Cara Membuat Akun dan Memasang Tombol Sharing Media Sosial SumoMe di Blog

Hai sobat blogger, kembali lagi bersama saya di blog yang gak jelas ini hehe. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial tentang bagaimana cara membuat akun SumoMe, kemudian dilanjutkan dengan tutorial bagaimana cara memasang tombol/ button sharing media sosial SumoMe yang keren. Apakah sobat sudah tahu apa itu SumoMe? Ternyata cukup banyak juga blogger Indonesia yang belum mengetahui apa itu SumoMe, contohnya saya sendiri. Saya saja tahu SumoMe ini dari mbak Arlina, saat ada seorang pengunjung blog mbak Arlina yang bertanya "Bagaimana cara membuat tombol sharing Medsos yang keren yang letaknya di sebelah kiri blog mbak? Lalu mbak Arlina menjawab kalau itu pakai SumoMe". Berawal dari membaca komentar mbak Arlina tersebut, saya jadi penasaran, dan ingin memasang aplikasi SumoMe juga di blog saya.
Apa itu SumoMe
Pengertian SumoMe
SumoMe adalah sebuah toko aplikasi yang menyediakan Tools/ peralatan guna mengembangkan traffic blog, nah dari pengertiannya saja pasti kita sudah dapat menduga, SumoMe tidak hanya menyediakan satu aplikasi saja, melainkan banyak aplikasi yang dapat kita gunakan dari SumoMe ini guna menunjang performa blog atau website kita. Pada pembahasan kali ini, saya hanya akan membahas satu aplikasi saja, yaitu sebuah aplikasi tombol berbagi/ sharing yang dapat kita terapkan di blog atau website kita sendiri. Tombol sharing ini tentunya akan menambah keindahan dari blog sobat, dan memudahkan para pengunjung untuk sharing artikel ke berbagai media sosial yang telah disediakan oleh SumoMe.

Apakah aplikasi ini gratis atau berbayar?
SumoMe menyediakan keduanya, ada aplikasi yang free/ gratis dan ada aplikasi yang berbayar. Kita dapat menggunakan aplikasi gratis dari SumoMe ini, namun fiturnya terbatas. Jika sobat menginginkan fitur yang lebih lengkap, maka kita harus mendaftar sebagai akun premium, alias berbayar. Tetapi jika sobat hanya sekedar membutuhkan sebuah aplikasi tombol sharing media sosial yang keren, saya rasa versi gratisnya juga sudah cukup keren dan bisa kita customize sedemikian rupa. Ok, langsung sajayuk kita buat akun SumoMe_nya.

Cara membuat atau mendaftar akun SumoMe
Awal-awal saya mendaftar akun SumoMe cukup membuat saya bingung, karena cukup banyak pengaturan yang harus kita selesaikan, tetapi lama-lama terbiasa juga sob. Nah, bagi sobat yang ingin membuat atau mendaftar akun SumoMe, alangkah baiknya sobat membaca tutorial langkah-langkahnya di artikel ini, agar sobat tidak kaget nantinya ketika mensetting aplikasi SumoMe nya hehe.

Pertama-tama, sobat buka website SumoMe DISINI. Jika sobat perhatikan, sobat akan melihat contoh tombol sharing media sosial yang dipakai website SumoMe sendiri di sebelah kiri website mereka, bagaimana? Keren bukan? Hehe. Itu hanya sebagai contoh saja, untuk yang versi gratisnya bentuk dan tampilannya agak sedikit berbeda, namun tetap terlihat sama-sama keren.

1. Lakukan pendaftaran dengan cara klik "Sign Up" pada gambar nomor 1, kemudian sobat akan dibawa ke halaman berikutnya seperti gambar nomor 2

2. Isikan URL atau alamat blog sobat pada kolom "Your Site URL", kemudian isikan juga alamat E-mail sobat, dan pada kolom terakhir isikan dengan password/ kata kunci yang mudah diingat oleh sobat, klik "SIGN UP". 

