4 Cara Mudah Mengetahui Template Blog Atau Website yang Sudah Responsive

Hai sobat kembali berjumpa lagi di blog saya yang serba gak jelas ini hehe, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana sih cara mengetahui template blog atau website yang sudah responsive? Sudah tahukah sobat apa yang dimaksud dengan "Responsive" disini? Responsive adalah istilah untuk tampilan blog, template, dan website yang sudah mobile friendly atau bisa dibilang ramah gadget, atau bisa dibilang lagi tampilannya menyesuaikan ukuran layar dari bermacam-macam gadget masa kini. 

Pertanyaannya sekarang, penting gak sih website atau blog kita dibikin responsive? Untuk era seperti zaman sekarang, sangat penting banget sob memiliki blog atau website yang responsive, karena kebanyakan peselancar dunia maya saat ini didominasi oleh user/ pengguna gadget, gadget dipilih karena mudah dibawa dan bisa mobile kapanpun dan dimanapun kita berada pasti gadget selalu menyertai langkah kita, ciee kata-katanya lebai ih hehe. 

Sekarang pertanyaannya lagi, sejak daritadi kayaknya pertanyaan melulu, ah gak jelas nih blog. Biarin wek. Lanjut, pertanyaan selanjutnya, sesuai dengan judul dan bahasan artikel kali ini, bagaimana sih cara mengetahui template blog/ website kita itu sudah responsive atau belum? Menurut saya sendiri berdasarkan pengalaman sih, ada 3 cara mengetahui template blog/ website kita sudah responsive atau belum:


bagaimana cara mengetahui suatu blog yang sudah responsive
Cara Pertama:
Cara ini yang paling sangat sering saya gunakan ketika baru mengenal apa itu istilah "responsive " untuk tampilan template blog/ website, yaitu dengan menggunakan gadget tentunya, bisa lewat smartphone android, maupun tablet. Kebetulan saya cuma memiliki smartphone android saja. Sebenarnya saya sudah tahu sih kalau template yang saya gunakan ini sudah responsive dari pembuatnya, namun karena saya penasaran apa benar iya sudah responsive. Setelah saya cek di smartphone android saya, memang benar tampilannya tidak seperti pada versi Desktop/ PC, melainkan menjadi lebih sederhana dan berbeda beberapa puluh derajat pokoknya, weleh weleh bercanda terus nih dari tadi. Ya biarin kenapa sih, sirih aja kamu. Yang bener sirik oiii. Iya . . . iya.

Cara Kedua:
Kemudian cara selanjutnya nih sob, cara kedua ini saya baru tahu beberapa waktu lalu ketika membaca sebuah artikel tentang bagaimana cara membuat menu navigasi blog yang responsive. Ternyata nih, ada cara yang sangat-sangat-sangat mudah lebih sob, eh lebih mudah maksudnya, hehe. Jika sobat perhatikan di pojok kanan atas browser sobat kan ada tuh tombol X (Close), tombol "Maximize/ Restor Down", dan yang terakhir tombol "-" Minimize. Untuk mengetahui template blog atau website kita sudah responsive, kita tinggal klik saja tombol "Restore Down" yang bentuknya kotak berbayang. Maka tampilan browser kita akan menjadi kecil kan ya, terus perhatikan deh apakah tampilan blog sobat ada perubahan? Jika tampilan blog sobat berubah, dan menjadi sederhana itu tandanya template blog/ website sobat sudah responsive. Tapi jika tampilan template blog/ website sobat seperti terpotong dan tidak ada perubahan, itu berarti template blog/ website sobat belum responsive.
Bagaimana, mudah bukan sob? O iya, kita juga dapat mengatur ukuran tampilan browser sesuka kita dengan memanfaatkan fitur klik dan drag pada bagian pinggir browser. Gunanya adalah agar kita bisa menguji tampilan template blog/ website responsive kita dengan berbagai ukuran resolusi yang berbeda. Untuk mengembalikan tampilan browser seperti semula, tinggal klik lagi tombol kotak nya/ "Maximize".



Cara Ketiga:
Untuk menggunakan cara ini, kita harus membutuhkan sebuah gadget, lah sama aja donk dengan cara pertama? Iya memang sama-sama menggunakan gadget sih, tapi berbeda caranya. Iya bedanya dimana donk? Gini-gini, jika cara pertama kita menggunakan gadget dan langsung membuka situs/ blog yang kita ingin cari tahu apakah sudah responsive atau belum, maka pada cara yang ketiga ini kita hanya perlu membuka "Google" pada browser gadget, dan ketikkan saja nama website yang akan kita tuju, maka akan terlihat di hasil pencarian sebagai berikut: 



Seperti yang kita lihat pada gambar diatas, pada hasil pencarian Google tentang blog saya terdapat tulisan "Mobile Friendly", itu berarti blog saya jika dibuka di berbagai jenis gadget sudah responsive, menyesuaikan ukuran layar.

Cara Keempat:
Menggunakan Mobile-Friendly Test dari Google Developer, sobat hanya diharuskan memasukkan alamat URL blog ke dalam kolom "Analyze". Untuk menggunakan Mobile-Friendly Test sobat bisa menuju ke link ini Google Developer: Mobile-Friendly Test. Tulis URL blog sobat maupun blog orang lain pada kolom Analyze, lalu klik Analyze. Tunggu beberapa detik hingga proses test selesai. Apabila blog sobat sudah mobile friendly/ responsive, maka hasil test akan menunjukkan "Awesome! This page is mobile-friendly" 

Ok, mungkin hanya ini yang dapat saya tulis, sekarang tinggal sobat buktikan sendiri yah. Asik lo buat ngetes blog orang lain, apakah blog mereka juga sudah responsive atau belum. Terima Kasih sudah berkunjung sob, sampai jumpa di artikel saya lainnya. 
Comments
4 Comments

4 comments:

  1. gan tau cara hapus redirect tempalte pd blog ga gan.
    coba liat blog saya www.rypdesign.ga

    ReplyDelete
  2. Matur nuwun infonya boss, tambah lagi donk infonya tentang templatenya.

    ReplyDelete
  3. Tambahin tentang edit2 template mas, biar bisa ikutan belajar dikit2. Makasih

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sob, dilarang komentar konten pornografi, sara, penipuan, kata kotor, sumpah serapah, dan judi. Terima Kasih