Cara Membuka dan Menggunakan WhatsApp Web Melalui PC

Beberapa waktu lalu saya melihat sebuah postingan teman di beranda Facebook yang isi postingannya membahas tentang WhatsApp, di postingan itu dia menjelaskan kalau baru saja mencoba WhatsApp melalui PC. Sebenarnya sudah lama saya mengetahui jika WhatsApp bisa dibuka melalui PC, rilisnya pun sudah cukup lama yaitu di awal tahun 2015 yang lalu, namun saya tidak pernah mencobanya karena mungkin pada saat itu saya tidak begitu aktif menggunakan WhatsApp dan kurang begitu tertarik untuk mencobanya. 

Baru pada saat teman saya memposting tentang WhatsApp di Facebook kemarin, saya jadi tertarik ingin mencobanya juga, dan kebetulan saat ini saya juga lagi aktif menggunakan WhatsApp, sebelumnya saya selalu memakai Blackberry Messenger atau BBM sebagai aplikasi chatting. Namun karena kurangnya fitur pada BBM membuat saya berpaling ke WhatsApp.

Tentunya dengan adanya WhatsApp Web yang dapat dibuka melalui PC dapat memudahkan kita dalam melakukan chatting bersama kawan-kawan dan keluarga tersayang, disamping itu dapat juga memudahkan kita dalam mengetik kata per kata karena menggunakan keyboard komputer dibandingkan dengan mengetik menggunakan layar smartphone yang terkadang cukup membuat kita kewalahan dan sulit untuk melakukan pengetikan.

Manfaat kemudahan yang lainnya yaitu, jika sobat adalah orang yang aktif dalam menggunakan WhatsApp, tentunya akan sangat ribet sekali jika kita sedang mengoperasikan komputer sekaligus mengoperasikan Smartphone apabila ada chatting dari kawan maupun keluarga, terlebih jika smartphone yang kita gunakan sedang dipakai juga buat koneksi internet USB thetering, wah ribet sekali bukan? Hal ini yang pernah saya alami beberapa waktu lalu, namun sekarang sudah tidak menjadi kendala lagi bagi saya karena adanya WhatsApp Web.

Perlu sobat ketahui bahwa WhatsApp web ini bukan merupakan software/ aplikasi yang dapat diinstal seperti halnya aplikasi WhatsApp yang ada di Smartphone, jadi jika sobat mengira bahwa WhatsApp Web ini merupakan software/ aplikasi, sobat salah duga (Seperti halnya saya sewaktu belum mencobanya sendiri). WhatsApp Web tidak perlu diinstal, sobat hanya perlu membuka link URL WhatsApp Web melalui browser yang ada di PC. 

Meskipun begitu, WhatsApp Web juga membutuhkan aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone sobat guna mensinkronisasi data-datanya, jadi smartphone yang sudah sobat install aplikasi WhatsApp harus selalu ON koneksi internetnya, jika tidak ada koneksi internet ataupun smartphone sobat dalam kondisi mati tentunya WhatsApp web yang ada di browser PC juga tidak dapat digunakan. Manfaat sesungguhnya menggunakan WhatsApp Web ini adalah untuk memudahkan para pengguna WhatsApp seperti kita.


Cara Memulai Menggunakan WhatsApp Web di PC atau Komputer

Seperti yang sudah saya tuliskan sebelumnya bahwa WhatsApp Web ini bukan merupakan aplikasi ataupun software, jika sobat mencarinya di internet/ Google tentang "Software WhatsApp untuk PC" tentunya sobat tidak akan menemukannya. (UPDATE: Ternyata Software Instalasi WhatsApp untuk PC sudah rilis). Ok, langsung saja berikut langkah-langkahnya menggunakan WhatsApp Web di PC atau komputer sobat.

1. Buka software browser andalan sobat, bisa dari Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dan lain-lain. Saya sendiri menggunakan Google Chrome.

2. Sekarang sobat kunjungi link ini untuk mengakses WhatsApp Web di browser sobat https://web.whatsapp.com/. Penampakannya akan seperti pada gambar di bawah ini setelah sobat membukanya:
Pada gambar diatas terlihat sebuah QR Code yang wajib sobat scan nantinya untuk menghubungkan WhatsApp Web dengan smartphone sobat yang telah terinstal Aplikasi WhatsApp. WhatsApp Web ini mendukung berbagai macam OS smartphone, diantaranya Android, Windows Phone, Blackberry 10, IPhone, Blackberry, dan Nokia S60.

3. Langkah selanjutnya yaitu ambil smartphone sobat, lalu buka aplikasi WhatsApp yang telah terinstall di smartphone, dan ikuti langkah seperti yang ada pada gambar di bawah ini:

  1. Setelah sobat membuka aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone, buka menu "Chats" lalu pilih logo/ icon "titik tiga" yang letaknya di pojok kanan atas.
  2. Maka akan muncul beberapa opsi/ pilihan, pilihlah "WhatsApp Web"
  3. Sekarang sobat diminta untuk melakukan scan pada QR Code yang ada pada browser PC sobat, tunggu hingga proses scan selesai maka sobat akan dibawa ke tampilan utama dari WhatsApp Web.
Tampilan utama dari WhatsApp Web ini hampir sama persis dengan tampilan aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone kita, namun ada beberapa menu atau fitur aplikasi WhatsApp yang tidak dapat kita jumpai di WhatsApp Web, untuk lebih jelasnya sobat bisa lihat gambar di bawah ini:
Pada bagian sisi sebelah kiri sobat dapat melihat beberapa percakapan/ chatt yang sama seperti yang ada pada Aplikasi WhatsApp Smartphone. Kita juga dapat mengirimkan attachment berupa foto, video, dan lain-lain sama seperti halnya ketika menggunakan Aplikasi WhatsApp di smartphone. Namun ternyata kita tidak dapat menambahkan kontak baru di WhatsApp Web ini, kita hanya dapat menambahkan kontak baru melalui smartphone.

Demikian sekilas tentang penjelasan dan langkah-langkah menggunakan Whats App Web di PC atau komputer kita. Semoga artikel ini dapat membantu sobat yang ingin mencoba ber_WhatsApp_an ria di PC atau komputer. Terima kasih sudah berkunjung, sampai jumpa di artikel lainnya. Jika ada pertanyaan seputar artikel ini, sobat bisa utarakan pada kolom komentar yang telah tersedia di bawah artikel ini.
Comments
4 Comments

4 comments:

Silahkan berkomentar sob, dilarang komentar konten pornografi, sara, penipuan, kata kotor, sumpah serapah, dan judi. Terima Kasih