3. Pada gambar nomor 3, sobat diminta untuk mengcopy kode script instalasi SumoMe ke dalam HTML template blog sobat, copy script kode tersebut, kemudian buka akun blogger sobat, pilih menu Template, klik Edit HTML, lalu cari kode <head>. Pastekan script kode tersebut tepat dibawah kode <head>. Terakhir, simpan Template sobat. 

4. Sekarang buka halaman blog sobat. Perhatikan sisi kanan atas blog, akan muncul logo atau tombol dari SumoMe berwarna biru, klik tombol tersebut, lalu tunggu beberapa detik hingga muncul perintah selanjutnya.

5. Disini sobat diminta untuk Login atau masuk ke akun SumoMe sobat yang baru di daftarkan tadi, Isikan alamat email sobat dan password akun SumoMe. Klik "Login".

6. Lewati langkah nomor 6, dengan klik "YES, END LESSON". (Sobat tidak perlu mengikuti tutorial yang akan diberikan oleh SumoMe, karena saya sendiri yang akan membimbing sobat, hehe biar gak kelamaan).

7. Pada langkah nomor 7 ini, sobat sudah masuk ke dalam akun SumoMe. Terdapat 3 menu yang tampak seperti gambar nomor 7 diatas. Notifications (menu pemberitahuan terbaru akun SumoMe sobat), Sumo Store (menu untuk membeli atau memakai aplikasi SumoMe), dan terakhir menu Settings (Mengatur akun SumoMe sobat). Sekarang sobat klik pada menu "Settings".

8. Maka akan muncul sub menu lainnya dari menu Settings, kita masuk ke sub menu "Account", isikan dengan nama sobat, nama website/ blog sobat, nomor telepon, dan E-mail.

9. Sekarang kita masuk ke sub menu lainnya yaitu "Badge", di sini adalah menu untuk mengatur Badge atau tombol SumoMe yang terdapat di pojok kanan atas halaman blog kita tadi. Kita dapat menyembunyikan badge tersebut dari para pengunjung blog kita, namun tidak untuk kita sendiri selaku pemilik blog. SumoMe juga memberikan alternatif lain guna mengakses akun SumoMe kita, yaitu dengan cara menambahkan Ekstensi pada browser Chrome. Jika sobat ingin menambahkan ekstensi tersebut agar lebih mudah mengakses akun SumoMe, klik "INSTALL EXTENSION" untuk memulai instalasi ekstensi tersebut ke chrome.

10. Sobat akan dibawa ke Toko Ekstensi Google Chrome, klik "+ ADD TO CHROME", dan tunggu proses pemasangannya selesai.

11. Sekarang browser chrome sobat, sudah dilengkapi dengan ekstensi SumoMe agar lebih mudah mengakses akun SumoMe_nya. Untuk menggunakannya, klik kanan pada icon ekstensi SumoMe tersebut.

sumome adalah sebuah layanan penyedia aplikasi traffic blog
12. Sekarang kembali ke menu utama akun SumoMe sobat, kemudian klik "Sumo Store" untuk mencari aplikasi tombol sharing media sosial yang kita bahas tadi.

13. Sekarang sobat cari kategori "Sharing", setelah ketemu maka disana ada beberapa aplikasi yang siap diinstal, pilih aplikasi "Share".

14. Klik "FREE" untuk melanjutkan ke proses berikutnya.

 15. Sekarang cek halaman blog sobat, apakah tombol sharing media sosialnya sudah muncul atau belum, jika sudah maka penampakannya akan seperti gambar nomor 15 diatas. Sampai disini, sobat sudah bisa memunculkan tombol sharing tersebut.

16. Kembali ke menu utama, maka akan muncul sebuah menu baru, yaitu menu aplikasi "Share" yang sudah kita instal tadi. Sekarang kita perlu mengatur tampilan tombol sharing tersebut agar lebih sesuai dengan tata letak blog kita. Klik "Share" untuk mengatur aplikasi "Share".

