Cara Menginstal Emulator PSP dan PS1 (ARK-2) pada PS VITA 3.60 dan 3.63 Firmware

Hai sobat, lama tidak menulis sebuah artikel. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah cara tentang bagaimana kita dapat melakukan instalasi emulator PSP ARK-2 pada PS VITA kita dengan firmware 3.60 (Henkaku), maupun firmware 3.63. Jika sobat doyan maupun penasaran ingin memainkan game PSP dan PS1 di PS VITA nya, ARK-2 ini dapat merealisasikan keinginan kalian untuk bermain game-game PSP dan PS1. Untuk melakukan instalasi ARK-2, PS VITA sobat tidak perlu di HACK, sebab instalasi ARK-2 ini murni hanya melakukan COPY dan PASTE antara konsol PS VITA dan Komputer.

Namun sayangnya, untuk saat ini ARK-2 tidak dapat di instal di firmware yang paling baru, yaitu firmware 3.65, sebab dari pihak SONY sudah mempatch firmwarenya agar ARK-2 tidak dapat bekerja pada PS VITA yang berfirmware 3.65. Nah bagi sobat yang firmware PS VITA nya masih 3.63 dimohon untuk jangan beranjak dulu ya ke firmware 3.65 hehehe. "Tapi kalo gak update nanti gak bisa akses Plastation Store donk", eits bisa kok sob, untuk caranya mengakses Playstation store pada firmware 3.63 akan saya jelaskan pada artikel berikutnya yah.


Ok langsung saja kita memulai tutorialnya sob, intalasi ARK-2 ini memerlukan beberapa software dan Tools yang harus kalian download nantinya di akhir artikel ini. Berikut beberapa software dan peralatan yang sobat perlukan untuk melakukan instalasi ARK-2:

1. PSP Game DEMO Version (Free di PS Store)

PSP Game DEMO yang dapat kalian download gratis di Playstation Store (Untuk mengakses PS Store di firmware 3.63 sobat bisa kunjungi link artikel ini). Game PSP Demo ini berfungsi sebagai game yang akan dimodifikasi/ di patch oleh software PSVimgtools, sehingga nantinya dapat dijadikan sebagai emulator ARK-2.

Apabila region ID PSN kalian adalah region Indonesia / dalam mata uang Rupiah di Playstation Storenya, kalian tidak akan dapat menemukan maupun mendownload satupun game DEMO PSP sebagai syarat pertama untuk melakukan instalasi ARK-2 ini, maka dari itu bagi sobat yang hanya memiliki ID PSN Region Indonesia, saya sarankan untuk membuat ID PSN baru Region Amerika/ US, namun bagi sobat yg ID PSN nya udah region US, sobat dapat mendownload 2 game PSP Demo yaitu "Petz Saddel Club" dan "Locco Rocco"

2. Content Manager QCMA

Berfungsi sebagai media transfer antara PS VITA dan Komputer kalian, saya sarankan sih menggunakan QCMA ini, karena fiturnya lebih lengkap dan stabil dalam proses mentransfer file apapun baik dari PS VITA ke komputer, maupun dari Komputer ke PS VITA.

3. Psvimgtools

Software ini berguna nantinya untuk melakukan patch pada game PSP Demo, agar game PSP tersebut bisa di instalasi/ dimasukkan/ dirubah menjadi emulator ARK-2.

4. FW360 ARK pboot bubble

Ini adalah file .PBP ARK-2 yang akan kita copy atau transferkan kedalam PS VITA kita agar kita dapat memainkan game-game PSP maupun PS1 di PS VITA.


I. Cara melakukan instalasi ARK-2

Setelah semua software dan peralatan sudah dikumpulkan, sekarang saatnya kita melakukan eksekusi. Pertama-tama instal software QCMA pada komputer sobat, setelah terinstal, komputer sobat sudah dapat melakukan transfer file dari PS VITA ke komputer maupun dari Komputer ke PS VITA.

Sekarang buka software QCMA yang sudah sobat instal tadi, lalu QCMA nya nanti akan muncul di bagian Task bar windows yang letaknya di pojok kanan bagian bawah (tempat dimana sobat biasanya melakukan "Safely Remove Hardware dari USB"), untuk lebih jelasnya sobat bisa lihat gambar ini:

Playstation Content Manager
Lakukan klik kanan pada icon QCMA tersebut, kemudian pilih SETTINGS, maka akan tampilan keseluruhan QCMA baru akan muncul. Nah disinilah sobat dapat melihat lokasi/ direktori file PS VITA yang akan tersimpan di komputer kita, sobat sendiri dapat mengubah sendiri lokasi filenya, namun saya sarankan kepada sobat agar direktori tersebut biarkan saja seperti default/ aslinya biar gak pusing nantinya hehehe.


Pada kotak berwarna merah itulah "Applications/ Back Ups"nantinya kita akan disibukkan oleh copy dan paste file seputar ARK-2 hehe. Setelah QCMA berhasil terinstal, sekarang saatnya kita beralih ke langkah selanjutnya yaitu mengcopy file "FW360 ARK pboot bubble" ke dalam PS VITA kita. Koneksikan PS VITA sobat ke PC melalui kabel USB.

Jika sobat sudah mendownload file FW360 ARK pboot bubble_nya, tinggal ekstrak saja menggunakan WINRAR, dan sobat akan menemukan folder "ARK_01234". copy folder tersebut dan pastekan ke dalam folder Applications/ Back Up dari QCMA yaitu folder "ed18b0b0c74d1252", yang berlokasi di "C:\Users\ID PC sobat\Documents\PS Vita\PSAVEDATA\ed18b0b0c74d1252" perlu sobat ketahui bahwa nama folder ed18b0b0c74d1252 ini berbeda-beda di setiap komputer, tergantung dari konsol PS VITA sobat (kode ini akan muncul otomatis setelah sobat mengkoneksikan konsol PS VITA ke komputer melalui kabel USB).

Selanjutnya kita beralih ke konsol PS VITA sobat, buka aplikasi Content Manager - Copy Content -

Bersambung . . . . . . . . . . . 

0 comments

Post a Comment

Silahkan berkomentar sob, dilarang komentar konten pornografi, sara, penipuan, kata kotor, sumpah serapah, dan judi. Terima Kasih