Review Card Reader Transcend RDP8 Card Reader yang Awet dan Berkualitas

Card Reader merupakan alat pembaca kartu memori yang sering sekali kita gunakan guna membantu kita mengcopy file dari komputer ke kartu memori camera, smartphone, handycam, dll, begitupun sebaliknya, dari device ke komputer. Ya meskipun sebenarnya kita juga dapat mentransfer file dari device menggunakan konektor kabel USB, namun dengan menggunakan card reader ternyata lebih cepat mentransfer filenya dibandingkan menggunakan konektor kabel bawaan device (menurut pengalaman saya selama ini). Terkadang, jika kita menggunakan kabel konektor USB bawaan device yang kita sambungkan ke komputer, sering terjadi error saat mentransfer file, selain itu proses transfernya juga memakan waktu yang cukup lama, maka dari itu saya sendiri lebih suka menggunakan card reader dibandingkan menggunakan konektor USB yang menghubungkan antara device dan komputer. Biarpun agak repot karena kita perlu membuka tempat kartu memori yang terdapat pada device kita, baru kita pindah datanya ke card reader, tetapi saya pikir cara ini lebih efektif dan aman. 

Namun apa yang terjadi jika card reader yang kita gunakan rusak??
Hal ini sering sekali saya alami berkali-kali ketika sedang mentransfer file menggunakan card reader, tiba-tiba terjadi error saat mentransfer. Errornya bermacam-macam, mulai dari kartu memori yang tidak dapat terbaca oleh card readernya, dan sebaliknya card readernya pun tidak dapat terdeteksi oleh komputer, akhirnya saya putuskan untuk membeli card reader baru, setelah saya tes kartu memori saya di card reader baru eh ternyata gak ada masalah sama kartu emori saya, berarti memang card readernya nih yang rusak, padahal seingat saya belum lama deh beli card readernya kok udah rusak aja. Elah dalah hal yang gak terduga pun terjadi lagi, card reader yang baru saya beli sebagai pengganti card reader lama saya yang rusak ternyata ikutan rusak juga, hal ini saya alami berkali-kali sob. 

Waduuuh, jangan-jangan karena saya selalu membeli card reader yang ecek-ecek/ abal-abal di counter HP deket rumah, bayangin deh sob mulai dari harga card reader yang cuma 5000 perak sampai 60.000 rupiah, semuanya rusak. Gak terhitung deh berapa banyak card reader yang sudah saya beli dan rusak begitu saja. Dah berapa duit nih yang kebuang sia-sia hanya untuk membeli card reader abal-abal. Kenapa juga saya selalu beli card reader yang abal-abal ya? Hehehe. Maklum sob, tiap beli card reader pas saya lagi butuh banget buat transfer file video dari Camdig saya ke komputer, jadi belinya gak make mikir panjang dan pergi jauh-jauh, saya cuma bisa nanya ke penjualnya, dan penjualnya cuma jawab asal jualannya laris aja grrrr "Saya: Mas, card readernya awet kagak nih? Penjual: Awet kok. Saya: Type yang lain ada kagak bang, yang lebih mahal?". Pikir saya kalau barangnya lebih mahal berarti kwalitasnya lebih bagus, ternyata zonk sama saja abal-abal.

Kapok dah selalu beli card reader abal-abal, nyesek dikantong. Akhirnya saya putuskan untuk pergi jauh-jauh ke toko komputer gede di jogja. Liat sana liat sini di etalase toko, akhirnya saya putuskan untuk membeli card reader dari Transcend, setelah liat harganya wow mahal bingit dibandingkan card reader abal-abal yang pernah saya beli sebelumnya, 160.000 rupiah sob. Duh ini card reader abal-abal juga gak yah, kalo abal-abal juga pergi ke laut aja mancing ikan ah. Hehe bercanda sob. Habisnya sebel banget deh sama kwalitas card reader yang dulu-dulu pernah saya pake. Ya sudah, saya yakin untuk membeli card reader transcend ini, dengan harapan semoga awet karena harganya bener-bener gak maen-maen hehe. 

Mau Card Reader yang Awet? Transcend RDP8 Solusinya


Review Card Reader Transcend RDP8
Yap, nama card reader yang baru saya beli beberapa waktu silam adalah Transcend RDP8. Kali ini saya akan mencoba mereview tentang produk dari transcend ini.