17. Disini SumoMe meminta sobat untuk memilih rencana pembayaran untuk fitur berbayar, pilih yang paling kiri untuk memakai fitur gratis dari SumoMe dengan klik tombol "FREE"

18. (Klik kanan pada gambar, lalu pilih "Open Link in New Tab untuk melihat gambar di tab baru agar terlihat lebih jelas"). Nah, sekarang kita sudah ada di dalam menu pengaturan dari aplikasi "Share". Disini adalah sub menu "Clicks", gunanya agar kita dapat mengetahui berapa jumlah klik pengunjung yang membagikan artikel kita lewat aplikasi tombol sharing SumoMe ini.

19. Sub menu selanjutnya adalah menu "Settings", kita dapat mengatur tombol media sosial mana saja yang akan kita pakai dan ditampilkan di blog kita.

20. Terakhir yaitu "Layout", dengan menu ini kita dapat memposisikan tata letak dari tombol sharing Media sosial SumoMe tersebut, kita bisa meletakkannya dimana saja di dalam halaman blog.

Sebenarnya masih ada menu lainnya di dalam aplikasi Share setelah menu Layout, seperti Inline Sharing, Mobile Optimized, Display Rules, Services, Tracking, dan URL. Namun setelah saya cek ternyata menu tersebut semuanya berbayar, jadi saya anggap saja tidak perlu dijelaskan di dalam artikel ini.

Kekurangan dari Tombol Sharing Media Sosial SumoMe
Terlepas dari kerennya tampilan tombol sharing SumoMe tersebut, ternyata ada satu kekurangannya sob. Jika kita membuka halaman blog lewat mobile/ smartphone, saat membaca artikelnya dengan mode landscape, tulisan artikel akan tertutup oleh tombol sharing media sosial SumoMe. Jadi otomatis pada bagian sisi blog sebelah kiri, artikelnya tidak dapat dibaca. Contohnya seperti gambar di bawah ini:

Sangat disayangkan sekali kan sob kalo tulisan artikelnya hanya bisa di baca dengan mode portrait, padahal tidak semua orang membaca artikel blog menggunakan mode portrait, seperti saya sendiri. Saya cenderung lebih nyaman membaca artikel blog menggunakan mode landscape. Saya pikir ada tombol showhide seperti versi Desktop, tapi ternyata memang benar-benar tidak ada jika kita buka lewat versi mobile. Mungkin jika kita memakai fitur premium atau berbayar, kekurangan ini tidak akan terjadi. 

Demikian sobat, tutorial tentang bagaimana cara membuat akun, dan memasang tombol sharing media sosial SumoMe. Semoga artikel ini dapat membantu sobat yang ingin memakai jasa dari SumoMe ini. Jika ada pertanyaan isikan pada kolom komentar ya sob. Terima Kasih sudah mampir, sampai jumpa di artikel berikutnya.
Comments
7 Comments

7 comments:

  1. Saya biasanya make addthis bro, lebih gampang aja bagi saya..

    Tapi ngga papa sih, buat koleksi pengetahuan.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya malah baru tau mas, nice info btw mas. makasih makasih. akan saya coba addthis nanti. Makasih mas sudah berkunjung ^^

      Delete
  2. Mkasaih pencerahan nya... ane masih newbie.. tutor nya d coba dulu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas sapta, saya juga blogger baru hehehe. Monngo mas semoga berhasil y memasang tombol sharing medsosnya di blog

      Delete
  3. gan punyaku yang versi mobile ada dibawah artikel,malah tidak menghalangi tulisan artikel,coba agan setting lagi,ada kok pengaturannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke gan terima kasih sarannya, akan saya coba setting setting lagi . . .

      Delete
  4. berjalan gan mantap
    http://arfspot.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sob, dilarang komentar konten pornografi, sara, penipuan, kata kotor, sumpah serapah, dan judi. Terima Kasih