Cara Melindungi Artikel Blog Dari Tindakan Plagiat Atau Copy Paste

Hai sobat blogger, pada kali ini saya akan memberikan Tutorial tentang bagaimana cara melindungi artikel blog sobat dari tindakan plagiarisme atau penjiplakan, bahasa singkatnya copy paste artikel untuk disalah gunakan. Penyalahgunaan yang dimaksud disini adalah, tindakan penjiplakan hak cipta seseorang untuk diambil keuntungan buat sang jiplakers itu sendiri. Untuk mencegah hal tersebut maka blog sobat perlu adanya fungsi anti Copy Paste, yang membuat para oknum tersebut tidak dapat melakukan klik kanan pada artikel yang mereka inginkan untuk dijiplak. Agar blog sobat bisa memiliki fitur anti Copy Paste tersebut, sobat perlu memasukkan kode CSS.

  1. Langkah-langkah untuk menerapkan kode CSS anti Copas tersebut adalah, sobat masuk ke menu "Template", kemudian pilih "Edit HTML"
  2. Gunakan fungsi "CTRL+F" untuk mencari kode ]]></b:skin> atau bisa juga </style>
  3. Setelah kode tersebut ditemukan, copy kode CSS anti Copy Paste dibawah ini dan Paste kan tepat diatas kode ]]></b:skin> atau </style> 
  4. .post-outer {
    -webkit-touch-callout:none;
    -webkit-user-select:none;
    -khtml-user-select:none;
    -ms-user-select:none;
    -moz-user-select:none;
    }
  5. Sekarang tinggal save template sobat

Dengan menambahkan fitur anti Copy Paste diatas maka setiap artikel yang ada di blog sobat akan terjaga dari tindakan plagiarisme, yang pada saat ini sungguh sangat meresahkan para Publisher yang benar-benar membuat sendiri karya mereka dengan setulus hati. Sebenarnya, selain memakai kode CSS, menggunakan kode Javascript pun bisa digunakan sebagai fitur anti Copy Paste, mungkin saya akan bahas pada artikel selanjutnya. Jika sobat ada pertanyaan seputar masalah diatas, sobat bisa isi kolom komentar di bawah artikel ini, saya dengan senang hati akan menjawab masalah sobat. Sekian dari saya, sampai jumpa lagi di artikel lainnya.
Baca juga: Cara Menonaktifkan Script Anti Copy Paste Pada Bagian Tertentu Artikel Blog
Comments
4 Comments

4 comments:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perkenalkan juga, saya huzen, admin dari blog ini. Terima kasih sudah berkunjung di blog saya. Kumpulbagi merupakan jasa hosting yang keren dan sangat user friendly, saya suka sekali, apalagi kemudahan fitur untuk mendownload bermacam file. Saya akan coba memikirkannya dahulu untuk berpindah ke hosting file yang lain. Sekali lagi terima kasih atas infonya ^^

      Delete
  2. work gan thanks ya

    salam kenal http://www.mastahbloging.com/

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sob, dilarang komentar konten pornografi, sara, penipuan, kata kotor, sumpah serapah, dan judi. Terima Kasih