoga ada update artikel soal ini min.
    Karena ada beberapa artikel saya yg iklannya nggak muncul

    Utk masalah HTML kayak nya nggak om, Krn saya buat artikel di Compose.

    ReplyDelete
  14. Saya juga memiliki masalah seperti ini, terutama di artikel lama
    Artsoulinc

    ReplyDelete
  15. wahh makasih informasinya gan, saya juga punya artikel beberapa iklan adsensenya tidak muncul, jadi saya edit-edit postingan tersebut, dan berhasil muncul lagi iklannya.

    ReplyDelete
  16. postingannya sangat berguna banget tentang ilkan google yang tak mau tampil....terimakasih sudah berbagi informasinya

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sob, dilarang komentar konten pornografi, sara, penipuan, kata kotor, sumpah serapah, dan judi. Terima Kasih