Kini Tombol LIKE Pada Postingan Facebook Memiliki Emoticon

Hai sobat, kini Facebook memiliki fitur baru lho. Ntah fitur ini sudah ada sejak lama atau memang benar-benar pure baru, soalnya pada beberapa kasus beberapa pengguna Facebook tidak secara menyeluruh mendapatkan fitur terbaru dari Facebook, melainkan bergiliran. Jadi semisal saat ini saya baru mendapatkan fitur terbaru, mungkin beberapa pengguna Facebook yang lain sudah mencicipi terlebih dahulu fitur baru tersebut. Apa sih fitur baru dari Facebook tersebut? Belakangan ini memang Facebook memiliki beberapa fitur-fitur baru yang muncul, diantaranya memang ada yang sangat memudahkan kita dalam berselancar di dunia Facebook, namun ternyata terdapat juga fitur baru yang cukup menyebalkan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas fitur baru Facebook yang sangat unik sob. Mau tahu? Beli donk di pasar! Eh bukan, maksudnya bukan tahu yang dapat dimakan, melainkan tahu yang lain, hehehe. Yuk kita simak pembahasannya.
fitur terbaru facebook yang unik
Jika sobat sering melihat postingan yang ada di beranda Facebook, entah itu postingan dari teman sobat, atau postingan dari fanspage, maupun grup Facebook, maka jika sobat menyukai postingannya pasti akan menekan tombol "Like" kan? Seperti gambar di bawah ini:
Terus fitur barunya dimananya? Sekilas jika kita melihat gambar diatas memang tidak ada perubahan pada tombol "Like" nya, sekarang coba kita arahkan/ hover kursor mouse kita ke tombol like tersebut maka akan kelihatan fitur baru yang saya maksudkan. Penampakannya akan seperti gambar di bawah:
Wih iya, bener-bener memang ada fitur baru yah. Nah bener kan? Sekarang sobat tidak cuma bisa memberikan tombol suka, melainkan sobat juga bisa menggambarkan ekspresi suka dan ketidak sukaan pada postingan seseorang melalui fitur baru ini. Facebook kini telah menambahkan beberapa gambar emoticon, sesuai dengan penampakan gambar diatas, terdapat 6 emoticon, diantaranya adalah emoticon "Jempol Tangan" yang tentunya sudah sangat familiar dan tidak asing lagi bagi kita, yang kedua emoticon/ gambar "Hati", sepertinya gambar hati ini tidak asing yah bagi kita, yup gambar hati ini mirip dengan fitur Like/ Suka yang dimiliki oleh Instagram (Sepertinya Facebook mungkin terinspirasi dari Instagram nih hehe), trus apa bedanya antara gambar jempol dan hati jika sama-sama mengekspresikan rasa suka? Mungkin jika kita hanya memilih gambar "Jempol", kesukaan kita hanya bersifat biasa, namun jika kita memilih gambar "Hati" itu berarti kita suka banget, wkwkwkw. Ah ngarang aja nih.

Yuk lanjut ahh, sekarang gambar emoticon yang ketiga "Tertawa", mungkin emoticon ini cocok untuk postingan yang bersifat funny atau lucu ya sob, kita bisa meng ekspresikan rasa bahagia dan tertawa kita melalui emoticon ini, emoticon keempat mungkin "Takjub/ Wow" cocok digunakan jika isi postingan adalah hal yang luar biasa, emoticon kelima "Sedih" cocok untuk mengekspresikan emosi kita jika membaca/ melihat isi postingan yang menyedihkan/ mengharukan, dan emoticon yang kelima/ terakhir "Marah", emoticon ini menurut saya bisa menjadi dua arti yaitu "Tidak suka" dan "Marah" tergantung dengan isi postingan dan beritanya.

Sobat penasaran? Sekarang coba buktikan sendiri dan lihat postingan teman-teman sobat, apakah fitur tersebut sudah muncul pada akun Facebook sobat? O iya, di bawah ini ada penampakan kumpulan total emoticon yang tampil sesuai dengan pilihan like emoticon yang di pilih pengguna Facebook untuk mengungkapkan ekspresinya terhadap isi postingan.
Sesuai gambar diatas, like emoticon yang di peroleh postingan tersebut ada 3, yaitu Jempol suka, Takjub/ Wow, dan Marah, secara total ada 11 orang yang sudah menekan tombol like emoticon dengan 3 ekspresi berbeda.