1. Desain
Yang pertama saya akan mereview dari segi desainnya sob, hal ini merupakan salah satu poin penting mengapa saya memilih card reader ini, sebab desainnya bagus sob, berbentuk kotak persegi panjang, dan memiliki sudut yang melengkung pada bagian atasnya. Terdapat dua macam pilihan warna yang bisa kita pilih sob, yaitu warna hitam dan putih.
2 macam varian warna transcend rdp8
Kedua varian warna card reader Transcend tersebut dibalut dengan efek glossy yang menawan, saya sendiri memakai Transcend RDP8 yang warna putih, karena pada waktu saya membelinya tidak ada pilihan warna yang lain. Pada bagian bawah card reader ini terdapat 4 penyanggah karet yang sangat kesat, berguna untuk menjaga posisi card reader agar tidak bergerak kemana-mana pada saat kita memasukkan kartu memori.


Keempat Pad karet tersebut sangat berguna ketika sobat sedang terburu-buru memasukkan kartu memori hanya menggunakan satu tangan saja, kita hanya perlu menekan sedikit card readernya lalu dengan mudah kita masukkan langsung kartu memorinya, begitupun pada saat kita ingin melepas kartu memorinya, cukup menggunakan satu tangan dengan sedikit menekan card readernya lalu tarik keluar kartunya.

2. Slot Kartu Memori yang Tersedia
Terdapat 4 Slot kartu memori yang ada pada Card Reader Transcend RDP8 ini, yang berfungsi membaca berbagai macam jenis kartu memori diantaranya yaitu CF (Compact Flash), SD (Secure Digital), SDHC (Secure Digital High Capacity), SDXC (Secure Digital Extended Capacity), microSD, microSDHC, Memory Stick, MMC, MMCPlus, RS-MMC (Reduce Size MMC), dan seri kartu MMC mobile lainnya. Selain slot kartu memori, kita juga dapat melihat sebuah slot konektor kabel USB yang menghubungkan card reader ke PC.



3. Fitur
Card Reader ini memiliki beberapa fitur didalamnya, diantaranya adalah sangat support dengan USB 2.0 dan 3.0, Support berbagai Kartu Memori yang populer digunakan saat ini, terdapat lampu indikator LED yang akan menyala ketika kartu memori dimasukkan ke card reader dan pada saat proses transfer data file, kita juga dapat menggunakan software recovery RecoveRx gratis dari transcend guna memulihkan data kita yang sudah kita hapus sebelumnya. Card Reader ini support di berbagai jenis operasi sistem.

Yap, mungkin itu saja sob reviewnya, yang jelas Card Reader dari Transcend ini sangat recommended buat sobat yang suka sekali mentransfer file dari device gadget ke komputer, selain memiliki proses transfer yang cukup cepat, card reader transcend ini terbukti awet dan tahan banting sob, entah sudah berapa kali Card Reader ini saya jatuhkan secara tidak sengaja, namun masih berfungsi dengan normal. Terhitung sampai artikel ini saya tulis, umur pemakaian card reader transcend saya ini sudah menginjak 2 tahunan lebih. Saran saya nih sob, jangan asal beli card reader abal-abal dan murahan deh, mending beli sekali tapi mahal dan awet dibandingkan beli berkali-kali tapi gak awet dan gak tahan lama, sobat bayangkan, sudah berapa total jumlah uang yang sudah terbuang sia-sia hanya untuk membeli barang aba-abal? 

Terima kasih sob udah mampir, saya mohon maaf jika ada salah kata, saya membuat artikel ini bukan bertujuan untuk mempromosikan produk ini, namun hanya sekedar sharing pengalaman saja sob. Jika ada pertanyaan silahkan isi pertanyaannya pada kolom komentar di bawah artikel ini. Sampai jumpa di artikel lainnya sob.
Comments
1 Comments

1 comments:

  1. kebetulan ane lagi mau cari card reader yang awet, sama saja sob sejak dulu beli cardreader mudah sekali rusaknya

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sob, dilarang komentar konten pornografi, sara, penipuan, kata kotor, sumpah serapah, dan judi. Terima Kasih