Cara Memperbesar Tampilan Thumbnail Video Youtube Saat Share Di Facebook

Sobat Youtuber yang saya hormati dan saya cintai (terutama buat para Youtuber cewek yang cantik-cantik). Saat ini Youtube sangat populer sekali dikalangan para remaja dan pemuda di Indonesia, selain bisa mengekspresikan kelebihan dari diri sendiri melalui Youtube, Youtube juga ternyata dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah bagi yang memang serius di dalam menggeluti dunia Youtube tersebut. Nah salah satu kunci sukses menggeluti dunia Youtube adalah melalui promosi, dengan melakukan promosi, kesempatan untuk mendapatkan viewer untuk video kita jadi lebih mudah. Promosi dapat dilakukan melalui berbagai media sosial, seperti Twitter, Instagram, dan Facebook. Diantara ketiga media Sosial yang sudah saya sebutkan, Facebook ternyata lebih direkomendasikan untuk melakukan promosi, hal ini dikarenakan pengguna Facebook sangat banyak diseluruh dunia dibandingkan media sosial yang lain.

Pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara melebarkan atau membesarkan tampilan Thumbnail Video Youtube pada saat kita akan melakukan sharing video youtube ke Facebook. Kenapa tampilan thumbnail video Youtube tersebut perlu diperbesar? Seperti sobat ketahui, jika sobat pernah sharing video Youtube ke Facebook melalui link video Youtube langsung/ melalui tombol sharing yang ada di bawah video Youtube, maka tampilan thumbnail videonya akan terlihat kecil sekali, tidak seperti thumbnail video-video Facebook, yang tampilan thumbnail lebih besar, dan lebar. Hal ini ternyata memiliki dampak buruk bagi video Youtube yang di share melalui Facebook, karena thumbnailnya yang kecil jadi terlihat kurang menarik untuk dilihat oleh para pengguna Facebook sendiri. Kurang lebih tampilannya seperti gambar di bawah ini:
cara agar video youtube tampilannya sama dengan tampilan video facebook
Kecil bukan? Jika sobat belum mengetahui apa itu Thumbnail video Youtube, saya akan coba menjelaskannya disini. Thumbnail video Youtube adalah sebuah tampilan penampakan gambar/frame/scene dari video, thumbnail ini dapat kita buat secara manual ataupun otomatis. Biasanya para Youtuber lebih memilih untuk membuat thumbnailnya secara manual dengan menggunakan gambar yang diedit sedemikian rupa agar dapat menarik calon viewer untuk menonton videonya. Kembali ke pembahasan artikel ini tentang tampilan thumbnail video youtube yang tidak terlihat menarik saat share di Facebook.

Masih banyak sobat Youtuber yang bertanya-tanya, termasuk saya sendiri, bagaimana sih caranya bikin tampilan thumbnail video Youtube yang kita share ke Facebook jadi terlihat besar? Cari tutorial kesana kemari, ternyata gak nemu-nemu juga. Sampai-sampai ada lho beberapa Youtuber yang memakai cara unik agar link video Youtube mereka bisa menarik calon viewer, yaitu dengan cara mengupload potongan video ke Facebook, kemudian diberikan beberapa deskripsi kata-kata promosi seperti "Tonton video full lengkapnya di link ini yah", nah link tersebut ternyata merujuk ke link video yang diupload di Youtube. Wow, cukup ribet yah.

Akhirnya ketemu juga caranya supaya thumbnail preview video youtube kita bisa terlihat besar dan menarik saat share ke Facebook, penemuan ini tidak sengaja saya dapatkan. Beberapa waktu lalu saya melihat sebuah Facebook fanpage artis Youtube Indonesia yang katanya sangat terkenal, nah di dalam timeline fanspagenya ada postingan mengenai video Youtubenya, isi postingannya intinya mengajak para Facebooker untuk melihat videonya. Kemudian saya perhatikan tampilan thumbnail videonya kok besar yah, apa beliau upload videonya di Facebook, bukan di Youtube? Ah masa Youtuber upload videonya di Facebook, kan sayang banget tar viewernya gak kehitung donk. Akhirnya karena penasaran, akhirnya saya coba PLAY videonya, weh ini mah video dari Youtube. Kok bisa ya tampilan thumbnailnya gedhe mirip thumbnail Facebook?

Setelah saya perhatikan thumbnail videonya, ternyata ada tulisannya sob yang letaknya di pojok kiri bawah, tulisan itu adalah "YT2FB.COM", tulisan apa ini ya? Kok ada .com nya? Woooh, jangan-jangan ini alamat website? Tanpa berlama-lama akhirnya saya tulis YT2FB.COM di browser chrome saya, dan benar kalo tulisan tersebut merupakan link alamat website. Daaaan, yang membuat saya terkejut, ternyata YT2FB.COM adalah website yang dapat menggenerate atau mengkonversi link url video Youtube, setelah linknya dikonversi kita akan mendapatkan sebuah link baru yang dapat digunakan untuk melakukan sharing video Youtube ke Facebook dengan tampilan thumbnail yang besar. Akhrirnyyyyaaaaa ketemu juga apa yang saya cari-cari dan butuhkan selama ini. Saya pun akhirnya mencobanya, dan memang benar-benar works. Video Youtube saya pun tampilan thumbnailnya menjadi besar, dan terlihat sangat menarik. Bagi sobat Youtuber yang ingin mencobanya, bisa kunjungi langsung websitenya DISINI.
Gambar diatasa merupakan tampilan utama dari YT2FB.COM, sobat tinggal copy link URL video Youtube sobat, lalu pastekan saja di kolom yang telah disediakan oleh YT2FB.COM "Paste a Youtube link to convert", kemudian tinggal klik "Convert", maka akan muncul tulisan "Converting, wait" disini sobat disuruh untuk menunggu selama proses convert berlangsung. Setelah berhasil di convert, penampakannya akan seperti di gambar ini:
klik "Copy URL" untuk mengcopy url link video Youtube sobat yang telah dikonversi, atau klik "Share" untuk langsung di share ke Facebook, tanpa harus repot-repot mengcopy link URL nya. Setelah kita posting link video Youtube hasil convert dari YT2FB.COM ke Facebook, maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini sob:
Woooow, indah sekaliiiiii. Jadi mirip tampilan thumbnail video Facebook gini ya. Keren-keren. Hatiku gembira. Woooi, biasa aja kalee, lebai banget sih lu. Biarin wek, namanya juga lagi seneng, sirik aja hehehe. Nah dengan begini, pasti akan lebih menarik banyak viewer untuk mengklik lalu memutar video Youtube sobat, tapi dengan syarat lho ya, thumbnail videonya harus terlihat menarik juga donk.

Ok mungkin cukup sekian ya sob, sudah cukup capek nih tangan buat nulis hehehe. Mungkin kita bisa bertemu lagi dilain kesempatan, dan jika ada update terbaru saya akan menuliskannya kembali disini. Terima Kasih sudah mampir di blog saya, semoga artikel ini dapat memberikan pencerahan bagi sobat Youtuber sekalian, pabila sekiranya banyak kata yang tidak berkenan dihati, mohon dimaafkan yah. Hehehe.

Baca juga:
4 Manfaat Youtube Bagi Kehidupan Manusia
Cara Memasang Video Youtube Responsive di Blog
Comments
5 Comments

5 comments:

Silahkan berkomentar sob, dilarang komentar konten pornografi, sara, penipuan, kata kotor, sumpah serapah, dan judi. Terima Kasih