Kini Belanja di Alfamart Dan Indomaret Harus Bayar Kantong Plastik Belanjaan

Sesuai judul diatas, kini belanja di Alfamart, Indomaret, dan semua toko yang buka dalam 24 jam, harus membayar Kantong plastik jika ingin menggunakan kantong plastik tersebut sebagai wadah barang belanjaan anda. Info ini saya dapatkan dari tayangan berita di televisi, bahwa mulai pertanggal 21 Februari 2016, pemerintah mencanangkan program ramah lingkungan guna mengurangi sampah plastik. Semua toko wajib membebankan biaya kepada pembeli yang ingin menggunakan kantong plastik dari mereka. Kebetulan hari ini bertepatan dengan dimulainya program tersebut, saya berkesempatan untuk mencoba berbelanja di salah satu toko 24 jam yang ada di Jogja, Toko Alfamart yang letaknya di jalan laksda Adisucipto (Jalan Solo), depan dealer mobil Suzuki dan VW.

Karena saya datang ke toko tersebut hanya untuk memastikan apakah program dari pemerintah tersebut sudah jalan atau belum, saya hanya berbelanja minuman dingin saja. Ternyata benar, program tersebut sudah berjalan mulai hari ini 21 Februari 2016. Oleh seorang kasir saya ditawarkan, apakah ingin menggunakan kantong plastik atau tidak? Saya bilang iya pakai kantong plastik, kemudian kasir tersebut memberitahukan kepada saya jika menggunakan kantong plastik maka saya akan dibebankan biaya 200 rupiah, kasir tersebut mengatakan bahwa ini adalah program baru dari pemerintah untuk mengurangi sampah, dan menjaga lingkungan agar tetap bersih.

Kemudian saya bertanya, apakah harga kantong plastiknya berbeda-beda tiap ukurannya, kasir tersebut menjelaskan bahwa memang harga tiap ukuran kantong plastik akan berbeda disesuaikan dengan ukurannya. Berikut saya lampirkan foto kantong plastik seharga 200 rupiah yang saya dapatkan ketika belanja di Alfamart tadi:


Memang ini merupakan kantong plastik biasa yang kita dapatkan ketika belanja di alfamart, namun perbedaannya dengan sekarang, jika dahulu kita diberikan secara gratis dan cuma-cuma, kini kita diwajibkan membayar kantong plastik tersebut jika kita memang ingin menggunakan kantong plastik. Harga pembelian kantong plastiknya pun tertera di dalam struk pembelian:



Sudahkah anda mencoba berbelanja di toko 24 jam yang saya sebutkan diatas? Apakah kebijakan baru pemerintah tersebut sudah diterapkan di daerah anda? Sekian artikel kali ini yang membahas tentang program baru pemerintah guna mengurangi limbah sampah plastik yang sulit terurai, semoga info ini dapat berguna bagi anda dan dengan adanya program ini semoga bisa juga mengurangi jumlah sampah plastik yang ada di setiap daerah di Indonesia. Terima kasih sudah berkunjung di blog ini, dan sampai jumpa di artikel lainnya.

EDIT: Ternyata harga setiap kantong plastik dengan ukuran yg berbeda sama harganya yaitu Rp. 200.00,-
Comments
5 Comments

5 comments:

  1. bagus deh kalau berbayar...
    tapi memang bisa yah untuk menanggulangi pencemaran sampah plastik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin masih akan tetap ada pencemaran sampah plastik, tp dengan usaha dari pemerintah ini semoga saja benar benar bisa mengurangi konsumsi sampah plastik

      Delete
  2. Sejauh mana efektiftas kebijakan kantong belanjaan berbayar, ko sekarang gk ada kabarnya lagi ya, .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang masih kurang efektif itu benar, namun setidaknya bisa mengurangi konsumsi sampah plastik. Mini market seperti alfamart dan indomaret sampai saat ini masih menerapkan kebijakan tersebut . . . .

      Delete
  3. terimakaish ya artikelnya sangat membantu :)

    buat teman-teman yang suka nonton live streaming, jangan lupa untuk terus cek kuota internet 3 biar streaming di ponsel lancar jaya , jangan sampe kebablasan ya gengs,,, silahkan dicoba :)

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sob, dilarang komentar konten pornografi, sara, penipuan, kata kotor, sumpah serapah, dan judi. Terima Kasih