Demikian sob, sedikit ulasan tentang fitur baru "Like" pada postingan Facebook, semoga bisa menambah informasi sobat pembaca. Jika ada salah kata mohon dikoreksi ya sob lewat kolom komentar yang telah saya siapkan di bawah postingan artikel ini. Jangan lupa juga untuk subscribe dan like Facebook fanspage blog "Huzenify" ini. Terima kasih sudah berkunjung. Sampai jumpa di artikel lainnya.

Update:
1. Fitur ini ternyata baru dirilis Facebook dini hari tadi 26 Februari 2016 waktu Indonesia Barat.

2. Tadinya saya belum tahu nama dari fitur Facebook terbaru ini, dan tadi setelah brosing-brosing fitur ini memiliki istilah "Like Reaction/ Reaksi Suka", dinamakan demikian, karena tombol LIKE Postingan Facebook tersebut memiliki beberapa ekspresi reaksi diantaranya seperti yang sudah saya sebutkan diatas "Like(Jempol), Love(Hati), Haha(Ketawa), Wow(Terkejut, terkesima, takjub), Sad(Sedih), dan Angry(Marah)"

3. Jika sobat menjumpai postingan di Facebook, entah dari post teman-teman sobat, grup, atau Fanspage tampilannya sekarang akan seperti gambar di bawah ini:
Hayo, pasti salah fokus kan? Wkwkwkw. Sobat coba perhatikan pojok kiri bawah pada gambar, diatas tombol "Like" terdapat tulisan "Reactions", itu berarti ada 211 reaksi like yang berbeda, pada dahulu kala kata "Reaction" adalah"Like". Sekarang sudah berganti sejak dirilisnya fitur terbaru Facebook Like Reaction.

4. Bagi pengguna aplikasi Facebook di Smartphone, untuk menggunakan fitur tersebut, sobat tinggal tekan agak lama tombol "Like" nya, nanti akan muncul dengan sendirinya Facebook Like Reaction. Jika ada pertanyaan "Loh di Smartphone saya kok gak bisa ya?", sobat perlu update dulu aplikasi facebooknya di Playstore.

5. Salah satu nilai lebih dari fitur terbaru Facebook ini adalah bahwa kita bisa melihat siapa saja orang yang memiliki reaksi suka/ like reaction yang berbeda:
Semisal pada contoh gambar diatas, terdapat 20 reaksi suka pada sebuah postingan, dari 20 reaksi suka diatas memiliki 3 reaksi berbeda, reaksi pertama adalah "Like/ Suka" mendapatkan reaksi suka terbanyak, diurutan kedua adalah reaksi suka "Haha/ Emoticon Ketawa" hanya 3 orang saja yang memilih reaksi suka ini, dan yang terakhir adalah reaksi suka "Wow" terdapat 2 orang saja. 

Sekarang bagaimana caranya agar kita bisa mengecek siapa saja orang yang menekan tombol reaksi suka/ like reaction seperti gambar diatas? Gampang saja sob, sobat tinggal arahkan kursor mouse ke salah satu gambar reaksi suka/ like reaction, nanti secara otomatis akan ditampilkan daftar nama orang-orangnya.

6. Bisakah kita memilih lebih dari satu reaksi suka/ like reaction yang berbeda? Tidak bisa sob, kita hanya bisa memilih salah satunya saja, akan tetapi kita bisa mengganti reaksi suka kita, jadi jika tadinya kita memilih "wow" bisa kita ganti dengan reaksi suka yang lain.
Baca Juga: Fitur Baru Komentar Facebook yang Sangat Menyebalkan
Comments
2 Comments

2 comments:

  1. Ok makasih mimin, saya juga buat artikel baru tentang fitur ini sih. Ingin bersilahturahmi dengan mas. Silahkan berkunjung ke tifkom(dot)net ya. Makasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih banyak mas, sudah mampir juga di blog saya. Siap-siap menuju TKP

      Delete

Silahkan berkomentar sob, dilarang komentar konten pornografi, sara, penipuan, kata kotor, sumpah serapah, dan judi. Terima Kasih